Ingin Sehat dan Nyaman Selama Mudik? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Berkumpul bersama keluarga di kampung halaman merupakan momen yang dinantikan setiap perantau saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Karena itu, mudik menjadi budaya setiap tahunnya bagi mereka yang bekerja jauh dari kampung halaman dan jarang bertemu dengan keluarga.

 

Umumnya, semakin dekat dengan Hari Raya, ketersediaan tiket bus, kereta, ataupun pesawat juga semakin sedikit dan harganya juga akan semakin tinggi. Tidak heran jika banyak orang yang memilih mudik menggunakan mobil pribadi.

 

Selain menjadi alternatif transportasi, beberapa orang berpendapat bahwa mudik menggunakan mobil pribadi akan lebih nyaman karena biasanya di dalam mobil hanya anggota keluarga.

 

Lalu, sebagian orang juga berpendapat bahwa mudik menggunakan mobil pribadi akan lebih bebas daripada menggunakan transportasi umum, seperti bebas berhenti di mana saja jika ada spot bagus untuk berfoto, bebas beristirahat atau menginap pada saat lelah, dan lain-lain.

 

Meski begitu, mudik dengan kendaraan pribadi juga harus memperhatikan sisi kesehatan dalam berkendara sehingga perjalanan juga akan semakin nyaman dan aman. Untuk itu, simak tips mudik sehat dan mudik aman yang mungkin dapat menjadi referensi Anda ketika mudik ke kampung halaman.

 

Baca: Kenali Fitur-fitur di Mobil Agar Mudik Makin Aman dan Menyenangkan 

Kondisi mobil

Hal utama tentunya memeriksa kondisi mobil Anda terlebih dahulu. Selain mengecek kondisi mesin dan kaki-kaki mobil di bengkel, jangan lupa untuk memeriksa bagian interior mobil. Bagian interior mobil juga sangat berpengaruh bagi kesehatan dan kenyamanan berkendara.

 

Misalnya, ada bau tidak sedap yang menyengat di dalam mobil, hal tersebut pastinya akan mengganggu konsentrasi pengendara. Lalu, kebersihan kabin juga harus diperhatikan, seperti menghilangkan debu yang menempel, mencuci karpet mobil, mengganti sarung jok, dan lain-lain untuk menjaga kesehatan pengendara dan penumpang di dalam mobil terebut.

 

tips berkendaraMenjaga stamina

Sebelum berangkat mudik, pastikan stamina Anda sendang dalam kondisi prima. Jangan lupa mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi agar tetap prima sampai ke tempat tujuan, dan juga sampai kembali lagi ke kota asal.

 

Selain itu, menyetir secara terus-menerus akan membuat badan Anda lelah. Jadi, jangan memaksakan diri untuk terus menyetir. Lebih baik Anda berhenti untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat. Jika perlu, beristirahatlah di hotel atau tempat penginapan lainnya agar lebih santai dan badan Anda kembali segar.

 

Baca: 5 Pilihan Mobil Keluarga untuk Mudik yang Menyenangkan

Bawa makanan dan minuman yang cukup

Saat berkendara pada waktu mudik, sering kali Anda akan bertemu dengan kemacetan yang terjadi di jalan tol atau jalan biasa yang menjadi jalur mudik Anda. Kemacetan tersebut akan membuat perjalanan Anda memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan.

 

Kemacetan yang memakan waktu tersebut sering kali membuat Anda lapar karena sudah melewati jam makan Anda. Jadi, untuk menghindari kelaparan di dalam mobil dan dapat membuat Anda kehilangan konsentrasi, lebih baik sediakan makanan dan minuman yang cukup sehingga energi Anda akan terjaga.

 

Obat-obatan pribadi

Hal ini sering dilupakan oleh sebagian pengendara, padahal obat-obatan pribadi fungsinya sangat penting ketika Anda dalam perjalanan jauh. Apalagi jika tiba-tiba Anda merasa kurang fit ketika mengendara, obat-obatan dapat membantu Anda kembali dalam keadaan prima. Jangan lupa juga membawa vitamin yang Anda butuhkan untuk menjaga stamina diperjalanan agar selalu tetap fit saat berkendara.

 

Perhatikan kapasitas mobil

Tips mudik nyaman dan sehat yang terakhir adalah memperhatikan kapasitas mobil Anda. Sebaiknya, hindari mengangkut barang atau penumpang melebihi kapasitas mobil Anda karena hal tersebut berbahaya dan dapat mengganggu efektifitas berkendara.

 

Bukan itu saja, memasukkan barang atau penumpang melebihi kapasitas mobil akan membuat ruang di dalam kabin semakin sempit dan berpotensi membuat penumpang sesak. Apalagi jika Anda membawa anak kecil, hal tersebut akan sangat mengganggu dan juga tidak baik untuk kesehatan anak.

 

Baca juga: Saran dari Dokter Supaya Tidak Lelah Berkendara Jarak Jauh 

 

Selain tips di atas, hal terpenting lainnya adalah mengutamakan keselamatan agar tidak terjadi kelalaian dalam berlalu lintas. Patuhi juga rambu-rambu yang ada dan berkendara dengan kecepatan yang wajar. Selamat mudik dan selamat bertemu dengan keluarga!