Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ini 4 Keuntungan Mudik Bareng Menggunakan Mobil Komersil

Harga tiket yang cenderung naik dan habis menjadikan fenomena mudik bareng makin digemari masyarakat Indonesia. Lalu apa keuntungan mudik bareng ini? Berikut ulasannya!

mudik

Mudik atau pulang kampung adalah tradisi masyarakat rantau di Indonesia kala Lebaran untuk kembali berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta kerabat.

 

Sayangnya, menjelang Lebaran harga tiket moda transportasi umum akan naik. Tidak hanya naik, tiket juga biasanya sudah habis dari jauh-jauh hari. Sehingga menggunakan kendaraan pribadi banyak menjadi pilihan pemudik. Bahkan demi mudik, ada beberapa yang nekat menggunakan sepeda motor.

 

Mudik menggunakan sepeda motor ini cukup berisiko. Walau memang belum ada larangan resmi, dikutip dari oto.detik.com, Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno menyoroti penggunaan sepeda motor untuk mudik tidak dilarang, namun memiliki ambang batas yang perlu menjadi perhatian. Hal ini perlu dilakukan agar tercipta keselamatan dan kenyamanan di jalan.

mudik

Lebih lanjut, Djoko menyinggung bahwa sepeda motor sebagai sarana transportasi sudah diatur pada Pasal 10 Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan, persyaratan teknis untuk sepeda motor meliputi (a) muatan memiliki lebar tidak melebihi stang pengemudi, (b) tinggi muatan tidak melebihi 900 milimeter dari atas tempat duduk pengemudi, (c) barang muatan ditempatkan di belakang pengemudi.

 

Nah, daripada mudik berisiko, mending mudik bareng saja.

 

Anda bisa mengikuti mudik bareng dari perusahaan atau penyelenggara lainnya. Selain itu, Anda juga bisa jadi penyelenggara mudik bareng dengan mengajak teman-teman sekampung halaman atau seperjalanan dengan menggunakan mobil komersial seperti Toyota Hiace atau Isuzu Elf.

 

Lalu apa keuntungan mudik bareng ini? Berikut ulasannya!

mudik

Hemat

Di tengah melambungnya harga tiket mudik, khususnya harga tiket pesawat, mudik bareng ternyata dinilai lebih hemat.

 

Bila mengikuti mudik bareng dengan perusahaan atau penyelenggara lainnya, otomatis ongkos transportasi sudah ditanggung. Anda hanya perlu mengeluarkan ongkos untuk kembali saja.

 

Sementara jika mudik bareng menggunakan atau menyewa mobil komersial, ongkos selama perjalanan, mulai dari biaya sewa, behan bakar, hingga tol akan ditanggung bersama.

 

Hal ini tentu akan lebih hemat ketimbang mudik menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi seperti mobil, di mana ongkosnya Anda tanggung sendiri.

mudik

Ada asuransi

Untuk kendaraan komersial seperti Toyota Hiace atau Isuzu Elf yang digunakan untuk mudik bareng biasanya Anda akan sewa dari tempat rental.

 

Nah, biasanya juga saat musim mudik jalanan akan penuh dan macet. Akibat kelelahan bisa saja kejadian apes menimpa Anda. Entah Anda yang menabrak atau mobil ditabrak kendaraan lain. Semoga tidak kejadian!

 

Namun bila hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Saat menyewa mobil, Anda bisa sekalian mengasuransikannya. Jadi jika terjadi sesuatu, Anda tinggal bayar klaim saja.

 

Perjalanan mudik bareng akan semakin nyaman bukan?

mudik

Tidak lelah

Berkumpul dan silaturahmi dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman adalah hal wajib yang harus dilakukan ketika mudik.

 

Sayangnya perjalanan mudik yang panjang bisa saja membuat Anda kelelahan sehingga melewatkan momen keakraban tersebut.

 

Nah, dengan mudik bareng Anda tidak perlu khawatir kelelahan ketika mengemudi. Anda tinggal mencari teman seperjalanan yang juga bisa mengemudi, sehingga ketika mulai lelah atau mengantuk Anda bisa gantian.

 

Dengan begitu, kondisi badan Anda saat sampai di kampung halaman pun tetap prima. Lebaran juga semakin semarak.

Pulang pergi

Bila mengikuti mudik bareng yang diselenggarakan oleh perusahaan atau penyelenggara lainnya Anda hanya diberikan satu tiket one way ke kampung halaman tanpa tiket kembali, beda cerita bila Anda mudik bareng menggunakan mobil komersial seperti Toyota Hiace atau Isuzu Elf.

 

Tentu, menggunakan mobil komersial seperti Toyota Hiace atau Isuzu Elf perjalanan akan dilakukan pulang pergi. Jadwal keberangkatan dan kepulangan juga dapat disesuaikan dengan keperluan serta kebutuhan peserta seperjalanan mudik bareng.

 

Selain itu, Anda dan teman-teman seperjalanan mudik bareng bebas untuk berhenti. Misalnya saja untuk istirahat, ke kamar kecil, membeli perbekalan, serta makan.

mudik

Jadi bisa disimpulkan, mudik bareng menggunakan mobil komersial ini cenderung lebih aman dan nyaman selama perjalanan. Namun tetap perhatikan keselamatan berkendara.

 

Ingat, keluarga dan kerabat selalu menanti kedatangan Anda di kampung halaman!

 

Lihat produk mobil komersil di sini:

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.