Fitur All New Land Cruiser Makin Canggih dan Tangguh

All New Land Cruiser hadir sebagai generasi terbaru dengan fitur yang makin canggih. Apa saja? Baca selengkapnya di sini sebelum membeli.

all new land cruiser

Melanjutkan reputasinya sebagai mobil dengan Quality, Durability, and Reliability (QDR), All New Land Cruiser hadir dengan desain lebih berkelas dan teknologi makin canggih dengan tetap mempertahankan DNA Land Cruiser.

Land Cruiser sudah hadir sejak 70 tahun lalu secara global, tepatnya pada Agustus 1951 diawali dengan kehadiran Toyota BJ hingga kini memiliki lebih dari 10 seri.

Di Indonesia, Toyota Land Cruiser pertama kali hadir pada tahun 1960 dengan model FJ40 yang sampai saat ini masih diminati masyarakat Indonesia, jadi incaran kolektor, dan banyak dijumpai ketika berkunjung ke Bromo di Jawa Timur.

Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser dan Serinya yang Melegenda 

Bahkan spare part Toyota Land Cruiser FJ40 akan diproduksi kembali oleh Toyota Gazoo Racing setelah sebelumnya produksinya dihentikan pada tahun 1984.

Toyota Gazoo Racing juga turut menghadirkan DNA motorsport melalui All New Land Cruiser GR Sport pada generasi terbaru Land Cruiser kali ini.

Berikut fitur-fitur canggih yang hadir pada All New Land Cruiser serta ubahan tampilannya.

all new land cruiser

Upgrade mesin dan suspensi

Generasi terbaru Land Cruiser mengadopsi mesin V6D twin turbo berkapasitas 3.346 cc menggunakan mesin berkode F33A-FTV yang sanggup menghasilkan tenaga 305 PS pada 4.000 RPM dan torsi 71,4 Kgm pada 1.600-2.600 RPM. 

Ditambah dengan transmisi 10 percepatan Direct Shift-10AT yang menyalurkan tenaga mesin lebih efektif dan efisien, yang membuatnya hemat bahan bakar. Serta penggunaan teknik transmisi baru untuk mengurangi koefisien gesek pada permukaan saat beroperasi.

Baca juga: All New Land Cruiser dan New Fortuner Resmi Mengaspal 

Pengembangan platform Toyota New Global Architecture pada All New Land Cruiser terdapat pada sistem suspensi yang lebih upgrade

Double Wishbone yang dibekali pada suspensi depan dan 4-link Coil Suspension di bagian belakang berguna untuk menjaga pergerakan kendaraan agar lebih seimbang di berbagai medan jalan.

Untuk varian GR Sport mendapat tambahan fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension) yang membuat mobil mampu beradaptasi secara otomatis dan mengatur kontak ban menyesuaikan kondisi jalan sehingga berkendara off-road maupun on-road makin stabil.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 Resmi Diluncurkan Global di 2021

Pengalaman berkendara makin nyaman lagi dengan New Adaptive Variable Suspension yang fungsinya mengurangi getaran pada saat mobil melewati permukaan jalan yang kasar.

all new land cruiser

Eksterior tangguh dan berkelas

Tampilan eksterior All New Land Cruiser memiliki desain yang tegas namun tetap berkelas dan mewah pada grille, headlamp, dan bumper depan serta bumper belakang.

Disematkan pula Exclusive 70th Anniversary Emblem di sisi samping belakang bodi dan pada door scuff plate lengkap dengan lampu iluminasi mewah. 

Baca juga: Spare Part Toyota Land Cruiser FJ40 Akan Kembali Diproduksi

Land Cruiser terbaru memiliki dimensi panjang 4.985 milimeter, lebar 1.980 milimeter, tinggi 1.945 milimeter, dan wheelbase 2.850 milimeter untuk varian VX-R. 

Sedangkan untuk varian GR Sport memiliki panjang 4.965 milimeter, 1.990 milimeter tinggi 1.945 milimeter, dan wheelbase 2.850 milimeter.

Mobil ini makin tangguh melewati medan sulit dengan approach angle 30 derajat, departure angle 25 derajat dan break over angle 25 derajat. 

