Jangan Sedih! Masih Banyak Cara Masuk PTN dengan Jalur Berikut

By Rismawati Idris - July 10, 2019

Masuk perguruan tinggi negeri adalah impian sebagian besar calon mahasiswa. Bila tak lolos seleksi SBMPTN 2019 kemarin, jangan patah semangat, masih ada cara masuk PTN lain, seperti berikut ini.

Hasil Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN 2019) telah diumumkan kemarin sore (9/7) pukul 15.00. Banyak calon mahasiswa yang menggantungkan harapannya di jalur masuk tulis tersebut.

 

Dari hasil pengumuman yang dilaporkan kemarin, tak sedikit peserta yang merasa kecewa lantaran harus kembali pupus tidak diterima PTN kesayangannya itu. Sampai batas akhir penutupan SBMPTN 2019, diketahui ada sebanyak 714.652 orang peserta dan hanya 23,61%  saja calon mahasiswa yang diterima dari kelompok saintek dan soshum.

 

Lantas, bagaimana dengan para pendaftar lain yang belum lolos seleksi?

 

Bagi calon mahasiswa baru ajaran 2019/2020, Anda masih bisa berjuang meraih PTN impian dengan mengikuti jalur lainnya yang menyediakan kuota lebih besar.

Jalur Mandiri

Jalur mandiri menjadi jalur alternatif yang banyak dipilih calon mahasiswa baru. Para peserta yang mengikuti jalur ini masih bisa memilih PTN harapannya dengan lebih realistis lagi.

 

Ketika Anda memilih jalur ini, Anda bisa langsung memilih PTN dan program studi (prodi) yang diinginkan tanpa mengikuti seleksi bersama se-Indonesia. Selain itu, para peserta juga diperbolehkan memilih lebih dari satu prodi yang diinginkan.

 

Pasalnya, jalur mandiri yang diadakan tersebut merupakan jalur masuk bersama yang diselenggarakan langsung oleh PTN yang ada di negeri ini. Salah satunya Simak UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia), UTUL (Ujian Tulis) UGM, USM  Unsri (Ujian Seleksi Masuk Universitas Sriwijaya), dan ujian mandiri lainnya yang bisa dilihat di website kampus tujuan Anda.

 

Meski jalur masuk mandiri yang diadakan oleh PTN itu memberikan harapan yang lebih besar, biaya yang dikeluarkan untuk masuk PTN lewat jalur mandiri itu diketahui lebih mahal daripada jalur SNMPTN atau SBMPTN.

 

Jadi, ketika Anda memilih jalur ini, persiapkan biaya perkuliahan dengan matang.

 

Jalur PTKIN

PTKIN atau panjangan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur impian yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di kampus kejuruan Islam, seperti IAIN (Institut Agama Islam Negeri), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri atau STAIN, dan UIN (Universitas Islam Negeri) di berbagai daerah di Indonesia.

 

Ada dua seleksi yang bisa Anda manfaatkan di jalur ini, yaitu jalur undangan dan jalur seleksi tulis yang bisa Anda akses di span-ptkin.ac.id atau di um-ptkin.ac.id

 

Seleksi PTKIN ini merupakan jalur masuk yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN yang diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

 

Karena seleksi ini diselenggarakan oleh pemerintah, biaya pelaksanaan PTKIN ditanggung pemerintah sehingga pendaftarannya pun tidak dipunggut biaya.

Jalur Kedinasan

Tak jauh beda dengan jalur lainnya, bagi Anda yang ingin langsung bekerja setelah kuliah, Anda bisa mengambil jalur kedinasan. Jalur masuk sekolah kedinasan disediakan secara khusus melalui ujian PTK.

 

Jalur ini dikhususkan untuk para calon mahasiswa yang ingin mendalami suatu ilmu dan langsung diterapkan dalam bidang pekerjaan, seperti STAN dan IPDN. Selain itu, sekolah kedinasan ini juga menjadi upaya untuk menyaring mahasiswa kedinasan untuk masuk sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jalur Beasiswa

Lalu, jalur beasiswa juga bisa menjadi jalur alternatif masuk ke PTN impian. Di jalur ini, Anda bisa memilih PTN yang Anda mau, tetapi lebih dulu mengikuti seleksi beasiswa yang disiapkan pemerintah.

 

Sebut saja salah satu program beasiswa yang tersedia, seperti Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa DIKTI, dan Beasiswa LPDP, atau Beasiswa PPA BBM.

 

Dengan mengikuti program beasiswa, biaya sekolah dan living cost selama perkuliahan pun akan di-back up langsung oleh penyelenggara beasiswa, yang besarannya bergantung wilayah kampus PTN pilihan Anda.

 

Jadi, masih banyak bukan cara masuk PTN, selain lewat SBMPTN? Yuk, mulai persiapkan diri buat mengikuti jalur masuk PTN di atas dan tetaplah semangat. Selamat mencoba, ya.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.