Search Cars

Otomotif

Jangan Meninggalkan Hand Sanitizer di Mobil, Resikonya Fatal

Hand sanitizer dapat membuat mobil terbakar dan merusak keindahan interior, benarkah? Yuk, baca penjelasannya.

hand sanitizerHand sanitizer menjadi barang yang sangat populer dan langka belakangan ini. Banyak orang yang membawa hand sanitizer dan masker sebagai starter pack wajib selama bepergian di masa pandemik Covid-19.

 

Pasalnya, cairan pembersih ini dinilai ampuh mencegah penyebaran virus corona yang mungkin tertinggal di telapak tangan usai kamu memang suatu benda.

 

Meskipun benda ini aman sebagai alat kesehatan, tetapi meninggalkannya di dalam kabin mobil ternyata sangat berbahaya bagi keselamatan kendaraan. Kandungan alkohol yang ada di dalamnya disinyalir dapat memicu kebakaran.

 

Baca juga: Istilah Baru yang Populer di Tengah Wabah Virus Corona

 

Komposisi hand sanitizer yang terdiri dari alkohol dapat memicu terjadinya aliran arus yang membuat mobil terbakar.

 

Seperti yang sudah diketahui, semua hand sanitizer mengandung komponen alkohol. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tidak meninggalkannya di bawah sinar matahari langsung atau menyimpannya di dalam mobil karena dapat memicu kebakaran.

Hand sanitizer juga bisa merusak interior

Tak hanya berbahaya bila meninggalkannya di dalam mobil, menggunakan bahan pembersih yang mengandung etanol untuk kendaraan juga tidak disarankan.

 

Baca juga: Cegah Corona dengan Membersihkan Interior Mobil Secara Mandiri

 

Hal ini disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalam gel kebersihan tersebut.

 

Selain menimbulkan kebakaran, cairan hand sanitizer bila dipakai untuk membersihkan interior kendaraan bisa menyebabkan pernis mengelupas dan meninggalkan noda bintik pada kendaraan yang menggunakan bahan seperti trim.

Bersihkan mobil dengan cairan khusus kendaraan

Oleh karena itu, apabila kamu ingin membersihkan kendaraan, gunakanlah cairan pembersih khusus yang PH-nya sesuai untuk kendaraan.

 

Atau kamu bisa membawa kendaraanmu ke bengkel untuk melakukan perawatan kebersihan khusus, yaitu untuk membersihkan bakteri dan virus penyakit yang mungkin tertinggal di dalam kendaraanmu.

 

Baca juga: Apakah Asuransi Dapat Menerima Klaim Virus Corona?

 

Meskipun disarankan untuk membawa hand sanitizer selama masa wabah virus ini, tetapi sebisa mungkin jangan sampai meninggalkannya di dalam mobil, apalagi saat mobil terparkir di bawah sinar matahari langsung.

 

Tetap utamakan kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.