Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Dirumorkan akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat, ini hasil uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dari Japan NCAP.

uji tabrak toyota raize

Belakangan, media sosial ramai dibincangkan sebuah mobil yang diduga sebagai penampakan small Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru dari Toyota dan Daihatsu.

Meski belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), sejumlah warganet yakin kalau mobil kamuflase tersebut adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Melirik dari negara asalnya, Jepang, Toyota Raize diproduksi oleh Daihatsu yang juga memproduksi Daihatsu Rocky di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

DNGA mengedepankan kenyamanan berkendara dengan kendaraan yang ringan namun tetap rigid. Kenyamanan tersebut didapat berkat penggunaan suspensi belakang torsion beam.

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Meluncur Tahun Ini?

Oleh karena berdiri di atas platform yang sama, fitur keamanan keduanya juga mirip.

Toyota Raize dibekali fitur keamanan seperti Adaptive Cruise Control with All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function dan Crash Avoidance Braking Function, serta Start Prevention Function.

Lalu, pada Daihatsu Rocky ada Next-Generation Smart Assist, Blind Sport Monitor (BSM), hingga Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Lantas bagaimana hasil uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?

uji tabrak daihatsu rocky

Hasil uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Dalam uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang dilakukan oleh Japan New Car Assessment Program (NCAP) pada tahun 2020 lalu, keduanya memperoleh hasil yang memuaskan dengan mengantongi bintang lima.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Daihatsu Rocky Terbaru, Berminat?

Sebagai informasi, Daihatsu Rocky merupakan kendaraan Daihatsu kedua yang mendapat bintang lima, sebelumnya sudah diraih oleh Daihatsu Boom di Jepang.

Keduanya meraih total 85,7 poin dari 100. Bahkan, dalam uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky depan frontal berhasil meraih nilai tertinggi 12 poin dari 12.

Selain tabrak depan, uji tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini meliputi pengujian tabrak dari depan pengemudi, depan penumpang, tabrak samping, menabrak pejalan kaki, hingga fitur.

Toyota Raize

Lalu untuk uji fitur pengereman darurat keduanya juga memperoleh poin tertinggi, yakni 31,7 poin dari 32.

Sementara uji fitur keselamatan Lane Departure Prevention baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sama-sama mengantongi 16 poin dari 16.

Hasil sempurna lainnya diraih dari uji fitur Rear View Monitoring System dan Pedal Misapplication Prevention.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova

Khusus kinerja keselamatan preventif Toyota Raize, dari pengujiannya seperti pada fitur Lane Departure Prevention System, Rear-View Monitoring System, High-Performance Headlights, dan Pedal Misapplication Prevention Mendapatkan total  73,6 poin dari 141.

Daihatsu Rocky

Mesin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menggendong mesin berkapasitas 1.000 cc tiga silinder segaris dengan turbo bertransmisi D-CVT. Tersedia dalam pilihan penggerak dua roda atau 2WD serta 4WD.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross, Bintang 5 ASEAN NCAP

Mesin yang digunakan berkode 1KR-VET, dan jadi mesin pertama yang diaplikasikan pada mobil Toyota. Tenaga yang dihasilkan mencapai 97 daya kuda dengan torsi 140 Nm.

Mesin ini diklaim memiliki performa setara dengan mobil bermesin normally aspirated berkapasitas 1.500 cc, namun lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Tercatat, untuk 2WD konsumsi bahan bakar minyaknya mencapai 18,6 kilometer per liter, sementara 4WD mendapai 17,4 kilometer per liter.

Baca juga: Mengenal NCAP, Standar Keselamatan Mobil Masa Kini

Bagaimana menurut kamu, apakah tertarik untuk memilikinya bila kedua small SUV ini hadir di Indonesia?