Fungsi Spoiler Mobil, Tidak Hanya untuk Tampilan!

Memasangnya membuat tampilan lebih sporty, selain itu masih banyak loh fungsi spoiler mobil. Apa saja sih?

fungsi spoiler mobil

Tidak sedikit pemilik yang mengira fungsi spoiler mobil hanya untuk meningkatkan tampilan. Bukan tanpa alasan, ketika pasang spoiler di mobil, maka secara instan mobil terlihat lebih sporty.

Namun, sebenarnya keberadaan spoiler bukan hanya untuk mendobrak tampilan mobil saja, melainkan juga performa mobil itu sendiri.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Sebelum Liburan

Banyak pemilik mobil yang saat ini belum benar-benar memahami fungsi dari komponen-komponen yang ada pada mobil, salah satunya adalah spoiler.

Komponen yang satu ini sering ditemukan menempel pada mobil-mobil berjenis sedan, hatchback, atau bahkan minibus. Spoiler adalah salah satu komponen eksternal mobil yang dapat mempengaruhi aerodinamika.

Baca juga: Mengoplos BBM RON 92 dan RON 95, Bahayakah untuk Kendaraan?

Fungsi spoiler mobil adalah untuk menambah downforce atau mengurangi daya angkat yang timbul saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Lalu, apa sebenarnya fungsi spoiler mobil?

fungsi spoiler mobil

Bagaimana, setelah tahu banyak fungsi spoiler mobil, kamu tertarik untuk memasangnya? Sebagai referensi, berikut beberapa jenis spoiler yang perlu kamu ketahui.

Pertama ada pedestal spoiler yang jadi jenis spoiler yang paling umum digunakan. Lalu ada front spoiler yang memiliki fungsi khusus dalam penggunaannya, yaitu untuk mengurangi hambatan yang dapat ditimbulkan oleh rear spoiler.

Baca juga: Fitur Baru Daihatsu Terios 2021 yang Bikin Betah Berkendara

Selanjutnya lip spoiler yang sejatinya tidak memiliki fungsi khusus yang berkaitan dengan hal keamanan. Pemasangannya hanya untuk menambah estetika mobil saja.

Terakhir, wing spoiler. Jenis spoiler ini biasanya pada mobil-mobil balap atau berperforma tinggi yang fungsinya untuk menambah downforce.

Pemasangan spoiler mobil berbeda-beda tergantung jenis mobilnya, sehingga tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilakukan dengan benar.

Baca juga: Duet 2 MPV Premium Terbaru 2021, Berserakan Fitur Canggih!

Pemasangan spoiler yang tepat ini juga bertujuan agar komponen tersebut tidak lepas saat mobil melaju dengan cepat. Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang dapat merugikan pengguna jalan lain.

fungsi spoiler mobil

Selain itu, dalam hal pemasangan harus ada keseimbangan antara bagian depan dan sampingnya juga.

Sebab, apabila dipasang di satu titik, hal tersebut berakibat mobil akan melaju dengan arah tak menentu saat dalam kecepatan tinggi. Akhirnya, spoiler ini juga harus dibarengi dengan pemasangan bodykit di bagian bawah panel pintu sisi kanan dan kiri, serta bagian bumper.

Baca juga: Fitur Toyota Avanza Terbaru untuk Masyarakat Indonesia

Oleh karenanya, akan lebih baik dilakukan di bengkel atau tempat pemasangan yang resmi dan terpercaya, sehingga risiko kesalahan pemasangan spoiler bisa dihindari. Jadi, mau mobil tampil keren, harus tetap safety ya!