Hujan Bikin Boros BBM Mobil, Mitos atau Fakta?

Ada anggapan bahwa berkendara saat hujan bikin boros BBM mobil. Apakah hal tersebut benar? Temukan jawabannya di sini.

hujan bikin boros bbm

Nampaknya, musim hujan sudah kembali datang di Indonesia belakangan ini. Bagi yang akan berkendara saat hujan, ada sejumlah hal yang perlu diantisipasi.

Bagian eksterior mobil perlu perawatan apabila terkena air hujan, lalu kondisi ban perlu sering dicek agar aman melintas di jalanan basah. Selain itu, masalah BBM juga perlu kamu perhatikan.

Baca juga: Alasan Pentingnya Melakukan Servis 1.000 Kilometer

Beredar pendapat yang menyatakan bahwa musim hujan justru bikin boros konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Lantas, hujan bikin boros BBM mobil itu mitos atau fakta? Simak penjelasannya berikut ini.

Udara dingin bikin mesin dingin?

Bagi yang tak percaya hujan bikin boros BBM mobil mungkin beranggapan bahwa udara sejuk pada musim hujan akan membantu mendinginkan mesin sehingga tidak mudah panas.

Namun, ternyata hal tersebut hanyalah mitos. Berkendara pada saat hujan justru bikin konsumsi BBM jadi boros.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Mesin Mobil Kurang Bertenaga

Mesin mobil akan bekerja secara optimal pada suhu yang tinggi, sebab proses pembakaran dapat berjalan dengan sempurna.

Dalam suhu udara yang dingin, mesin memerlukan bahan bakar lebih banyak dan putaran mesin harus dibuat lebih tinggi agar bisa bekerja dengan baik. 

Cuaca dingin, boros bensin

Dikutip dari Kompas.com, sebuah penelitian dari Nasional Oak Ridge, Amerika Serikat menemukan bahwa berkendara di cuaca dingin membuat konsumsi bensin sepertiga lebih boros dibanding normal.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, mobil berbahan bakar konvensional 12 persen lebih boros pada suhu 7 derajat celcius dibanding pada suhu 25 derajat.

Baca juga: Etika Menyalakan Lampu Sein, Hati-hati Salah Arah

Kenapa hal ini terjadi? Udara memiliki pengaruh ke sistem pembakaran. Agar pembakaran prima, dibutuhkan kombinasi bahan bakar dan Air-Fuel Ratio (AFR) yang pas. 

AFR yang ideal adalah 14,7. Artinya, kombinasi 1 butir bensin sebanding dengan 14,7 butir udara.

Berkendara di cuaca dingin, apalagi saat musim hujan membuat mobil harus bekerja lebih keras. Permukaan jalan yang basah dan tergenang air akan mengurangi traksi ban ke jalan sehingga daya cengkeram ban menurun.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Limbung yang Berbahaya Bagi Pengemudi

Ban yang tidak mampu menyalurkan tenaga 100 persen menyebabkan adanya daya yang terbuang dan sistem kerja mesin tidak efektif yang berimbas ke borosnya BBM. 

hujan bikin boros bbm

Berbeda dengan pada saat cuaca panas, jalanan yang kering serta suhu udara yang lebih panas berpengaruh terhadap performa mesin yang lebih efisien dan mampu menghemat bahan bakar.

Selain itu, konsumsi bahan bakar juga dipengaruhi oleh kecepatan. Pada saat hujan, pengemudi cenderung berkendara dengan lebih pelan dan melakukan stop and go.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula, Tetap Hati-hati!

Hal ini membuat kecepatan kendaraan tidak bisa konstan. Padahal kecepatan yang konstan mampu membuat mesin mobil dapat bekerja dengan efisien dan tidak boros bensin karena tidak ada akselerasi dan deselerasi yang mendadak.

Jadi, hujan bikin boros BBM mobil adalah sebuah fakta. Oleh karena itu, apabila ingin berkendara pada saat hujan, cek terlebih dahulu kapasitas BBM.

Apabila indikatornya sudah mendekati huruf E, ada baiknya segera ke pom bensin atau SPBU terdekat untuk melakukan pengisian bahan bakar ya.