Generasi Toyota Corona dan Sejarahnya di Dunia (Part 1)

Nama Corona pasti sudah tidak asing lagi di telinga pecinta otomotif. Untuk itu, yuk bernostalgia dengan generasi Toyota Corona.

generasi Toyota Corona

Sebelum lahir Toyota Camry dan Toyota Corolla, beberapa generasi Toyota Corona adalah mobil mewah kelas menengah produksi produsen otomotif asal Jepang. Nama Corona diambil dari bahasa latin yang berarti mahkota.

Sementara untuk pasar ekspor khususnya Eropa, Toyota Corona lebih dikenal dengan nama Toyota Carina. Toyota Corona dibawa oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada periode 1970an, hampir bersamaan dengan Toyota Corolla.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Sedan ini sukses mengaspal di tanah air hingga generasi ke sembilan atau dikenal dengan Toyota Corona Absolute yang terkenal dengan kenyamanan dan fiturnya yang melampaui zaman.

Pada part 1 ini akan dibasas generasi Toyota Corona dari pertama hingga kelima. Seperti apa?

generasi Toyota Corona

Sayangnya, meski cukup lama beredar, produksi sejarah Toyota Corona harus berhenti pada tahun 1998 di Indonesia. Untuk menggantikannya, TAM menghadirkan Toyota Camry sebagai sedan mewah.

Baca juga: Lebih Dekat Mengenal Toyota Supra dari Generasi ke Generasi

Ya, di Indonesia, untuk menggantikan Toyota Corona saat ini telah diisi oleh Toyota Corolla, sementara di atasnya ada Toyota Camry. Kedua terus berevolusi memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga hadir varian dengan mesin hybrid.

Sebenarnya ada generasi kesepuluh yang disebut Toyota Corolla Premio dengan masa bakti 1996-2001 dan generasi kesebelas yang dibuat khusus untuk pasar Eropa dengan nama Toyota Avensis pada 1997-2003.

Di pasar mobil bekas, harga Toyota Corona bervariasi dan masih diburu penggemar mobil klasik. Harga termahal merupakan jenis wagon yang memang populasinya sangat langka di Indonesia.

Baca juga: Sejarah Toyota Starlet hingga Berevolusi Menjadi Toyota Yaris

Bagaimana kelanjutan generasi Toyota Corona? Kamu bisa baca di Generasi Toyota Corona dan Sejarahnya di Dunia (Part 2).

Dari 5 generasi Toyota Corona di awal ini, mana yang jadi favoritmu?

Ditulis oleh Shatya Agung Wicaksana