Search Cars

Review Otomotif

Fungsi Fitur Snow Mode Peugeot 3008 dan 5008 di Indonesia

Ada fitur Snow Mode pada Peugeot 3008 dan Peugeot 5008, apa fungsinya di Indonesia, negara yang tidak memiliki musim dingin?

Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 dipasarkan di Indonesia oleh PT Astra International Tbk – Peugeot Sales Operation selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Peugeot.

Sejak Februari 2020 lalu, keduanya kini memiliki varian baru, yakni Allure Plus untuk melengkapi varian GT Line yang sudah ada lebih dulu.

Baik Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 dikenal sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) yang nyaman. Lima penumpang untuk Peugeot 3008 dan tujuh penumpang untuk Peugeot 5008.

Selain itu, mobil kebanggaan masyarakat Perancis ini juga dijejali beragam fitur pendukung yang canggih. Bahkan, Peugeot 5008 sempat digunakan jadi mobil dinas Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Baca juga: Melirik Peugeot 5008 yang Jadi Mobil Dinas Presiden Prancis

Yap, bisa dibilang SUV Peugeot ini nyaman dan kaya fitur, termasuk disematkannya fitur snow mode. Lantas apa fungsinya di Indonesia?

harga new peugeot 3008

Advanced Grip Control

Dalam kedua mobil tersebut, fitur snow mode terintegrasi dalam Advanced Grip Control yang merupakan optimisasi dari traction control.

Advanced Grip Control memiliki 5 Grip Level, yaitu normal, snow, mud, sand, dan ESP OFF. Grip level ini dapat dipilih sesuai kebutuhan mengemudi dengan switch yang berada di tengah console dashboard.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda New Peugeot 5008 dengan 3008

Fitur tersebut memang dipadukan bersama Electronic Stability Program (ESP) yang mampu menjaga kestabilan kendaraan dari under/over steer.

Ada juga Hill Assist Descent Control (HADC) memiliki fungsi untuk membantu mobil agar tidak meluncur saat sedang melintasi jalan yang menurun.

Secara otomatis mesin dan rem akan bekerja membatasi kecepatan kendaraan hanya tiga kilometer per jam jika pengemudi tidak sengaja melepas pedal gas.

Apa fungsi fitur snow mode Peugeot di Indonesia?

Seperti yang sudah diketahaui, tidak ada musim dingin yang mendatangkan salju di Indonesia. Tetapi, fitur snow mode tetap dibawa oleh Peugeot 3008 dan Peugeot 5008.

Umumnya, pada musim dingin jalanan akan licin. Oleh karena itu, agar kendaraan tidak tergelincir diperlukan grip yang tepat ketika melintasinya.

Lalu, bagaimana fungsinya di Indonesia?

Fitur snow mode tetap bisa digunakan, apalagi saat musim hujan. Saat melewati jalan yang basah dan licin, fitur snow mode bisa diaktifkan pengemudi.

Baca juga: Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 Allure Plus Resmi Mengaspal di Indonesia

Selain itu, fungsi snow mode juga bisa membantu mobil memberikan daya cengkram yang lebih baik di masing-masing roda saat melewati jalan licin yang terjal dan curam.

Dengan daya cengkram yang sesuai dengan masing-masing roda, ketika melewati jalan licin atau genangan air, makan fitur snow mode akan meminimalisir aquaplanning.

Aquaplaning adalah kondisi mobil tergelincir serta meluncur hilang kendali akibat melewati genangan air di jalan. Hal itu menyebabkan ban kehilangan daya cengkram sehingga mobil seakan-akan melayang.

Lalu, ada juga fitur normal yang umumnya digunakan saat berkendara sehari-hari. Sementara fitur mud digunakan saat mobil melintasi jalan yang berpasir atau berlumpur.

Baca juga: Menjajal Teknologi dan Ketangguhan New Peugeot 3008 GT Line

Yap, sebagai mobil SUV, Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 memang dirancang untuk dapat melibas berbagai medan jalan, termasuk digunakan untuk off road ringan.

Jadi jangan salah sangka dulu, meski tidak ada musim dingin, fitur snow mode tetap berguna dan bisa digunakan di Indonesia lho.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.