Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

By Arris Riehady - Maret 5, 2019

Tidak terasa, sudah genap dua dekade BMW mengawal gelaran MotoGP sebagai official car di tiap balapannya. Ini dia jajaran mobil BMW di MotoGP.

BMW di MotoGP

BMW sudah menjadi official car dan bekerjasama dengan Dorna selaku organisasi penyelenggara balapan MotoGP sejak 1999 atau 20 tahun yang lalu. Keterlibatan BMW di ajang MotoGP fokus pada penyediaan mobil keselamatan alias safety car.

 

Merayakan 20 tahun kerjasama tersebut, BMW mengeluarkan sebuah video berdurasi 1:24 di channel YouTube BMW M. Video tersebut berisi jajaran mobil BMW di MotoGP yang pernah jadi safety car. Apa saja mobil tersebut?

BMW di MotoGP

Pertama, ada BMW Z8. Mobil bergaya roadster ini digunakan pada MotoGP musim 2001. Berbeda dengan produksi massalnya, khusus untuk MotoGP, BMW Z8 ini menggunakan hard top yang permanen dan  roll cage di bagian kabin guna keselamatan.

 

Secara desain, BMW Z8 mengambil inspirasi dari BMW 507. Selain di MotoGP mobil ini juga digunakan di film James Bond berjudul The World is Not Enough. Masa bakti BMW Z8 berakhir di musim 2006.

BMW di MotoGP

Musim MotoGP 2007, BMW kembali mengenalkan safety car terbarunya yakni BMW Z4 M Coupe. Dalam versi jual, BMW Z4 ini memiliki dua varian, roadster dan coupe. Dengan embel-embel M menandakan mobil ini adalah mobil dengan performa cepat, tak heran bila menjadi pengawal di MotoGP. Konon mesin yang digunakan dapat menyemburkan tenaga hingga 338 daya kuda.

BMW di MotoGP

Di musim 2011, BMW Z4 M Coupe akhirnya digantikan oleh BMW M1 Coupe. Namun banyak fans MotoGP yang beranggapan kalau mobil sedan sport dua pintu ini menjadi yang kurang diminati dari semuanya. Padahal versi massalnya BMW M1 adalah lambang kenikmatan berkendara. Bodinya kompak, bobot relatif ringan, dan kencang.

BMW di MotoGP

Keluhan fans MotoGP pun didengar oleh pihak BMW, hingga pada 2015 hadirlah BMW M4 Coupe. Berbeda dengan safety car MotoGP sebelumnya yang berwarna dasar putih, BMW M4 Coupe muncul dengan warna hitam satin. Jelas ini sangat menarik perhatian pecinta MotoGP. Mobil ini menganut water injection system. Dilengkapi mesin M TwinPower Turbo inline 6-cylinder petrol.

BMW di MotoGP

Pengganti BMW M4 Coupe adalah BMW M2 yang datang pada musim 2016. Sayangnya, kembali dengan warna putih. Tenaga maksimal yang dikeluarkan mesinnya hingga 370 daya kuda. Oleh teknisi BMW M, mobil ini juga didesain untuk bisa bertahan di segala kondisi lintasan balap MotoGP. Salah satunya dengan menanamkan easy-to-adjust rear spoiler dan ban 20 inci guna memantapkan gripnya dengan aspal.

 

Sementara di musim 2018 lalu, sepanjang gelaran MotoGP dikawal oleh BMW M5. Mobil ini menjadi model M pertama BMW yang bukan jenis SUV namun memiliki fitur xDrive. Sama seperti mobil balap asli, safety car BMW M5 juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti quick fasteners pada kap, bucket seats dari BMW M4 GTS, dan front splitter yang dibuat khusus oleh insinyur BMW M.

BMW di MotoGP

Fungsi utamanya untuk mobil safety car, BMW M5 dilengkapi dengan roof-top LED lighting bar dan juga sepasang lampu LED biru di bagian grill dengan fungsi directional eye lamp. Bicara performa, mesin BMW M5 mampu menghasilkan tenaga 625 daya kuda. Dari diam ke 100 kilometer per jam mobil ini hanya butuh waktu 3.3 detik. Cepat bukan?

 

Selain mobil, ternyata BMW juga menurunkan sepeda motor BMW S1000RR yang disediakan BMW Motorrad sebagai safety bike.

Sekedar informasi, MotoGP saat ini terbagi dalam tiga kelas mesin yang berbeda, yaitu Moto3, Moto2 dan MotoGP. Motor-motor yang digunakan di MotoGP adalah motor yang dibuat khusus untuk balapan dan tidak dijual untuk umum. Satu kelas baru diperkenalkan mulai musim 2019 yaitu kelas MotoE yang memperlombakan sepeda motor prototipe bertenaga listrik.

 

Kemudian apa yang akan ditampilkan BMW pada MotoGp musim 2019? Menarik untuk ditunggu!

 

Baca juga: Nomor Hoki Pembalap dan Jadwal Lengkap MotoGP 2019

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!