Fungsi Hand Grip pada Interior Mobil yang Wajib Diketahui

Fungsi hand grip pada mobil sebenarnya buat apa sih selain untuk gantung pakaian? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

fungsi hand grip

Setiap interior mobil dilengkapi dengan beberapa komponen yang berguna untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara.

Beberapa komponen ini letaknya tidak begitu terlihat sehingga pengendara belum tentu menyadari keberadaannya.

Salah satunya adalah hand grip atau pegangan tangan yang letaknya ada di atas pintu mobil. Mungkin tidak banyak yang sering menggunakan hand grip tersebut.

Baca juga: Ciri Fan Belt Rusak dan Cara Merawatnya Agar Tidak Putus

Umumnya, hand grip dimanfaatkan sebagai tempat untuk menggantung pakaian seperti kemeja, jas, atau kebaya. Kerap kali hal ini dilakukan pengendara wanita.

Namun, sebenarnya apa sih fungsi hand grip pada interior mobil? Berikut penjelasannya.

fungsi hand grip

Menjaga posisi duduk

Fungsi hand grip yang pertama adalah untuk menjaga agar posisi tubuh dari gaya sentrifugal saat berkendara. Dengan berpegangan ke hand grip, kamu bisa membantu menahan posisi duduk agar tidak bergeser.

Hand grip ini penting ketika mobil melewati jalanan rusak yang membuat mobil berguncang dan pengendara di dalamnya ikut terguncang. 

Baca juga: Alasan 17 Tahun Jadi Usia Minimal Syarat Bikin SIM

Selain itu, hand grip juga dapat digunakan saat kondisi jalan menurun. Berpegangan pada hand grip membantumu agar tetap duduk tegak di kursi.

Meski pengendara dapat berpegangan pada hand grip di situasi tersebut, kamu tetap wajib mengenakan seat belt atau sabuk pengaman untuk memastikan keselamatan pengendara.

Penggunaan hand grip ini tidak disarankan bagi pengemudi karena kedua tangan harus selalu memegang setir kemudi.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jamur di Mobil Tanpa ke Salon

Tetapi, penggunaan hand grip memiliki risiko ketika terjadi kecelakaan. Ketika tangan refleks menumpu pada hand grip begitu tabrakan atau benturan terjadi, ada kemungkinan tangan akan cedera.

Maka, sebaiknya gunakan hand grip hanya pada saat mobil sedang melintas di jalanan rusak dan saat melewati turunan. Bukan untuk digunakan secara terus menerus.

Mempermudah keluar masuk mobil

Tak hanya berfungsi menahan posisi tubuh agar tetap pada tempat duduk, hand grip juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk keluar masuk mobil. 

Hand grip akan terpakai ketika kamu menaiki kendaraan yang tinggi seperti Toyota Fortuner atau Toyota Alphard agar bisa masuk lebih mudah.

Pada saat turun dari mobil, hand grip juga dapat kamu pegang untuk membantu tubuh tetap stabil sehingga kamu dapat turun dari mobil yang tinggi tanpa terjatuh. 

fungsi hand grip

Tidak semua punya hand grip

Keberadaan hand grip biasanya lebih banyak disematkan di mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) dan SUV (Sport Utility Vehicle). Di beberapa city car, hand grip tidak disematkan di dalam interiornya.

Penempatan hand grip sendiri mempertimbangkan jenis mobil dan sudah diatur berdasarkan posisi duduk, diukur dari posisi jok hingga letak setir atau dasbor.

Baca juga: 6 Penyebab Ban Pecah Pada Mobil yang Wajib Dihindari

Sebagian mobil juga tak lagi memasangkan hand grip di atas pintu kursi pengemudi, sehingga pengemudi dapat fokus memegang setir.

Seperti itulah fungsi hand grip yang sebenarnya. Jadi, gunakan hand grip sesuai fungsinya ya, untuk keluar masuk mobil dan untuk membantu posisi duduk.