Search Cars

Travel & Lifestyle

Pilihan Hidangan Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

Beda daerah, beda juga hidangan berbuka puasanya. Berikut, hidangan berbuka puasa khas berbagai daerah di Indonesia.

Indonesia memiliki 34 provinsi, ada banyak tata cara dan budaya berbuka puasa. Begitu pula dengan hidangannya. Beda daerah, beda juga hidangan berbuka puasanya.

 

Umumnya hidangan berbuka puasa khas Indonesia, khususnya Jakarta, didominasi dengan gorengan, kurma, sop buah, biji salak, es kelapa, bihun atau mi goreng, lontong, sambal kacang, dan kolak.

 

Bahkan ada juga hidangan yang hanya dapat ditemui ketika berbuka puasa di bulan Ramadan. Berikut, hidangan berbuka puasa khas Indonesia dari berbagai daerah.

Es pisang ijo dan es palu butung

Keduanya merupakan hidangan berbuka puasa khas daerah Sulawesi Selatan.

 

Es pisang ijo, sebagaimana yang telah diketahui bersama, hidangan ini sungguh menyegarkan, apalagi disantap saat berbuka puasa.  Bahan utamanya adalah pisang raja yang dibalut dengan dadar yang terbuat dari tepung beras dan tepung terigu yang diberi pewarna hijau. Lalu diberi sirup dan vla. Segar bukan?

 

Sementara es palu butung ini paduan dari pisang kepok yang telah dikukus, dipotong, dan bubur tepung beras. Es ini semakin segar karena disajikan dengan sirup berwarna merah.

Bubur kampiun

Bubur kampiun adalah bubur khas dari Sumatera Barat. Hidangan ini kerap disebut dengan bubur campur dan sering hadir menjadi menu berbuka puasa di bulan Ramadan.

 

Bubur bercita rasa manis dan hangat ini umumnya berisi campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang atau ubi, bubur kacang hijau atau kacang padi, dan bubur conde atau candil.

 

Berbuka dengan hidangan yang satu ini dijamin langsung kenyang!

 

Sate susu

Meski dikenal sebagai daerah yang mayoritas warganya beragama Hindu, Bali pun memiliki hidangan berbuka puasa yang khas.

 

Seperti namanya, sate ini terbuat dari kulit payudara sapi yang dipercaya berkhasiat untuk menambah stamina. Kulit tersebut kemudian dipotong kecil-kecil, lalu dilumuri bumbu kemudian dibakar.

 

Bumbunya sendiri ada dua macam, yakni bumbu khas Bali atau diberi bumbu kuning seperti Sate Padang. Untuk menambah kenikmatannya, sate susu akan dihidangkan bersama sambal plecing khas Bali.

 

Mi glosor

Mi glosor ini sebenarnya berasal dari Sukabumi yang kemudian menjadi terkenal dan digemari oleh masyarakat Bogor.

 

Glosor dianggap memiliki arti mengalir untuk menggambarkan betapa mudahnya mie tersebut ketika dimakan, mudah dikunyah, mengalir lancar dari mulut menuju tenggorokan dan ke lambung. Ya, mi glosor ini lebih licin daripada mi biasanya.

 

Mi glosor terbuat dari mi kuning yang dimasak bersama kol yang dipotong kecil-kecil. Biasanya disajikan dengan sambal kacang bersama gorengan seperti bakwan atau tempe.

 

Kicak

Hidangan berbuka puasa selanjutnya adalah kicak yang berasal dari Yogyakarta. Sekedar informasi, hidangan ini hanya ada dan mudah ditemui saat bulan Ramadan saja.

 

Penjualnya dapat ditemui di sekitar Kauman. Kicak terbuat dari perpaduan rasa, antara ketan, kelapa muda dan nangka muda. Rasanya sendiri perpaduan manis dam gurih dengan aroma khas.

 

Tidak heran jika warga Yogyakarta banyak memilih kicak sebagai hidangan berbuka puasa.

Asida

Sama seperti kicak, asida pun didaulat sebagai hidangan yang muncul di bulan Ramadan saja untuk berbuka puasa.

 

Asida sebetulnya berasal dari Arab. Namun, bagi warga Ambon, hidangan yang satu ini sudah tidak asing lagi di lidah mereka.

 

Penampakan dan rasa asida mirip dodol dengan aroma kayu manis. Bedanya asida terbuat dari tepung ketan, melainkan tepung terigu.

 

Di bagian atasnya, asida dilumuri dengan mentega cair yang rasanya gurih. Perpaduan antara manis dan gurih inilah yang membuat asida menjadi hidangan unik untuk berbuka puasa.

 

Ketan bintul

Berbeda dengan hidangan berbuka puasa khas dari berbagai daerah yang umumnya bercita rasa manis, ketan bintul ini benar-bener gurih.

 

Berasal dari Banten, makanan yang menurut sejarahnya favorit sultan ini hanya muncul selama bulan Ramadan.

 

Ketan Bintul dibuat dengan cara beras ketan dikukus bersama santan dan garam. Setelah matang, ketan dipotong berbentuk persegi dan diberi alas daun pisang.

 

Untuk menyantapnya saat berbuka puasa, ketan bintul ditambahkan bubuk serundeng yang terbuat dari parutan kelapa. Rasa ketan bintul perpaduan antara gurih bahkan pedas.

 

Jongkong

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Hidangan berbuka puasa khas ini memiliki tiga warna, yaitu putih pada bagian atas, hijau pada bagian tengah, dan coklat pada bagian bawah.

 

Jongkong juga memiliki perpaduan rasa berbagai bahan seperti kelapa muda, garam, dan gula merah. Jongkong pun memiliki banyak variasi seperti, bubur sum-sum, jongkong lapis, dan jongkong ketan hitam.

 

Kondisi perut yang kosong karena berpuasa sehari penuh akan sulit mencerna makanan yang terlalu padat, sehingga jongkong cocok menjadi hidangan berbuka puasa karena teksturnya yang lembut.

 

Bongko kopyor

Hidangan berbuka puasa khas dari daerah Gresik, Jawa Timur ini hanya bercita rasa manis.

 

Bongko kopyor hanya biasa ditemui di bulan Ramadan dengan dibalut daut pisang. Isinya potongan roti tawar, serutan kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara, dan siraman santan yang dikukus. Tampilannya sepintas mirip dengan bubur sumsum.

 

Tak hanya lezat, bongko kopyor juga cukup mengenyangkan dan mampu memulihkan energi yang hilang selama berpuasa.

Sebetulnya, dengan kekayaan yang dimiliki masih banyak hidangan berbuka puasa khas dari berbagai daerah. Kalau di daerah Anda, apa hidangan yang menjadi favorit untuk berbuka puasa?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.