Honda Monkey untuk Investasi, Berapa Harganya Sekarang?

By Amalia Kartika - Agustus 18, 2021

Jika ingin menjadikan Honda Monkey untuk investasi, kira-kira berapa ya nilainya? Selengkapnya ada di artikel berikut ini.

honda monkey

PT Astra Honda Motor (AHM) baru-baru ini merilis Honda Monkey versi terbaru alias facelift. Pembaruan tersebut terdapat pada warna di bagian stripe, frame, dan pelek.

Selain itu, juga terdapat perubahan cukup signifikan di bagian mesinnya, mirip dengan yang digunakan pada Honda Super Cub C125.

Mini bike ini dilengkapi dengan mesin kapasitas 125 cc SOHC bertransmisi 5 percepatan, dan berpendingin udara. Mesinnya memiliki perbandingan kompresi 10:1 ditunjang dengan teknologi PGM-FI.

Baca juga: Cara memulai Investasi Mobil Klasik, Jangan Salah Langkah

Sementara itu, untuk fitur keamanan, Monkey menggunakan ABS satu channel yang disematkan di sistem pengereman dengan fitur Inertial Measurement Unit (IMU).

Gunanya untuk mencegah ban belakang terangkat ketika pengendara motor melakukan pengereman mendadak menggunakan rem depan.

Sejarah singkat Honda Monkey

Honda Monkey bukanlah motor “kemarin sore”, motor mungil ini sudah mengaspal sejak 1960an. Tepatnya pada 1961, Honda Monkey dikenalkan di Jepang dengan nama Monkey Z100.

Pada generasi awal, Monkey dilengkapi dengan mesin satu silinder berkapasitas 49 cc. Honda Monkey Z100 punya tampilan unik yang mampu menarik perhatian pecinta otomotif di Jepang.

Jika dilihat sekilas, motor ini tampak seperti motor mainan karena ukurannya yang mungil. Hal ini terlihat di bagian roda, jok, dan tangkinya dibuat mini.

Baca juga: Sejarah dan Jenis-jenis Vespa Matik, Ada Edisi Terbatasnya

Lalu, bagian fork depan dibuat lebih tinggi dari tangki dan sama sekali tidak ada suspensi depan belakang.

Tahun 1967, Honda Monkey Z100 berganti nama menjadi Monkey Z50 sekaligus mengubah desainnya dengan membuat bagian fork lebih sejajar dengan tangki dan jok.

Setelah itu, Monkey beberapa kali melakukan perubahan desain termasuk menambah suspensi belakang yang mulai disematkan pada Monkey Z50J.

Hingga pada 2019, Honda Monkey mengeluarkan generasi terbarunya yaitu Monkey 125 yang juga dipasarkan di Indonesia. 

Walau tampilannya tetap mempertahankan desain seperti generasi sebelumnya, Monkey 125 punya fitur yang lebih modern.

Motor klasik untuk investasi

Motor yang punya keunikan dan nilai sejarah seperti Honda Monkey memang menarik untuk dijadikan sebagai koleksi.

Terutama bagi pecinta otomotif yang hobi mengoleksi motor klasik.

Tidak hanya sekadar menjadi koleksi, motor imut yang sudah ada sejak 60 tahun lalu ini bisa menjadi investasi yang menguntungkan, lho.

Baca juga: 4 Faktor yang Dipertimbangkan Investor dalam Berinvestasi

Sebuah motor dapat dipertimbangkan untuk jadi investasi apabila memenuhi sejumlah kriteria. Pertama, motor tersebut memiliki model asli bawaan dari pabrik dengan desain yang unik.

Motor yang sudah dimodifikasi atau custom belum tentu mudah untuk dijual kembali karena berkaitan dengan selera atau preferensi orang.

Kedua, motor tersebut punya nilai sejarah atau telah diproduksi sejak lama.

Ketiga, motor edisi spesial atau limited edition sudah pasti layak diinvestasi karena memiliki nilai khusus yang tidak dimiliki motor lain.

Baca juga: 5 Koleksi Anak 90an yang Sekarang Bisa Jadi Investasi

Terakhir, motor adalah Completely Built Up (CBU) atau yang didatangkan dari luar negeri. Biasanya, motor CBU punya harga jual yang cukup tinggi karena ada biaya bea cukai.

Dari keempat kriteria tersebut, bisa dikatakan Monkey hampir memenuhi semuanya dan layak untuk dijadikan investasi.

Harga Honda Monkey

Nah, apabila Honda Monkey dijadikan sebagai investasi, berapa harganya sekarang ya?

Tahun 2019, ketika baru masuk ke pasar Indonesia, mini bike tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 65 juta.

Sekarang, dengan kehadiran Monkey 125 edisi facelift, harga jual OTR (On The Road) DKI Jakarta adalah Rp 79.345.000. Angka ini nyaris menyentuh Rp 80 juta.

Dengan harganya yang fantastis, apakah kamu tertarik menjadikan Honda Monkey sebagai investasi?

Apapun motor klasik yang akan diinvestasikan, pastikan untuk merawat kondisinya dengan baik ya.

Berita Terkait

Author