Berjuang di tengah kondisi pandemi yang cukup menantang sepanjang tahun 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mengukuhkan posisinya sebagai market leader di Indonesia.
President Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda, mengatakan, meskipun situasi di tahun 2020 cukup menantang, Toyota berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia,
“Tidak hanya dengan menghadirkan line-up kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan,” katanya.
Total penjualan Toyota
Sebelum pandemi mewabah di Indonesia, Toyota membukukan penjualan ritel 66.599 unit di kuartal pertama 2020.
Sejalan dengan mulai mewabahnya pandemi, di kuartal kedua total penjualan Toyota mengalami penurunan cukup signifikan menjadi 26.366 unit, atau 60,4% lebih rendah dari angka di kuartal pertama.
Baca juga: Keunggulan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini
Namun, secara bertahap, total penjualan Toyota pun berangsur membaik karena tidak hanya didukung dengan 13 produk baru.
Hal tersebut juga didukung dengan program-program inovatif yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di tengah pandemi, seperti Toyota Spektakuler dan Deal Cermat.
Selain itu ada juga yang berbasis digital seperti Toyota Chatbot, mToyota, Halobeng, Toyota Virtual Expo, hingga KINTO yang memperkenalkan cara baru dalam bermobilitas.