Search Cars

Otomotif

Daihatsu Zebra Club Masih Tunjukkan Eksistensi

Apakah Anda masih ingat dengan Daihatsu Zebra? Ini merupakan salah satu mobil legenda yang pernah berjaya pada era 90-an. Saat itu, namanya pernah berubah menjadi Daihatsu Espass. Mobil ini terkenal dengan tampilan eksteriornya yang sangat khas, yaitu tidak memiliki mocong alias bermuka cembung.

 

Daihatsu Zebra memiliki beragam tipe, yaitu S88, S89, S91, S92, dan S93. Dua model di antaranya, yaitu S91 dan S92 adalah model dari Daihatsu Espass. Daihatsu Zebra sudah ada di Indonesia sejak tahun 1987, setelah itu muncul Daihatsu Espass pada tahun 1995.

 

Lalu, Daihatsu Espass kembali mengalami pergantian identitas menjadi Daihatsu Neo Zebra yang mengusung mesin berteknologi injeksi pada tahun 2001. Sejak kemunculannya, kendaraan bertipe Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dapat bertahan hingga 20 tahun, sampai 2017. Saat ini, belum ada tipe baru dari Daihatsu Zebra.

Walaupun sudah cukup lama tidak meluncurkan produk baru, Daihatsu Espass dan Zebra masih eksis di tanah air sampai sekarang. Hal ini terbukti dari adanya Daihatsu Zebra Club (ZEC), sebuah klub mobil yang di dalamnya berisi para penggemar dan pengguna Daihatsu Espass dan Zebra.

 

“Awalnya Daihatsu Zebra Club itu adalah Daihatsu Espass Club, tapi karena Espass itu juga bagian dari Zebra, kemudian digabung menjadi biar lebih puas mencakup semua tipe Zebra, makanya menjadi Daihatsu Zebra Club,” ujar Tamto Banyuadri, salah satu anggota ZEC.

 

Tamto menjelaskan, ZEC sudah memiliki 24 chapter yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, dan masih banyak lagi calon chapter yang akan muncul. Lalu, setiap chapter biasanya memiliki kegiatan sendiri ataupun secara nasional.

 

Misalnya setahun sekali kita mengadakan Jambore Nasinal. Tahun ini kita akan mengadakan di Ngawi, Jawa Timur, minggu depan tanggal 21 Oktober 2018,” ucap Tamto.

Jambore Nasional ini sekaligus menjadi acara nasional penutup komunitas ZEC tahun ini. Setelah itu, pada awal Januari 2019 nanti, ZEC rencananya akan mengadakan acara nasional yang bertajuk Temu Kangen Awal Tahun di Rumah Dome, Yogyakarta.

 

Bukan hanya kegiatan temu kangen dan kopdar, ZEC juga sering mengadakan bakti sosial bagi korban bencana alam dan memberikan santunan untuk anak yatim piatu.

 

Perawatan Daihatsu Zebra

Selain melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, ZEC juga menjadi wadah bagi para pengguna dan penggemar Daihatsu Zebra ataupun Espass untuk bertukar informasi seputar spareparts sampai perawatannya.

 

Tamto mengatakan, walaupun usia Espass dan Zebra semakin tua, namun ZEC masih sangat menggemari dan akan terus berusaha untuk memeliharanya.

“Misalnya ada kerusakan atau apa, selalu kita diskusikan masalahnya. Kalau spareparts kesulitan kita saling membantu mencarikan bersama member yang lain,” ungkap Tamto.

 

Sebenarnya, lanjut Tamto, untuk mendapatkan spareparts Daihatsu Zebra dan Espass tidak terlalu susah karena banyak tersedia di toko-toko. Tetapi, yang menjadi kendala adalah apabila salah satu dari anggota klub membutuhkan spareparts secara mendadak dan mobil harus ditangani saat itu juga.

 

“Terutama perjalanan antar kota atau daerah, jika terjadi trouble kita saling membantu. Mungkin ada yang langsung diganti di jalan, jadi bisa minta bantuan kawan-kawan terdekat,” jelas Tamto.

Ia berharap, semoga ke depannya ZEC akan semakin solid dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, serta dapat menjalin kekeluargaan yang lebih erat lagi dengan sesama pengguna Daihatsu Zebra.

 

Nah, bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar Daihatsu Zebra, mungkin Anda dapat ikut berdiskusi dengan ZEC di Facebook mereka, Daihatsu Zebra Club – ZEC.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.