Search Cars

Travel & Lifestyle

Destinasi Road Trip Populer yang Dekat dengan Jakarta

Kangen jalan-jalan lagi? Tidak usah jauh-jauh, ini destinasi road trip yang dekat dengan Jakarta.

wisata bali

Liburan atau isitilah kerennya adalah healing merupakan impian setiap orang. Penatnya pekerjaan yang hampir setiap hari dilakukan, membuat sebagian besar orang butuh memanjakan dirinya. Siapa yang tidak ingin jalan-jalan ke luar kota atau road trip? Tentu sebagian dari kamu ada yang sudah kangen jalan, apalagi mobil sudah lama tidak digunakan, pasti tidak sabar untuk liburan. Artikel ini akan membahas destinasi road trip disekitar Jakarta!

Liburan dengan cara road trip dinilai lebih bersensasi bagi beberapa orang. Selain melepas penat, dengan road trip kamu dapat mengenal karakter teman atau anggota keluarga lebih dalam.

Bagaimana tidak, saat road trip kamu bisa berhari-hari di jalan dalam satu mobil dengan teman atau keluarga, serta bebas untuk jalan ke manapun sesuka hati.

Baca juga: Cara Aman Langsung Geber Road Trip Menggunakan Mobil Baru

Misalnya saja road trip keliling Pulau Jawa. Kamu bebas untuk mengunjungi provinsi dan kota mana saja melalui jalan tol, Jalur Pantai Utara, Jalur Pantai Selatan yang menantang, atau bahkan mencoba jalur alternatif.

Namun, tidak semua orang berani untuk road trip menempuh perjalanan yang jauh. Nah untuk kamu warga Jakarta dan sekitarnya, kamu tidak perlu pergi jauh untuk merasakan sensasi healing. Di sekitara Jakarta juga banyak lho yang bisa dijadikan wishlist kamu untuk dikunjungi!

wisata danau toba

6 Rekomendasi Destinasi Road Trip Yang Wajib Dikunjungi!

Ciamis

Destinasi road trip pertama yang dekat dengan Jakarta adalah Ciamis. Wilayahnya meliputi deretan pegunungan, dataran tinggi, teluk dan pantai. Sehingga tak heran bila Ciamis menjadi salah satu primadona wisata di Jawa Barat.

Ciamis dapat diakses dengan waktu 4-5 jam. Pantai yang wajib dikunjungi saat kamu mengunjungi Ciamis adalah Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, dan Pantai Batu Hiu.

Sedangkan bagi yang gemar keindahan alam, kamu bisa mampir ke Green Canyon yang berada tak jauh dari Pantai Batu Karas.

Baca juga: Ingin Touring ke Dieng, Simak 7 Tips Ini Dulu

Green Canyon bisa dicapai dengan mengarungi Sungai Cijulang menggunakan perahu kayu. Sepanjang perjalanan, perahu akan melewati sungai berwarna hijau dan pemandangan yang indah.

wisata karimun jawa

Ciwidey

Memiliki banyak pesona alam, objek wisata paling terkenalnya adalah Kawah Putih, yang di sepanjang rute menuju ke sini banyak ditemukan kebun-kebun stoberi. Dari Jakarta, Ciwidey dapat ditempuh dengan mobil selama 3-4 jam saja.

Selain itu, kamu juga dapat bermalam di Ranca Upas yang Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patenggang.

Bila tak memiliki tenda sendiri, di sini tersedia penyewaan tenda seharga Rp 200 ribuan. Fasilitas yang ditawarkan meliputi kolam renang air panas lengkap dengan papan luncurnya, sepeda gunung, permainan paint ball, flying fox, bungee jumping, trampolin, ATV, dan tempat penangkaran rusa.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan 10 Tempat Wisata di Geopark Ciletuh

wisata bali

Banten

Destinasi road trip yang dekat dengan Jakarta selanjutnya adalah Banten. Provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini memiliki potensi wisata yang luar biasa, termasuk deretan pantainya.

