Dasar-dasar Keuangan yang Harus Diajarkan ke Anak Sejak Dini

By Arris Riehady - Juni 11, 2021

Tidak hanya berhemat dan menabung, yuk sejak dini ajarkan dasar-dasar keuangan pada anak dan cara mengelolanya. Apa saja sih itu?

dasar-dasar keuangan

Disiplin dalam mengajarkan dasar-dasar keuangan memang perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini.

Hal ini mengingat bahwa kemampuan belajar anak layaknya spons, di mana mereka mampu menyerap banyak pengetahuan, termasuk soal keuangan.

Tentunya, saat mengajarkan dasar-dasar keuangan diperlukan peran serta orang tua yang memang sudah berpengalaman.

Baca juga: Strategi Jitu untuk Menghadapi Krisis Finansial dengan Cepat

Nantinya, seperti sistem tabur tuai, dasar-dasar keuangan yang orang tua tanamkan hasilnya akan menjadi manfaat bagi anak di masa yang akan datang.

Tidak hanya berhemat dan menabung, berikut ini dasar-dasar keuangan yang harus orang tua ajarkan pada anaknya sejak usia dini.

dasar-dasar keuangan

Konsep uang

Seperti sudah diketahui, dalam ilmu ekonomi modern, uang adalah alat tukar dan pembayaran yang sah.

Namun, yang harus diajarkan pada anak sebagai dasar-dasar keuangan di era saat ini adalah uang tidak hanya dapat digunakan untuk membeli barang, tapi dapat digunakan untuk membeli jasa, tabungan, pembayaran utang, dan sebagainya.

Baca juga: Segini Biaya Shopping yang Bisa Kamu Keluarkan Setiap Bulan

Jika ditabung atau diinvestasikan, uang juga bisa dijadikan sebagai alat penimbun kekayaan yang akan berguna di masa depan.

Jadi, jangan hanya dikenalkan dengan nominal uang saja, konsep uang sebagai nilai juga dapat ditanamkan sejak dini. Dengan begitu anak akan lebih menghargai uang.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!