Ini Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Pagi Hari

By Reka Harnis - Maret 23, 2021

Mobil susah distarter sangat menjengkelkan, terlebih jika terjadi di pagi hari saat hendak memulai aktivitas. Lantas, apa penyebabnya?

Untuk menunjang berbagai aktivitas, memiliki mobil pribadi bisa menjadi pilihan yang tepat, terlebih jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi.

Namun, saat memutuskan untuk memiliki mobil pribadi sebagai tunggangan sehari-hari, pastikan kamu sudah siap dengan berbagai kebutuhannya, seperti perawatan rutin, hingga pajak. 

Tak hanya itu, kamu juga harus siap dengan segala kendala dan permasalahan yang bisa timbul sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi.

Baca juga: Resmi! Mulai 23 Maret 2021 Tilang Elektronik Nasional Diterapkan

Terlebih jika kamu sering menggunakan mobil namun minim melakukan perawatan secara berkala, bermacam-macam permasalahan bisa timbul, salah satunya adalah kendala mobil susah distarter saat pagi hari.

Tentunya akan sangat tidak nyaman apabila saat ingin beraktivitas namun mobil susah hidup di pagi hari saat distarter, terlebih jika kamu sedang tergesa-gesa.

Lantas, apa sebenarnya penyebab mobil susah distarter saat pagi hari?

kelebihan aki kering

Kurangnya tegangan baterai atau aki

Motor starter yang sudah lemah atau tegangan aki kurang merupakan salah satu penyebab mengapa mobil susah distarter saat pagi hari. Ketika di-start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan, hal tersebut besar kemungkinan disebabkan oleh tegangan baterai yang kurang, sehingga tidak ada tenaga yang memutar mesin.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Agar lebih pasti, kamu bisa memeriksanya dengan mengukur menggunakan voltmeter atau multimeter. Jika memang benar masalahnya pada baterai, kamu masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendorongnya.

Berita Terkait

Author