Salah satu pantainya adalah Pantai Bagedur yang dapat ditempuh dengan 5-6 jam bila road trip dengan mobil. Pantainya landai dan berpasir solid sehingga mobil berjenis SUV bisa dipacu tanpa terjebak pasir.

Suasananya lebih sepi ketimbang Pantai Anyer, Carita, dan Tanjung Lesung karena tidak terdapat penyewaan permainan air, sehingga cocok bagi kamu yang ingin santai dan mencari ketenangan.

Baca juga: Mau Mencoba Bulan Madu ala Road Trip? Ini Tipsnya

Lalu, pada kawasan ini juga terdapat minimal 30 warung sederhana untuk mengudap makanan ringan.

Cirebon

Adanya Jalan Tol Cipali yang menghubungkan Cikampek menuju Palimanan sebagai pintu gerbang Cirebon, kota ini dapat diakses dari Jakrta dengan mobil.

Waktu tempuh melalui jalur tol tersebut lebih ringkas dibandingkan bila lewat jalur Pantai Utara, yaitu sekitar 3,5 jam saja.

Kota ini dapat menjadi alternatif wisata di Jawa Barat selain Bandung. Cirebon menawarkan aneka tempat wisata, mulai sejarah, religi, kuliner hingga belanja.

Baca juga: Traveling ke Cirebon, Jangan Lupa Jajal Wisata Sejarah dan Kuliner Ini

Semarang

Sama seperti Cirebon, jika ingin road trip ke Semarang kamu bisa mengambil rute Jalan Tol Cipali. Semarang dapat ditempuh dengan 5 sampai 6 jam berkendara.

Masyarakat Semarang yang multikultur mewariskan ikon-ikon beragam. Tidak heran bila objek wisata hits di Semarang pun menawarkan keberagaman.

Sebut saja Klenteng Sam Poo Kong yang sarat nuansa oriental, Lawang Sewu dengan aura kolonial, hingga Masjid Agung Jawa Tengah dengan kemegahan arsitektur Jawa, Islam, dan Romawi.

Baca juga: Kuliner Malam Semarang yang Bikin Tidur Nyenyak

Jika Semarang selama ini dikenal karena lumpia, sebenarnya ada begitu banyak kuliner khas Semarang lainnya yang bisa kamu coba, seperti nasi gandul, soto bangkong, nasi goreng babat, hingga gudeg koyor.

Malang dan Batu

Jika dirasa destinasi di atas masih terlalu dekat dengan Jakarta dan kamu butuh petualangan lebih, coba road trip ke daerah Batu dan Malang.

Keduanya merupakan kota yang menyenangkan untuk dijelajahi secara bersamaan kala liburan ke Jawa Timur. Dari Jakarta, keduanya dapat ditempuh sekitar 10 jam berkendara.

Malang menawarkan siapa saja wisatawan yang datang untuk menikmati ritme hidup santai dan sederhana. Meski kini mulai ramai dengan kehadiran sejumlah hotel dan pertokoan, suasana tradisionalnya tetap terasa di berbagai sudut.

Baca juga: Spot Instagramable di Malang dan Batu yang Wajib Dikunjungi

Sedangkan Batu, secara resmi sejak 2001 menyandang status sebagai kota dengan pemerintahan sendiri. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer dari Malang dengan suhu rata-rata 15-19 derajat Celsius. Tak heran bila Batu kini difavoritkan untuk berlibur karena hawa udaranya yang sejuk.

Selain kondisi kesehatan tubuh, yang tidak kalah penting sebelum melakukan road trip adalah memastikan mobil dalam performa terbaik.

Lakukan pengecekan berkala di bengkel resmi, atau kamu bisa menggunakan layanan Home Service dari Seva.id. Mekanik profesional siap membantu kamu melakukan pengecekan mobil di rumah, tanpa harus pergi ke bengkel.

Tidak hanya itu, kamu juga harus tetap berhati-hati dan tetap menaati peraturan berlalu lintas. Jadi destinasi road trip mana yang akan kamu kunjungi?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.