Search Cars

Otomotif

GIIAS 2020 Batal, Gaikindo Jakarta Auto Week Jadi Penggantinya

Resmi, GIIAS 2020 batal digelar. Namun, Gaikindo Jakarta Auto Week dinobatkan sebagai penggantinya. Apa bedanya?

Gaikindo Jakarta Auto Week

Siapa yang tak mengenal pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)? Tak sedikit yang menantikan pameran otomotif yang diadakan setiap tahun ini.

Namun berbeda dengan tahun ini, GIIAS 2020 batal digelar akibat pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Selain itu, waktu persiapan yang semakin singkat juga menjadi pertimbangan. Sebab, GIIAS adalah pameran otomotif berskala internasional dengan dukungan dari Organisasi Internasional Perusahaan Manufaktur (OICA).

Kemudian, GIIAS juga mencakup penyelenggaraan konferensi internasional yakni Gaikindo International Automotive Conference (GIAC), serta kehadiran kendaraan konsep dan peluncuran berbagai produk terbaru dari para peserta.

Oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, Gaikindo mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020. 

Baca juga: Jangan Ajak Keluarga ke Pameran Otomotif Sebelum Baca Tips Ini

Sebelumnya, GIIAS 2020 diagendakan akan berlangsung pada 22 Oktober hingga 1 November 2020 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Walaupun GIIAS 2020 batal digelar, Gaikindo tetap akan menyelenggarakan pameran otomotif dengan konsep baru yang bertajuk Gaikindo Jakarta Auto Week. 

Gaikindo Jakarta Auto Week adalah sebuah pameran yang akan menciptakan potensi penjualan mobil secara masif dan juga dapat menjadi ajang memperkenalkan produk baru. 

Apa bedanya GIIAS 2020 dengan Gaikindo Jakarta Auto Week?

Pameran tersebut akan berlangsung selama sembilan hari, pada 21  hingga 29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), tentunya dengan skala yang lebih kecil dibanding GIIAS.

Berbeda dengan GIIAS yang merupakan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif, pelaksanaan Gaikindo Jakarta Auto Week ditujukan untuk mendongkrak penjualan mobil, baik existing product atau produk baru yang diluncurkan pada pelaksanaan Gaikindo Jakarta Auto Week. 

Penyegaran ini bertujuan agar target penjualan mobil di 2020 sebesar 600.000 unit dapat tercapai. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memulihkan ekonomi negara, serta dengan arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian.

Baca juga:  6 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum ke Pameran Otomotif

Venue Gaikindo Jakarta Auto Week nantinya akan menggunakan keseluruhan area JCC, sebesar lebih kurang 30 ribu meter persegi. Besaran pameran ini dinilai lebih proporsional untuk dilaksanakan sekarang ini.

Selama sembilan hari pameran diharapkan dapat menarik 250 ribu pengunjung. Hal ini tentu disesuaikan dengan pembatasan sosial dan protokol kesehatan yang mencakup pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu.

Meski dilaksanakan dengan peraturan yang berlaku, bukan berarti akan memberikan hasil yang minimal, malah pameran ini diharapkan dapat menyumbangkan hasil yang maksimal bagi pemulihan pencapaian industri.

Baca juga: Biar Luwes Ngobrol dengan Sales di Pameran Otomotif, Baca Ini Dulu

Gaikindo berharap bahwa dengan pemilihan waktu di akhir tahun serta lokasi venue Gaikindo Jakarta Auto Week yang berada di tengah kota, akan menjadi dorongan positif bagi industri otomotif untuk tampil maksimal, dan tentunya juga akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung.

Gaikindo sudah merencanakan berbagai program untuk mendongkrak penjualan dan menarik pengunjung untuk melakukan transaksi selama pameran nanti, mulai dari cashback, promo bundling, hingga live auction.

GIIAS 2019

Toyota hadir di Gaikindo Jakarta Auto Week

Hingga saat ini, pabrikan otomotif ternama dunia, yaitu Toyota, dipastikan akan ikut serta dalam Gaikindo Jakarta Auto Week.

Toyota memiliki sejumlah model unggulan terbaru untuk diluncurkan di sisa akhir tahun ini. Satu model yang kemungkinan besar akan meluncur di Gaikindo Jakarta Auto Week adalah Toyota Fortuner facelift

Kemudian ada juga Suzuki Indonesia yang ikut meramaikan Gaikindo Jakarta Auto Week. Namun, Suzuki masih akan mendiskusikan terlebih dahulu perihal peluncuran model baru.

Kabarnya, Suzuki masih memiliki satu model baru yang akan diluncurkan. Model baru ini akan mengisi segmen mobil entry level.

Sementara itu Gaikindo akan kembali merencanakan penyelenggaraan GIIAS The Series pada 2021 mendatang.

Jadi, GIIAS 2020 batal digelar dan digantikan dengan Gaikindo Jakarta Auto Week di JCC Senayan.

Buat kamu yang berencana ingin datang ke Gaikindo Jakarta Auto Week, jangan lupa selalu patuhi segala protokol kesehatan yang diterapkan nantinya ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.