Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ingin Nonton Video atau TV di Dalam Mobil? Ini Aturan dan Tipsnya

Sarana hiburan di dalam kendaraan saat ini memiliki peran penting. Khususnya bagi Anda yang kerap terjebak kemacetan jalanan kota Jakarta atau yang gemar melakukan perjalanan jauh atau road trip.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 Ayat 1 berisi, “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Dan pada bagian penjelasan disebutkan, “Yang dimaksud dengan “penuh konsentrasi” adalah setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di Kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan Kendaraan.

Dari pasal dan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa saat Anda mengemudi tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi atau video. Namun, Anda tetap dapat menikmati sarana hiburan di dalam mobil.

Berikut tips nonton dalam mobil yang perlu diketahui.

1. Pakai TV Tuner

Pastikan mobil Anda sudah terpasang dengan sistem head unit yang dapat terintegrasi dengan TV tuner. Alat berbentuk modul ini merupakan penangkap siaran stasiun TV dalam frekuensi UHF.

Hal ini agar Anda mendapatkan seluruh tayangan TV nasional dan daerah yang disiarkan secara reguler, serta mendapatkan gambar dengan kualitas yang jernih.

2. Tambahkan Monitor

Selain monitor pada head unit, agar tidak rebutan saat nonton dalam mobil, Anda juga wajib menambahkan beberapa monitor tambahan.

Seperti pada Toyota New Alphard, Toyota All New Vellfire, Toyota All New Innova, Toyota All New Fortuner tipe tertinggi, sudah mendapat layat TV tambahan pada baris kedua.

Sedangkan bagi Anda yang ingin lebih privat dapat memasang layar pada head rest yang menempel di bangku pengemudi dan penumpang depan.

3. Bawa Film

Jika bosan dengan tayangan TV yang itu-itu saja, Anda juga dapat membawa beberapa film kesayangan dalam format DVD.

Saat dalam perjalanan dan terjebak kemacetan, nonton film dalam mobil bersama keluarga juga bisa menghilangkan bosan anak-anak.

Sebaiknya Anda membawa DVD original agar gambar yang dihasilkan pun tetap jerih. Beberapa head unit tidak bisa memutar DVD bajakan.

4. Siapkan Makanan Ringan

Tiap tips nonton film atau tips menonton pasti selalu disebutkan, nonton film itu lebih enak sambil ngemil. Hal ini berlaku juga saat Anda nonton dalam mobil, terutama saat dalam perjalanan jauh.

Nah, tapi ingat, sambil mengudap makanan ringan, Anda juga perlu menjaga kebersihan kabin. Jangan sampai remah-remah makanan ringan yang berjatuhan di kabin mobil mengundang kecoa untuk bersarang di dalamnya.

5. Bukan pengemudi

Untungnya, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 Ayat 1 tidak berlaku jika Anda adalah penumpang yang duduk di bagian belakang.

Sebagai penumpang, Anda tetap dapat nonton dalam mobil selama perjalanan. Sedangkan, sebagai pengemudi hindari nonton dalam mobil.

Sebab hal ini sama efeknya dengan menggunakan telepon, Anda dapat kehilangan konsentrasi hingga dapat menyebabkan kecelakaan fatal yang merugikan pengguna jalan lainnya.

Ingat dalam Pasal 283 juga telah disebutkan, “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Bijaklah dalam mengemudikan kendaraan. Bukankah keselamatan berkendara adalah hal yang utama?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.