Generasi Toyota Corona dan Sejarahnya di Dunia (Part 2)

Usai membahas lima generasi Toyota Corona di awal kemunculannya, yuk simak kelanjutan perjalanan sedan ini. Apa saja?

generasi Toyota Corona

Pada part 1 sudah dibahas lima generasi Toyota Corona, buat yang ketinggalan langsung saja baca Generasi Toyota Corona dan Sejarahnya di Dunia (Part 1).

Hadirnya beberapa generasi Toyota Corona di dalam negeri memberi pilihan lain di samping Toyota Corolla, yakni sedan empat pintu yang lebih besar dan nyaman, serta menyasar kalangan menengah atas kala itu.

Ya, seperti diketahui, generasi Toyota Corona yang mengaspal di Indonesia sejak tahun 1970. Toyota Corona generasi empat dikenalkan pada Februari 1970 dan dirakit di dalam negeri oleh TAM di kawasan Tanjung Priok.

Baca juga: Sejarah Toyota Camry, Mobil Wajib Pejabat Negara

Sedan ini sukses mengaspal di tanah air hingga generasi ke sembilan atau dikenal dengan Toyota Corona Absolute yang terkenal dengan kenyamanan dan fiturnya yang melampaui zaman.

Nah bagaimana kelanjutan generasi Toyota Corona hingga usai masa baktinya?

generasi Toyota Corona

Di dunia, sebenarnya ada generasi kesebelas Toyota Corona yang dibuat khusus untuk pasar Eropa dengan nama Toyota Avensis pada 1997-2003.

Baca juga: Toyota 2000GT, Mobil JDM Legendaris yang Banyak Diburu

Sementara di Indonesia, meski cukup lama beredar, produksi sejarah Toyota Corona harus berhenti pada tahun 1998 di Indonesia. Untuk menggantikannya, TAM menghadirkan Toyota Camry sebagai sedan mewah.

Untuk menggantikan celah yang ditinggalkan Toyota Corona, saat ini telah diisi oleh Toyota Corolla, sementara di atasnya ada Toyota Camry. Keduanya pun terus berevolusi memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga hadir varian dengan mesin hybrid.

Di pasar mobil bekas, harga Toyota Corona bervariasi dan masih diburu penggemar mobil klasik. Harga termahal merupakan jenis wagon yang memang populasinya sangat langka di Indonesia.

Baca juga: Legenda Mobil Sport Era 90an, Toyota Celica dan Toyota Supra

Dari seluruh generasi Toyota Corona yang pernah mengaspal di Indonesia, mana yang ingin atau pernah kamu miliki?

Ditulis oleh Shatya Agung Wicaksana