Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ini Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Pagi Hari

Mobil susah distarter sangat menjengkelkan, terlebih jika terjadi di pagi hari saat hendak memulai aktivitas. Lantas, apa penyebabnya?

Untuk menunjang berbagai aktivitas, memiliki mobil pribadi bisa menjadi pilihan yang tepat, terlebih jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi.

Namun, saat memutuskan untuk memiliki mobil pribadi sebagai tunggangan sehari-hari, pastikan kamu sudah siap dengan berbagai kebutuhannya, seperti perawatan rutin, hingga pajak. 

Tak hanya itu, kamu juga harus siap dengan segala kendala dan permasalahan yang bisa timbul sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi.

Baca juga: Resmi! Mulai 23 Maret 2021 Tilang Elektronik Nasional Diterapkan

Terlebih jika kamu sering menggunakan mobil namun minim melakukan perawatan secara berkala, bermacam-macam permasalahan bisa timbul, salah satunya adalah kendala mobil susah distarter saat pagi hari.

Tentunya akan sangat tidak nyaman apabila saat ingin beraktivitas namun mobil susah hidup di pagi hari saat distarter, terlebih jika kamu sedang tergesa-gesa.

Lantas, apa sebenarnya penyebab mobil susah distarter saat pagi hari?

kelebihan aki kering

Kurangnya tegangan baterai atau aki

Motor starter yang sudah lemah atau tegangan aki kurang merupakan salah satu penyebab mengapa mobil susah distarter saat pagi hari. Ketika di-start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan, hal tersebut besar kemungkinan disebabkan oleh tegangan baterai yang kurang, sehingga tidak ada tenaga yang memutar mesin.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Agar lebih pasti, kamu bisa memeriksanya dengan mengukur menggunakan voltmeter atau multimeter. Jika memang benar masalahnya pada baterai, kamu masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorongnya.

mengganti busi mobil

Busi bermasalah

Penyebab lain dari masalah mobil susah distarter saat pagi hari ialah busi yang bermasalah atau kotor. Cara mengeceknya, kamu harus melepas busi dan perhatikan apakah busi tersebut kotor. Apabila kotor, kamu bisa menggunakan kawat atau amplas untuk membersihkannya agar mobil bisa menyala.

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Namun, bila busi tidak kotor, kamu bisa mengecek kerenggangan pada busi. Apabila busi terlalu renggang maka bisa dikencangkan, begitu pula bila sebaliknya, atau kamu juga bisa menggantinya bila busi sudah habis dan tipis.

Karburator banjir

Penyebab berikutnya biasanya timbul pada mobil dengan karburator, biasanya mobil susah distarter bisa disebabkan oleh karburator yang banjir karena bahan bakarnya terlalu banyak. 

Baca juga: Tips Merawat Wiper Mobil, Jangan Tunggu Sampai Getas

Cara mengatasinya, kamu harus membongkar karburator dan menyetel ulang pelampung di dalam karburator sehingga bahan bakar yang masuk tidak terlalu banyak.

Water Temperature Sensor (WTS) bermasalah

Penyebab mobil susah distarter selanjutnya khusus untuk mobil injeksi. Biasanya disebabkan oleh sensor Water Temperature Sensor (WTS) di bagian sistem injeksinya.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

WTS sendiri merupakan sebuah sensor suhu yang mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Jika komponen yang satu ini mengalami masalah, maka akan mempengaruhi sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil susah hidup.

Pompa bensin melemah

Penyebab lainnya mesin mobil susah hidup saat pagi hari adalah lemahnya komponen pompa bensin. Pompa bensin merupakan komponen yang bertugas untuk memompa bensin dari tangki menuju karburator. 

Bila komponen ini melemah, maka fungsinya tidak akan dijalankan dengan optimal sehingga mobil susah distarter atau dinyalakan saat mesin dingin.

Solusinya, kamu harus mengganti komponen tersebut agar tidak menyulitkan saat hendak melakukan aktivitas. Namun ada sebuah trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak pada posisi “on” namun pompa bensin tidak berbunyi berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya pompa bensin akan hidup kembali dan dapat mengalirkan bahan bakar ke karburator.

Nah, itu dia penyebab mobil susah distarter saat pagi hari. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu rutin melakukan perawatan mobil mu di bengkel terpecaya.

Tak perlu khawatir soal waktu, sekarang ada layanan Booking Service dan Home Service dari  Seva.id yang siap bantu kamu.

Booking Service

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.