Search Cars

Otomotif

Deretan Mobil Kepolisian Hedon di Dunia, Mana yang Paling Kencang?

Polisi di Dubai menggunakan supercar untuk berpatroli. Selain Dubai, daerah mana saja yang menjadikan supercar sebagai kendaraan operasional polisi?

Demi menunjang kinerja kepolisian, beberapa negara di dunia rela mengeluarkan budget lebih untuk membeli peralatan yang dibutuhkan, termasuk supercar. Bahkan, ada yang menggunakan supercar dengan penjualan terbatas.

 

Memang terlihat seperti pemborosan, namun nyatanya, banyak pelaku kejahatan yang sudah meng-upgrade kendaraan mereka agar dapat berlari kencang demi melepaskan diri dari tangkapan polisi.

 

Tercatat ada beberapa negara yang menggunakan supercar sebagai kendaraan dinas kepolisian mereka yang dapat Anda simak di bawah ini.

 

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA), khususnya di Dubai, memang dikenal dengan armada supercar milik kepolisian mereka. Sebut saja Bugatti Veyron, yang merupakan salah satu mobil terkencang di dunia. Mobil ini diklaim sanggup melesat sampai dengan 408 kilometer per jam.

 

Wajar memang, karena supercar yang dibanderol seharga 1,6 juta US dolar ini menggendong mesin berkapasitas 8.0 liter, yang mampu menyemburkan tenaga sampai 1.200 hp. Bukan cuma itu, torsinya juga bukan main besar, yaitu 1.500 Nm.

 

Selain Bugatti Veyron, Dubai masih memiliki deretan mobil kepolisian mewah, seperti Ferrari FF, Audi R8 V10, Bentley Continental GT, McLaren MP4 – 12 C, Lamborghini Aventador, sampai Aston Martin One-77 yang hanya diproduksi terbatas.

 

Italia

Jika Dubai memiliki Lamborghini Aventador, Italia juga memiliki mobil yang berasal dari negaranya tersebut, yaitu Lamborghini Huracan. Supercar ini dipakai oleh Kepolisian Bologna untuk berkeliling di dalam kota.

 

Selain digunakan di dalam kota, Lamborghini Huracan juga dipakai untuk patroli oleh kepolisian bandara Bologna. Bedanya, Lamborghini Huracan yang dipakai di bandara berwarna orange, sedangkan untuk di dalam kota berkelir biru.

 

Lamborghini Huracan memiliki mesin V10 berkapasitas 5.2 liter dengan tenaga sebesar 610 dk dan torsi 560 Nm. Bagi Anda yang tertarik untuk memilikinya, Anda harus merogoh kocek lumayan dalam, yaitu seharga 428 ribu dolar AS.

 

Bukan itu saja, untuk merayakan hari ulang jadi kepolisian Italia ke 152, pemerintah Italia mendonasikan dua buah Lamborghini Gallardo kepada pihak kepolisian yang digunakan untuk patroli dalam situasi khusus.

 

Jerman

Negara ini merupakan rumah dari sederet produsen mobil-mobil terbaik dunia. Maka dari itu, tidak heran jika Jerman memiliki sederet mobil mahal yang dipakai oleh polisi mereka dalam menjalankan tugasnya.

 

Salah satu mobil polisi mewah yang dimiliki oleh negara berjuluk Negeri Hitler ini adalah Mercedes Benz Brabus Rocket CLS. Mobil bertipe sedan ini dibekali mesin besar berkapasitas 6.3L V12 Biturbo, yang dapat mengeluarkan tenaga mencapai 800 hp.

 

Mesin tersebut sanggup melesatkan Mercedes Benz Brabus Rocket CLS hingga kecepatan 367 kilometer per jam, yang mana diklaim sebagai kecepatan tertinggi dari Mercedes Benz Brabus Rocket CLS.

 

Qatar

Negara lain di Timur Tengah yang juga memakai supercar untuk menunjang tugas polisi adalah Qatar. Supercar tersebut adalah Porsche Panamera yang harganya mencapai 110 ribu dolar AS. Panamera digunakan kepolisian Qatar sebagai mobil patroli.

 

Pemilihan mobil bermesin 4.8 liter V8 ini menjadi mobil kepolisian Qatar bukan tanpa alasan. Pasalnya, pemerintah Qatar adalah salah satu pemegang saham dari merek mobil asal Jerman tersebut.

 

Selain Panamera, kepolisian Qatar juga memiliki Porsche Cayenne, Toyota Land Cruiser V8, dan motor BMW yang dipakai untuk patroli di jalan.

 

Australia

Negara lain yang memiliki armada supercar di kepolisiannya adalah Australia. Negeri kangguru ini menggunakan Lotus Exige Cruiser bermesin 3.5 liter V6 bertenaga 430 hp yang sanggup melesat sampai kecepatan 290 kilometer per jam.

 

Namun, Australia menerapkan peraturan yang ketat bagi polisi yang ingin mengendarai supercar seharga 92 ribu dolar AS ini. Kabarnya, pihak kepolisian Australia akan menyaring ratusan peserta terlebih dahulu melalui tes dan pelatihan selama beberapa bulan untuk menunggangi Lotus Exige Cruiser.

 

Kira-kira, jika dari deretan supercar di atas ada yang menjadi kendaraan dinas kepolisian di Indonesia, gimana jadinya ya?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.