Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Sembarangan Membebani Muatan di Mobil Anda

Melakukan perjalanan jauh untuk mudik atau liburan dengan mobil pribadi memang mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan. Selain dapat memuat seluruh anggota keluarga, barang bawaan yang mau diangkut pun dapat disesuaikan dengan keinginan.

 

Di sisi lain, ternyata mobil pribadi tidak dianjurkan untuk mengangkut orang dan barang sebanyak-banyaknya, mengingat daya angkut mobil yang berbeda-beda.

 

Apalagi, biasanya tiap anggota keluarga memiliki barang bawaannya masing-masing. Jangan sampai, mobil yang Anda gunakan kelebihan muatan. Hal itu bisa mengancam keselamatan berkendara.

 

Berbeda dengan mobil MPV yang berkapasitas lebih besar, untuk mobil yang berkapasitas mesin, interior, dan eksterior lebih kecil memang perlu pintar-pintar memadukan jumlah penumpang serta barang bawaan.

 

Dengan kapasitas bagasi yang lebih kecil, sebaiknya Anda prioritaskan barang bawaan. Tingginya tumpukan koper dan barang di bagasi usahakan jangan sampai menutupi jendela bagian belakang.

 

Hal tersebut akan menyusahkan pandangan pengemudi jika ingin melihat keadaan yang ada di belakang mobilnya. Selain itu, saat mengatur barang bawaan jangan sampai mengorbankan kenyamanan penumpang bagian belakang, terutama jika terdapat fitur reclining seat seperti pada jok baris kedua Toyota All New Calya.

 

Letakkan barang besar dan berat di bagian paling bawah untuk menjaga keseimbangan mobil serta mencegah bawaan berat menimpa dan merusak barang yang lebih ringan. Ingat juga dimana Anda meletakkan barang-barang darurat seperti dongkrak, ban serep, dan kotak P3K. Pastikan semua barang itu mudah diakses dan tidak dihalangi barang bawaan lain.

 

Anda juga memanfaatkan kabin untuk meletakkan barang-barang penting yang sering digunakan agar mudah dijangkau ketimbang saat meletakkannya di bagasi seperti makanan ringan, minuman, hingga charger smartphone. Untuk barang yang kecil juga dapat diletakkan di kolong jok baris pertama.

 

roof rack mobilJika dirasa barang yang dibawa tidak muat di dalam bagasi mobil, agar lebih nyaman dan aman, Anda bisa menggunakan roof rack. Namun pastikan barang bawaan tersebut jangan sampai melebihi beban mobil dan roof rack.

 

“Untuk pemasangan roof rack, dianjurkan juga menggunakan roof box agar lebih aman dan tidak mengganggu aerodinamis mobil. Jika diaplikasikan di mobil kecil, sebaiknya roof box tingginya tidak lebih dari 50 sentimeter,” kata Rudi Ganefia, Service Head Auto2000 Krida.

 

Idealnya, jika jok baris ketiga dilipat, bagasi mobil seperti Toyota All New Calya dapat menampung hingga empat koper berukuran sedang. Beban maksimal mobil kecil tentunya berbeda-beda, ada baiknya Anda juga menghitung daya angkut mobil tersebut.

 

Cara menghitung daya angkut mobil agar tidak kelebihan beban dapat dilakukan rumus gross vehicle weight (GVW) dikurangi dengan curb weight (berat kosong). Misalnya Toyota All New Calya bertransmisi manual memiliki GVW seberat 1.570 kilogram dan berat kosong 975 kilogram. Jadi beban maksimal yang dapat diangkut Misalnya Toyota All New Calya bertransmisi manual adalah 595 kilogram untuk orang dan barang.

 

Namun bukan berarti Anda dapat membawa beban seberat itu. Rudi menyatakan, untuk Toyota All New Calya kalau bisa beban yang ditanggungnya baik orang dan barang jangan melebihi 500 kilogram.

 

Perlu diingat, tiap muatan 20 kilogram akan menambah konsumsi bahan bakar sekitar 1%. Jadi semakin berat yang Anda bawa maka akan semakin boros juga konsumsi bahan bakar mobil.

 

Jika berlebihan dan tidak wajar, faktor keselamatan akan terancam. Tak hanya itu, kinerja suspensi dan ban mobil juga jadi tidak optimal.

 

“Mobil yang kelebihan beban tentu kinerja suspensinya akan terganggu. Lama kelamaan, suspensi ini akan amblas, rigid, dan mengalami kebocoran,” kata Rudi Ganefia.

 

Ditambahkan Rudi, ban mobil juga memiliki kemampuan maksimal mengangkut beban. Kalau berlebihan, risikonya ban akan meledak dan mengancam keselamatan pengemudi serta penumpangnya.

 

Anda juga akan membawa oleh-oleh, baik untuk sendiri maupun kerabat yang telah menunggu. Karena itu, saat berangkat sebaiknya Anda sudah menyisakan ruang untuk oleh-oleh tersebut agar mobil juga tidak kelebihan beban saat kembali dari kampung halaman.

 

beban muatan mobilTetap jaga kenyamanan dan keamanan, karena keselamatan Anda dan penumpang jauh lebih berharga dari semua barang bawaan yang dapat diangkut oleh mobil.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.