Ingin Mudik dengan Aman dan Nyaman, Coba Saran Ini Dulu

27 April 2018

 

Hari Raya Idul Fitri segera menjelang. Bagi masyarakat urban, acara mudik ke kampung halaman adalah ritual yang dilakukan untuk mengobati kangen sekaligus menjalin silaturahmi dengan keluarga.

 

Bagi Anda yang hendak mudik, berikut tips ringan yang perlu dipersiapkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

 

1. Siapkan tiket

Musim mudik otomatis tiket akan diserbu dan cepat habis, selain harganya yang akan naik hingga dua kali lipat.

 

Jika Anda berniat melakukan perjalanan dengan kendaraan umum, ada baiknya sudah menyiapkan tiket sebelumnya. Minimal tiket sudah di tangan dua bulan sebelum hari keberangkatan. Jangan lupa untuk selalu beli tiket pulang – pergi.

 

2. Barang bawaan

Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Daftar barang bawaan akan meminimalisir lupa serta ketinggalan. Buatlah daftar barang bawaan  mulai dari yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

 

3. Servis kendaraan

Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan. Pastikan kendaraan Anda siap digunakan untuk perjalanan jauh ke kampung halaman. Jangan lupa untuk lakukan servis rutin dulu di bengkel resmi.

 

Jika enggan mengantre, Anda dapat manfaatkan layanan Booking Service  kendaraan Toyota di bengkel Auto2000 via Seva,id. Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda akan mendapatkan empat liter untuk setiap pembelian satu liter Oli Astra Shell 10W30.

 

4. Pamitan dengan RT dan tetangga

Titipkan rumah dan jangan lupa juga untuk pamitan dengan Ketua RT dan tetangga. Bila perlu, Anda dapat memberikan uang tip lebih kepada satpam atau bagian keamanan setempat untuk menjaga rumah selama ditinggal mudik khususnya pada malam hari.

 

5. Cek perlengkapan kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan tersedia di bagasi. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

 

6. Jangan lupa istirahat

Selama musim mudik, banyak posko yang didirikan untuk menjadi tempat istirahat pemudik. Jika mulai lelah saat perjalanan, sebaiknya Anda memanfaatkan layanan yang ada di posko tersebut. Anda bisa istirahat atau tidur selama 2-3 jam, setelah segar baru kembali melanjutkan perjalanan. Hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

 

7. Isi kotak P3K

Minyak angin, balsem, obat luka, dan obat sakit kepala adalah beberapa yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama. Sebaiknya Anda periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat lain atau multivitamin sesuai kebutuhan.

 

8. Navigasi

Biasanya saat hendak masuk jalan bebas hambatan dibagikan peta khusus untuk mudik yang memuat sejumlah informasi, seperti pom bensin, restoran, bengkel, posko istirahat, posko darurat, dan kondisi jalan. Jika tidak memilikinya, pastikan Anda telah mengisi paket data pada smartphone untuk terus dapat mengaktifkan GPS sebagai penunjuk jalan.

 

Selain itu, navigasi juga berguna untuk memantau kepadatan arus lalu-lintas. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi untuk mencari rute lain atau menunggu waktu yang tepat untuk berangkat.

 

9. Layanan otomotif

Perusahaan otomotif baik roda dua maupun roda empat biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik di sepanjang jalur mudik. Biasanya disediakan juga nomor darurat yang bisa dihubungi jika terjadi masalah dengan kendaran, sebaiknya Anda catat nomor tersebut dan carilah informasi letak posko – posko tersebut sebelum berangkat.

 

10. Sedia smartphone

Smartphone kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan selama perjalanan mudik, baterai dan pulsa smartphone dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat smartphone Anda tidak bisa digunakan akibat habis baterai dan pulsa. Untuk antisipasi, sebaiknya bawa power bank atau charger mobil.

 

11. Kondisi tubuh

Selain kondisi kendaraan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Saat perjalanan panjang tentunya dibutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda fit dan siap 100 persen sebelum memulai perjalanan jauh.

 

Jika mengantuk, berhentilah untuk istirahat. Jika Anda mengemudi, dianjurkan agar beristirahat tiap empat hingga lima jam.

 

12. Perbekalan

Selalu siap dengan makanan dan minuman. Ada baiknya Anda juga menyiapkan playlist lagu-lagu kesayangan untuk menemani perjalanan mudik. Bawa juga uang tunai lebih, siapa tahu Anda ingin beli kudapan atau wisata kuliner di tengah jalan, sementara ATM sedang tidak dalam jangkauan.

 

Itu dia rahasia mudik aman dan nyaman. Semoga bisa diterapkan dan berguna! Mau tahu yang lainnya? Tunggu tips lain terkait mudik dari Seva.id..

Arris Riehady

SHARE