Filosofi 7 Lambang Mata Uang Dunia yang Unik dan Keren

Sering lihat lambang mata uang tapi nggak tahu apa mata uangnya? Yuk, kenali berbagai lambang mata uang dunia di artikel berikut ini.

lambang mata uang

Kalau membahas soal lambang mata uang, yang paling umum diketahui orang adalah “$” yang dikenal sebagai mata uang dolar.

Bagaimana dengan lambang mata uang lain seperti pound sterling, euro, atau yen milik Jepang, kira-kira kamu udah tahu belum lambangnya seperti apa?

Baca juga: 10 Mata Uang Termahal di Dunia, Dolar AS di Posisi Mana?

Setiap mata uang di dunia masing-masing memiliki kode, contohnya seperti rupiah dengan kode IDR.

Tetapi, sejumlah mata uang tertentu juga memiliki lambang dalam bentuk simbol seperti dolar yang berlambang “$”.

Nah, apa saja sih lambang mata uang lain yang mungkin sebenarnya sering kita lihat tetapi jarang diketahui?

Berikut filosofi 7 lambang mata uang di dunia yang punya cerita unik dan keren di baliknya.

Pound sterling

Sering melihat lambang mata uang “£”? Pemilik dari simbol ini adalah pound sterling, yang mana digunakan di negara-negara Britania Raya seperti Inggris, Skotlandia, dan Irlandia.

Baca juga: Kenapa Nilai Mata Uang Selalu Berubah? Berikut Alasannya

Nama pound dalam bahasa Inggris Kuno merupakan satuan berat yang disamakan dengan satuan berat Romawi Kuno, yakni libra. Lambang “£” merupakan simbol dari angka “L” pada libra.

Euro

Mata uang berlambang “€” ini sudah dipakai sejak Januari 1999. Namun, secara fisik baru disahkan 3 tahun kemudian atau tepatnya pada 2002.

Simbol “€” pada mata uang euro terinspirasi dari huruf Yunani epsilon dan huruf E. Dua garis pada simbol tersebut melambangkan stabilitas euro.

Mata uang cadangan terbesar kedua dunia ini dulunya hanya digunakan di 11 negara di Uni Eropa. Kini, euro sudah digunakan di 19 negara Uni Eropa.

Yen

Yen merupakan mata uang milik Jepang yang punya lambang “¥”. Namun, dalam huruf kanji penulisan mata uang yen adalah atau en yang artinya lingkaran.

Baca juga: Mata Uang Resmi yang Pernah Berlaku di Indonesia Selain Rupiah

Sebelum memiliki mata uang yen, Jepang mengimpor mata uang dari China hingga abad ke-8. Yuan, mata uang China juga memiliki lambang yang sama seperti yen yaitu “¥”.

Krona

Ada yang tahu krona? Mata uang asal Swedia ini mungkin belum cukup familiar. Krona berarti crown dalam bahasa Inggris, atau berarti mahkota.

Krona memiliki lambang mata uang “kr”, yang mana lambang ini juga digunakan untuk mata uang Denmark, yaitu krone.

Won

Lambang mata uang won yang digunakan oleh Korea Selatan dan Korea Utara memiliki simbol “₩”. Kata won adalah serapan dari kata round dalam bahasa Inggris yang berarti bulat.

Won Korea Selatan dan Won Korea Utara memiliki perbedaan dari otoritas penerbit serta nilai tukar mata uangnya.

Baca juga: 5 Film dan Drama Korea yang Bikin Kamu Ngerti Keuangan

Won Korsel diterbitkan oleh Bank of Korea sedangkan Korut diterbitkan The Central Bank of the Democratic People’s Republic of Korea.

Dari nilai tukarnya terhadap dolar, 1 USD kurang lebih setara dengan 900 Won Korut dan 1.151 Won Korsel. Jadi, nilai mata uang Korea Utara lebih kuat. 

Baht

Baht merupakan mata uang resmi milik Thailand dengan lambang mata uang “฿”. Masyarakat Thailand memiliki kebiasaan unik untuk memelihara uang mereka.

Uang baht tidak boleh diinjak, dirusak, dirobek atau dilipat. Hal itu karena adanya potret Raja Bhumibol Adulyadej pada mata uang tersebut.

Rupee

Rupee adalah mata uang resmi negara India yang sudah digunakan sejak 1540. Mata uang ini memiliki kode INR dan lambang berbentuk simbol “₹”.

Lambang mata uang tersebut memiliki filosofi yang dalam. Simbol rupee merupakan lambang keseteraan di mana India ingin menghilangkan perbedaan ekonomi.

Baca juga: Pendapatan Besar Tidak Menjamin Keuangan yang Sehat

Itulah beberapa lambang mata uang yang ada di dunia beserta fakta menariknya. Dari ketujuh lambang tersebut, mana nih yang kamu miliki dan menjadi koleksi?