Baca juga: Kriteria dan Jenis Mobil untuk Investasi di Masa Depan

Selain itu, punya kemampuan menanjak dengan kemiringan 45 derajat, kemiringan samping 44 derajat dan bisa menaiki halangan setinggi 640 milimeter pada satu sisi ban.

all new land cruiser

Fitur interior makin nyaman

Interior All New Land Cruiser makin luas dan tampil mewah berbalut material kulit premium. Khusus untuk varian GR Sport, interiornya bernuansa sporty dengan kombinasi warna merah dan hitam.

Memasukkan barang bawaan kini juga lebih mudah dengan Power Back Door With Kick Sensor pada varian VX-R serta New Expansive Luggage Room yang dapat menampung lebih banyak barang.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Dilengkapi juga dengan New Rear Seat Entertainment melalui layar monitor 11,6 inci yang terpasang di balik headrest yang terkoneksi dengan HDMI dan Miracast.

Untuk perjalanan yang aman dan nyaman, terdapat New Digital Video Recorder untuk mendokumentasikan perjalanan serta memantau kondisi mobil pada saat ditinggalkan.

Memakirkan mobil pun lebih mudah dan nyaman dengan fitur Electronic Parking Brake with Brake Hold.

all new land cruiser

Fitur keselamatan yang lengkap

Fitur keselamatan premium SUV ini lengkap dengan 8 Airbags, rem Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Blind Sport Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), sampai Hill-start Assist Control (HAC).

Makin lengkap lagi dengan hadirnya Toyota Safety Sense (TSS) yang sudah disematkan di berbagai mobil keluaran baru Toyota. 

Lima fitur TSS yang ada di antaranya Pre-Collision System berupa sistem peringatan yang dapat mendeteksi objek di sekitar mobil untuk menghindari tabrakan. Lane Departure Alert yang dapat membaca marka jalan dan memberi peringatan pada mobil.

Baca juga: Fitur Toyota Safety Sense, Bikin Berkendara Makin Aman

Lalu, ada Dynamic Radar Cruise Control yang mampu mengatur kecepatan mobil serta menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya. Rear Camera Detection untuk memberi peringatan apabila ada pejalan kaki di belakang.

Terakhir, ada Adaptive High Beam System yang membantu daya pandang pengemudi berkendara di malam hari serta menekan efek silau dari lampu kendaraan dari arah berlawanan.

all new land cruiser

Fitur T Intouch

Kebutuhan mobilitas pemilik All New Land Cruiser semakin mudah dijangkau dengan adanya fitur T Intouch, teknologi yang dapat menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA untuk mengakses semua layanan Toyota.

Pada T Intouch tersedia fitur Find My Car untuk tahu posisi akurat kendaraan. Khusus di Land Cruiser terbaru ini, keamanan mobil makin terjaga dengan fitur Stolen Vehicle Tracking untuk tahu posisi persis kendaraan yang dibantu call center Toyota.

Kemudian ada fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar jalur. Fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS agar terhubung call center Toyota dan mendapat penanganan lebih cepat.

Baca juga: Alasan Pentingnya Melakukan Servis 1.000 Kilometer

Ada pula fitur E-Care (Maintenance) untuk membantu mengingatkan servis berkala. Sebagai informasi, All New Land Cruiser akan mendapatkan Program Gratis Biaya Servis Berkala hingga servis berkala ke-6 (maksimal 4 tahun/50.000 kilometer).

all new land cruiser dan new fortuner

Varian dan Harga All New Land Cruiser

Makin canggih dan lengkap bukan fitur-fitur yang dimiliki oleh All New Land Cruiser? Berikut daftar lengkap varian dan harganya.

  • VX-R 4×4 A/T Non Premium Color Rp 2.327.800.000
  • VX-R 4×4 A/T Premium Color Rp 2.330.800.000
  • VX-R GR Sport 4×4 A/T Non Premium Color Rp 2.378.800.000
  • VX-R GR Sport 4×4 A/T Premium Color Rp 2.381.800.000

Jadi, apakah kamu tertarik membawa pulang SUV premium ini?