Search Cars

Otomotif

Gen X Baca Tips Mengelola Keuangan Ini Supaya Masa Tua Tenang

Generation X (Gen X) merupakan generasi yang lahir di era 1980-an. Generasi ini terbilang lebih tangguh dan mandiri dibandingkan dengan millenials.

 

Sebagian besar dari Gen X memiliki kencenderungan menabung untuk masa depan mereka. Namun, bagaimana untuk cara mengatur keuangan, baik cara mengatur keuangan pribadi maupun cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak salah dalam mengolah dana yang dimiliki?

 

Untuk itu, simak 5 tips mengelola keuangan bagi Gen X berikut yang mungkin dapat menjadi referensi Anda dalam mempersiapkan dana di masa depan.

 

Mengetahui jumlah kekayaan pribadi

Langkah pertama adalah mengetahui jumlah kekayaan pribadi Anda. Jumlah tersebut dapat Anda hitung dari neraca keuangan pribadi Anda, yaitu dengan menjumlahkan total aset yang dimiliki lalu dikurangi dengan hutang yang masih tersisa.

 

Bagi Gen X, menghitung jumlah aset yang dimiliki sangat wajar, karena dengan menghitung jumlah kekayaan bersih yang dimiliki, Anda dapat melihat mana aset Anda yang paling potensial dan memiliki return positif.

 

Jangan lupa juga untuk selalu mencatat berapa penghasilan dan pengeluaran Anda. Hal ini mungkin terlihat mudah, tetapi lumayan sulit untuk dilakukan karena biasanya ada banyak pengeluaran tak terduga yang dikeluarkan secara tiba-tiba sehingga luput dari perhitungan bulanan.

 

Membangun cadangan keuangan

Setelah mengetahui jumlah kekayaan pribadi, Anda akan mudah untuk mengalokasikan uang Anda. Membangun cadangan keuangan misalnya. Banyak cara untuk melakukannya, salah satunya adalah berinvestasi.

 

Biasanya, para Gen X sudah memiliki investasi jangka panjang ketika masih berumur di bawah 35 tahun. Untuk itu, jika ingin membangun cadangan keuangan lainnya, lebih baik Anda mengambil investasi jangka pendek, seperti deposito, forex trading, saham, dan investasi lainnya.

 

Membeli aset

Membeli suatu aset juga dapat menjadi langkah Anda selanjutnya sebagai strategi dalam mengelola keuangan. Ada baiknya untuk membeli aset properti, seperti apartemen, rumah, ruko, kios, dan lain-lain. Memiliki aset properti saat ini sangat menguntungkan mengingat nilainya yang tidak pernah turun.

 

Selain itu, kebutuhan akan hunian yang terus meningkat dengan semakin terbatasnya lahan membuat properti semakin diminati dan dicari banyak orang. Sehingga, memiliki aset di sektor properti merupakan suatu yang menjanjikan.

 

Mempersiapkan masa pensiun

Ini merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh Gen X. Selain membangun cadangan keuangan dan membeli aset, Anda juga harus mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi masa pensiun nanti.

 

Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengikuti asuransi untuk memperkecil resiko atau kerusakan suatu benda, seperti mobil, rumah, dan lain-lain. Anda juga dapat melakukan perlindungan jiwa dari asuransi. Dengan mengikuti asuransi, masa pensiun Anda akan lebih terjamin.

 

mengatur keuangan keluargaLunasi hutang atau cicilan

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah segeralah melunasi hutang atau cicilan yang saat ini masih menjadi tanggungan Anda. Hutang yang menumpuk akan menjadi bencana besar pada Anda suatu saat nanti.

 

Selain itu, hutang akan membuat pendapatan bulanan Anda terus berkurang karena masih harus menyicil sisa hutang tersebut. Jika tidak ingin hal itu terjadi terlalu lama, lebih baik segera lunasi hutang yang masih dimiliki agar Anda menjadi lebih tenang.

 

Untuk menjalani hal di atas, tentunya Anda harus memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi nantinya. Adanya perencanaan keuangan juga dapat mengatur diri sendiri untuk selalu bertindak sesuai dengan perencanaan tersebut.

 

Semoga Anda selalu dapat mengelola keuangan dengan baik sehingga semua yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.