Ganjil Genap Tempat Wisata Mulai Berlaku, Catat Daerahnya

By Amalia Kartika - September 22, 2021

Ganjil genap tempat wisata mulai diberlakukan di Jakarta dan sejumlah daerah. Di mana saja? Selengkapnya ada di artikel ini.

ganjil genap tempat wisata

Sehubungan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperpanjang, aturan ganjil genap tempat wisata akan diberlakukan di beberapa wilayah.

Tidak hanya di ibukota, penerapan ganjil genap tempat wisata akan berlaku di beberapa daerah Jawa dan Bali. Bogor misalnya, yang sudah menerapkan aturan ganjil genap di kawasan Puncak.

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 2-4 selama 14 hari mulai 20 September hingga 4 Oktober 2021.

Nah, di daerah mana saja aturan ganjil genap akan diberlakukan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Perluasan ganjil genap di Jakarta

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menerapkan aturan ganjil genap di tiga ruas jalan di Jakarta hingga 20 September 2021 dan telah diperpanjang.

Aturan itu berlaku di Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, dan HR Rasuna Said setiap hari, mulai dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

Baca juga: Etika Menyalakan Lampu Sein, Hati-hati Salah Arah

Bagi yang melakukan pelanggaran, akan mendapat sanksi berupa pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 287 ayat 1.

Polda Metro Jaya juga telah memperluas ganjil genap di tempat wisata di Jakarta mulai 17 September 2021. Ganjil genap di tempat wisata berlaku di Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang sudah diizinkan beroperasi selama PPKM.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Bernuansa Alam Bebas

Lokasi persisnya ada di Gerbang Barat dan Timur Taman Impian Jaya Ancol, serta di Pintu I kawasan TMII.

Penerapan ganjil genap di kedua tempat wisata tersebut hanya diberlakukan setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pengendara dengan pelat nomor yang tidak sesuai dilarang masuk dan harus putar balik.

Ganjil genap tempat wisata di sejumlah daerah

Sementara itu, di kawasan Puncak, Bogor, yang kerap menjadi destinasi wisata akhir pekan, sudah dilakukan tiga kali uji coba ganjil genap sejak awal September 2021 dan resmi dipermanenkan.

Ganjil genap di kawasan Puncak dilakukan setiap Jumat mulai pukul 14.00 WIB sampai Minggu.

Pada uji coba ketiga, Polres Bogor menerapkan metode baru untuk ganjil genap di Puncak dengan membagi tiga rute kendaraan dari arah Tol Jagorawi.

Baca juga: Tips Parkir Mobil Matik di Tanjakan atau Bidang Miring

Tiga rute tersebut adalah Pintu Tol Sentul Selatan dengan akses Jalan Bukit Pelangi, Pintu Tol Summarecon dengan akses Jalan Cibanon, serta Pintu Tol Ciawi dengan akses Jalan Gadog.

Kepolisian memasang papan pemberitahuan di tiga pintu tol tersebut dengan tujuan agar masyarakat yang menuju ke Puncak tidak terkonsentrasi di Jalan Gadog.

Di Bali, aturan ganjil genap di Daerah Tujuan Wisata (DTW) akan diberlakukan mulai 25 September 2021. Ganjil genap berlaku di Pantai Sanur, Kota Denpasar, dan Pantai Kuta.

Baca juga: Cara Mendorong Mobil bila Akinya Mati Tiba-tiba di Jalan

Aturan ganjil genap hanya berlaku untuk kendaraan dengan pelat berlatar belakang hitam tulisan putih dan akan diterapkan setiap Sabtu, Minggu, hari libur nasional, dan hari libur fakultatif.

Berita Terkait

Author