Search Cars

Travel & Lifestyle

Fitur Fleet Twitter Mirip Insta Story, Benarkah Demikian?

Fitur Fleet Twitter resmi diluncurkan. Apa bedanya dengan Insta story di Instagram?

Fleet Twitter

Menyusul fitur Story di Instagram, kini Twitter hadirkan fitur serupa bernama Fleet yang memungkinkan pengguna menghilangkan sebuah unggahan setelah 24 jam.

Fitur Fleet Twitter sebenarnya sudah diuji coba sejak Juni lalu, namun baru resmi diluncurkan baru-baru ini.  Negara yang kebagian fitur Fleet di gelombang awal antara lain Brasil, India, Italia, Korea Selatan, dan Jepang.

Sedangkan dii Indonesia, Fleet Twitter sudah bisa dicoba sejak 19 November lalu.

Namun sebelumnya, pengguna harus memperbarui aplikasi Twitter di PlayStore atau App Store ke versi 8.71.0 (Android) dan versi 8.44 (iOS).

Apa bedanya Fleet Twitter dengan fitur Story milik Instagram? 

Secara konsep, Fleet Twitter dan Story di Instagram memang serupa. Yakni, Twitter akan memberikan opsi kepada para penggunanya untuk membuat unggahan yang nantinya secara otomatis akan menghilang jika sudah lebih dari 24 jam.

Dengan Fleet pula, pengguna lain (pengikut) tidak dapat melakukan retweet atau menerima tanggapan publik, tapi masih bisa berinteraksi melalui Direct Message (DM). 

Baca juga: Berniat Staycation di Hotel? Ikuti Protokol Kesehatan Ini

Pengunggah fitur Fleet Twitter dapat melihat siapa yang melihat unggahan mereka, termasuk akun yang memiliki Tweet yang dilindungi. Kamu hanya perlu mengklik Fleets mereka dan menyentuh teks “Dilihat Oleh” di bagian bawah.

Beberapa fakta tentang Fleets Twitter

  1. Berbeda dengan tweet yang bisa di-retweet atau disukai oleh pengguna lain (dengan catatan Tweet tidak dilindungi atau di-private), Fleet tidak dapat di-retweet atau disukai. Namun kamu bisa membagikan Tweet dan mengunggahnya di Fleet, layaknya fitur add post to your story milik Instagram.
  1. Fleet dapat berisi teks, video, GIF, atau foto. Pengguna lain dapat membalas Fleet kamu seperti mengirim emoji, like atau atau membalas Fleet melalui Direct Message (DM) dan membuat percakapan di sana, namun dengan catatan kamu memiliki DM terbuka.
  1. Orang yang memiliki akses ke Fleets dapat melihat Fleets kamu dengan dua cara. Pertama, jika mereka mengikuti kamu, Fleets yang kamu unggah akan muncul di bilah baru di atas timeline Beranda mereka. Kedua, siapa saja yang dapat melihat Tweet kamu juga dapat melihat Fleets yang kamu unggah, yaitu melalui profil kamu dengan cara menyentuh foto profil.
  1. Jika  kamu tidak membuka akses publik pada profil akun Twitter, dengan kata lain mengaturnya menjadi private, secara otomatis Fleets kamu juga akan dilindungi.
  1. Tidak jauh berbeda saat kamu mengunggah sebuah Tweet dan ingin menghapusnya, kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan Fleet. Untuk menghapus Fleet, pilih “Hapus Fleet” dan Fleet yang sudah terunggah akan otomatis terhapus.

Baca juga: Rekomendasi Staycation di Jakarta untuk Kamu, Gak Mahal Kok

Dalam panduannya, Twitter juga menyebut bahwa saat kamu melihat Fleet seseorang, pengguna yang mengunggah Fleet tersebut akan mengetahui bahwa kamu melihatnya menggunakan fitur ”Dilihat Oleh”, sekalipun jika akun kamu memiliki Tweet yang dilindungi.

Dapat disimpulkan, bahwa hampir tidak bisa ditemukan perbedaan antara Fleet dan Story. 

Hanya saja, Fleet belum menghadirkan fitur layaknya Close Friend milik Instagram, yang memungkinkan Fleet bisa dilihat oleh beberapa pengguna saja sesuai dengan keinginan pengunggah.

Oleh karena itu, ada pro dan kontra dari netizen tentang fitur baru Twitter ini. Ada warganet yang mengutarakan kekecewaan. Pasalnya, bagi mereka, kini Twitter tidak jauh berbeda dengan media sosial lain.

Namun, banyak juga yang menyukai dan menyambut baik fitur baru tersebut dengan berbagai unggahan lucu.

Nah, kalau kamu tim yang mana?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.