Fitur Baru Daihatsu Terios 2021 yang Bikin Betah Berkendara

By Arris Riehady - Oktober 7, 2021

Kembali mendapat penyegaran dengan beberapa penambahan, ini daftar fitur baru Daihatsu Terios 2021.

Penambahan fitur baru Daihatsu Terios 2021 diumumkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada bulan September lalu. Resminya, SUV ini memiliki nama Daihatsu Terios Improvement atau Daihatsu Terios IDS.

Daihatsu Terios generasi kedua mulai mengaspal di Indonesia pada 23 November 2017, menggantikan model pendahulunya yang sudah berusia sekitar 10 tahun.

Saat diluncurkan pertama kali, Daihatsu Terios memiliki empat varian, yaitu X, X Deluxe, R, dan R Deluxe yang masing-masing tersedia dalam dua pilihan transmisi, otomatis atau manual.

Baca juga: Perbedaan Varian dan Harga Daihatsu All New Terios 2020

Pada sektor dapur pacu, Terios menggunakan mesin berkapasitas 1.496 cc DOHC Dual VVT-i dengan fuel injection yang dapat menyalurkan tenaga hingga 104 Ps dan torsi maksimum sebesar 13,9 Kgm.

Bahan bakar yang digunakan adalah bensin tanpa timbal dengan kapasitas tangki 45 liter.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, apa saja fitur baru Daihatsu Terios 2021? Berikut ulasannya.

Daihatsu Terios 2021

Eco Idle

Fitur baru Daihatsu Terios 2021 adalah Eco Idle. Fitur ini serupa dengan yang ada pada motor matik Honda seperti Honda Vario, Honda PCX, dan yang lainnya.

Baca juga: 7 Fitur Keselamatan Mobil Modern yang Bikin Pengendara Aman

Fungsinya mirip dengan Idling Stop System (ISS), Auto Start/Stop, Idle Stop and Go, atau Idle Stop System.

Tiap pabrikan memiliki nama yang berbeda tetapi fungsinya hampir sama, yakni meningkatkan efisiensi konsumsi BBM pada kendaraan.

rem overheat

Cara kerja Eco Idle

Seperti sudah disebutkan, fitur Eco Idle memiliki fungsi untuk meningkatkan efisiensi konsumsi BBM pada kendaraan.

Baca juga: Update Lengkap Harga Daihatsu Ayla 2020 dan Perbedaannya

Cara kerja Eco Idle adalah dengan mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam keadaan berhenti, mesin idle atau stasioner.

Pada Daihatsu Terios IDS dengan transmisi otomatis, Eco Idle berkerja saat mobil berhenti, tuas transmisi pada posisi D, lalu pengemudi menginjak pedal rem.

Secara otomatis Eco Idle aktif dan mesin mobil akan berhenti. Agar mesin mobil kembali aktif, pengemudi hanya perlu mengangkat kaki dari pedal rem dan mulai berjalan.

Baca juga: Daihatsu Rocky 1200 cc Pertama di Dunia Hadir di Indonesia

Sementara di transmisi manual, fitur ini akan aktif secara otomatis ketika pengemudi berhenti dengan posisi transmisi masuk dan menginjak pedal kopling serta rem bersamaan.

Ketika kaki diangkat dari pedal kopling, mesin secara otomatis akan hidup kembali dan mobil siap berjalan.

Adanya fitur Eco Idle membuat konsumsi BBM lebih efisien, sekitar 5 hingga 10 persen. Tentunya sangat berguna dalam keadaan macet dan perjalanan yang banyak berhenti.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!