Efek Buruk Terlalu Sering Menggunakan Semir Ban, Bikin Licin

By Arris Riehady - September 1, 2020

Banyak diaplikasikan agar terlihat hitam mengkilap, tapi ini efek buruk bila terlalu sering menggunakan semir ban.

semir ban

Merawat kendaraan bukan hanya tentang mesin dan komponen-komponen yang mendukung performanya. Penampilan luar atau bodi kendaraan juga butuh perhatian agar tetap terlihat bersih dan mengilap setiap saat.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan, mulai dari cuci bersih, poles, hingga menyemir ban. Yap, menggunakan semir ban menjadi pilihan untuk mengilapkan komponen kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalanan ini.

Tapi ternyata, menggunakan semir ban tidak saja mengilapkan, ada efek buruk yang bisa ditimbulkan bila terlalu sering menggunakannya. Apa saja itu?

cara memilih ban mobil

Ban lebih licin

Bahan semir ban yang beredar di pasaran rata-rata menggunakan silikon. Silikon ini, selain mengilapkan juga melapisi tipis permukaan ban.

Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal untuk Dipakai Harian

Walau penggunaan semir ban direkomendasikan hanya di bagian wall atau dinding, tidak menutup kemungkinan semir dapat mengalir hingga ke bagian tapak.

Jika sudah begitu, ban akan kehilangan traksi sehingga lebih licin, apalagi bila melewati jalan yang basah.

Maka dari itu, kendaraan balap tidak ada yang menggunakan semir ban karena ban tidak akan mendapatkan traksi sempurna di atas lintasan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!