Search Cars

Otomotif

Jangan Diam Saja, Yuk Kembangkan Komunitas Anda dengan 4 Cara Ini

Membangun kerjasama dengan pihak eksternal dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam membangun kemajuan dan mengembangkan komunitas Anda.

manfaat membangun komunitas

Membangun komunitas memang tidaklah mudah, bukan hanya mengorbankan waktu dan gagasan saja buat membangun komunitas tersebut. Anda juga membutuhkan ide kreatif untuk membuat komunitas terus solid dan berkembang.

 

Salah satunya dengan membuat agenda rutin, seperti kopdar ataupun acara tahunan yang dapat diikuti oleh seluruh anggota.

 

Dari banyaknya kegiatan yang dilakukan, setidaknya hal itu dapat memicu timbulnya ikatan  dan rasa kepemilikan anggota terhadap komunitas. Akan tetapi, sebagian komunitas luput untuk melakukan kolaborasi dengan pihak luar, yang menyangkup suatu badan atau komunitas lainnya.

 

Padahal, dengan membangun kolaborasi dengan pihak eksternal bisa membantu komunitas untuk berkembang dan makin dikenal.

 

Berkaitan dengan hal itu, paling tidak ada 4 manfaat membangun komunitas melalui kolaborasi pihak eksternal yang perlu diketahui dan menjadi pertimbangan Anda dalam mengembangkan komunitas. Apa sajakah itu? Secara khusus Seva.id menguraikan untuk Anda, sebagai berikut!

 

Melatih profesionalisme anggota

Menjalankan kerjasama dengan pihak eksternal atau katakan saja dengan suatu perusahaan terbilang sangat menguntungkan. Dari kerjasama yang dilakukan itu, Anda dan kelompok bisa saling belajar untuk membangun karakter diri masing-masing, mulai dari etos kerja setiap anggota hingga kedisiplinan masing-masing orang.

 

Melalui kerjasama yang telah dibangun itu, Anda juga bisa menentukan agenda komunitas tersebut akan dibuat seperti apa budaya kolaborasinya. Tentunya, hal ini juga berkaitan dengan profesionalitas kelompok dalam membangun relasi dengan orang lain.

Menambah anggaran dana

Setiap kerjasama yang dijalankan antara komunitas dapat pula menghasilkan keuntungan berupa tambahan anggaran dana. Benefit yang didapat ini dapat Anda gunakan untuk menjalankan program kerja atau menambah kas komunitas.

 

Belum lagi bila perusahaan yang tap in di komunitas Anda memberikan fasilitas tambahan, seperti mengirim cinderamata, berbagai diskon, atau bahkan mengizinkan penggunaan nama perusahaan sebagai komunitas resmi dari kelompok Anda. Tentu hal ini akan lebih menguntungkan komunitas Anda, ya.

 

Oleh karenanya, tak jarang keberuntungan ini membawa “angin segar” bagi komunitas itu sendiri. Selain Anda bisa aman dari segi finansial, komunitas Anda pun akan terasa lebih resmi dan terlihat keren.

Membuat komunitas terkenal

Hubungan baik yang komunitas Anda kembangkan dengan pihak eksternal tidak hanya menguntungkan secara finansial saja. Namun, berkat kerjasama yang dilakukan itu, tak jarang membuat komunitas Anda kian dikenal oleh masyarakat luas.

 

Hal itu dapat saja terjadi dari kepercayaan perusahaan terhadap komunitas Anda sehingga setiap kegiatan yang digelar oleh suatu perusahaan, selalu mengundang dan melibatkan komunitas Anda, baik sebagai tamu maupun partisipan. Dengan begitu, nama komunitas Anda dapat eksis dalam setiap kegiatan dan tak menutup kemungkinan akan disorot oleh media.

 

Nah, berkat hal itu, tentu akan membuka kesempatan bertambahnya anggota di komunitas Anda.

 

Baca juga: Wajib Dicoba, Resep Sukses Membangun Komunitas Ala TOSCA

 

Memperluas jaringan

Manfaat terakhir yang akan komunitas Anda dapatkan dari kerjasama yang dilakukan tersebut ialah terciptanya satu kesempatan dalam memperluas jaringan, baik melalui kerjasama dengan suatu perusahaan maupun antarsesama komunitas yang satu prefensi dengan komunitas Anda.

 

Karenanya, melalui manfaat yang didapat ini, komunitas Anda dapat saling bertukar informasi atau bahkan bisa saling berkolaborasi dalam melakukan suatu acara.

 

Dari keempat manfaat membangun komunitas di atas, keberadaan pihak eksternal memang cukup memberikan pengaruh yang signifikan dalam kemajuan komunitas Anda. Oleh karenanya, yuk, bangun iklim kerjasama yang baik dengan pihak eksternal, baik suatu perusahaan maupun komunitas lain, agar Anda bisa merasakan manfaat di atas.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.