Daihatsu Peduli Banjir Berikan Layanan Terbaik untuk Mobil Kesayangan

By Arris Riehady - January 3, 2020

Tanggap musibah banjir di Jabodetabek, Daihatsu Peduli Banjir tawarkan berbagai pelayanan khusus mobil yang kebanjiran. Apa saja?

Daihatsu Peduli Banjir

Pertolongan pertama mobil kebanjiran

Jika mobil sudah terlanjur terendam banjir, pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melepas kabel aki pada terminal plus untuk mencegah terjadinya konsleting karena adanya arus pendek.

 

Arus pendek tersebut juga dapat terjadi ketika mobil dalam keadaan mati, karena mesin mobil akan tetap memiliki arus walaupun mesin dalam keadaan mati.

 

Setelah melepas sistem kelistrikan, pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman dan tidak terendam banjir. Dorong mobil tersebut dengan meminta bantuan teman atau orang di sekeliling Anda.

 

Mengapa harus didorong? Jika mobil sudah terendam banjir, apalagi sudah melebihi bibir knalpot, beberapa komponen pasti ada yang mengalami gangguan.

 

Memaksakan mesin mobil menyala setelah banjir dapat memperparah kerusakannya.

 

Baca juga: 5 Tips Antisipasi Kerusakan Setelah Mobil Terendam Banjir

 

Resiko water hammer atau kondisi air masuk ke dalam ruang bakar mesin pun bisa terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan mobil mati mendadak karena air yang masuk ke dalam ruang bakar mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston.

 

Hal ini akan mengakibatkan stang piston bengkok, ring piston rusak, dinding silinder lecet, dan yang paling parah adalah kepala silinder melengkung.

 

Bahkan, bila banjir sampai merendam ruang mesin, masalah yang sering ditemui adalah rusaknya electronic control unit (ECU) yang merupakan perangkat terpenting dan menjadi “otak” dalam mobil.

 

Alat ini memiliki andil yang sangat penting, seperti mengatur pengapian dan menyuplai bahan bakar ke mesin.

 

Anda dapat menghindari mobil kebanjiran dengan memarkirkannya di tempat yang lebih tinggi dan harap selalu berhati-hati dalam berkendara.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!