Ini 6 Tips Sukses Berburu Flash Sale, Nomor 5 Harus Dicatat

Flash sale atau penjualan cepat ini biasanya muncul serta digelar di portal belanja online (e-commerce) pada waktu tertentu dan dengan jumlah produk terbatas.

 

Bagi yang gemar belanja online, pastinya flash sale ini sudah tidak asing dan dinantikan karena selalu menawarkan harga yang lebih murah sebagai daya tarik.

 

Namun, kenyataannya tidak seindah itu. Flash sale yang kerap diselenggerakan oleh e-commerce ini adalah ajang adu keberuntungan konsumen, karena sistemnya siapa cepat dia dapat. Tidak sedikit yang kecewa karena sudah berkali-kali mengikuti flash sale tapi tidak mendapatkan barang yang diinginkan.

 

Tenang dengan sedikit berusaha, dan keberuntungan tentyunya, bisa saja Anda mendapatkan barang impian ketika mengikuti flash sale. Berikut tips sukses belanja saat flash sale.

 

1. Tentukan barang incaran

Daripada banyak memilih barang yang jadinya akan menghabiskan waktu, Anda perlu fokus dalam menentukan barang yang akan dibeli atau menjadi incaran saat flash sale. Jadi ketika flash sale mulai, Anda langsung menuju barang tersebut, lakukan pemesanan dan bayar.

 

Jika ada barang lain yang menarik, sebaiknya prioritaskan tehadap barang yang paling ingin dibeli. Setelah sukses membeli barang yang diinginkan, Anda dapat kembali dan membeli barang tersebut.

 

Khawatirnya Anda kehabisan waktu flash sale, yang ada malah tidak dapat apa-apa. Zonk!

 

2. Koneksi Internet cepat

Hal ini mutlak sebelum Anda mengikuti flash sale. Semakin cepat dan stabil koneksi Internet, maka akan semakin cepat pula Anda untuk mengakses e-commerce yang menyelenggarakan flash sale, baik melalui website atau pun aplikasi.

 

Tentunya dengan koneksi Internet yang cepat dan stabil ini akan membantu Anda dalam menyelesaikan proses pembelian barang yang diinginkan saat flash sale.

 

3. Daftarkan diri

Ada baiknya sebelum mengikuti flash sale, Anda mendaftarkan diri dan mengisi alamat kirim barang terlebih dahulu, baik di situs atau pun aplikasi e-commerce.

 

Dengan Anda mendaftarkan diri, tentunya akan mempercepat proses pembelian hingga pembayaran barang.

 

Jadi ketika flash sale dimulai, Anda tinggal memilih barang yang diingikan dan langsung “check out” menuju pembayaran. Tidak perlu lagi mendaftarkan diri dan mengisi alamat kirim barang tersebut.

 

4. Pilih pembayaran tercepat

Setelah memilih barang yang diinginkan saat flash sale, pilih juga metode pembayaran tercepat yang bisa dilakukan dalam e-commerce penyelenggara flash sale.

 

Kalau bisa juga, pilih metode pembayaran yang secara otomatis langsung terverifikasi, misalnya melalui layanan uang elektronik yang dimiliki e-commerce, kartu kredit, atau e-banking,  sehingga Anda tidak perlu ke ATM, melakukan transfer, mengirim bukti, dan baru pembelian serta pembayaran terverifikasi.

 

5. Jadwal flash sale

Ya, ini juga penting. Agar tidak ketinggalan jadwal Anda bisa berlangganan newsletter dar e-commerce yang kerap menyelenggarakan flash sale.

 

Biasanya dengan mendaftarkan diri, otomatis Anda akan berlangganan newsletter. Tidak hanya berisi jadwal flash sale tapi juga promosi lain yang menarik.

 

Umumnya flash sale digelar saat ada produk baru yang di-launching, akhir bulan atau menjelang gajian, hari libur nasional, serta Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

 

6. Siaga lebih awal

Jika sudah tahu jadwal dan jam berapa flash sale akan digelar, sebaiknya Anda juga siaga lebih awal di e-commerce yang menyelenggarakannya.

 

Misalnya flash sale akan dimulai pukul 21:00 WIB, Anda bisa siaga lima menit sebelum dimulai dengan terus me-refresh situs atau aplikasi e-commerce.

 

Siapa tahu dengan siaga lebih awal, Anda menjadi yang tercepat dan mendapatkan barang yang diingikan saat flash sale.

 

Bagi yang belum sukses belanja saat flash sale, jangan kecewa dan putus asa. Ingat, flash sale adalah ajang adu keberuntungan, siapa cepat dia dapat!