Daftar Mobil yang Pamit Produksi di Semester I 2021

By Arris Riehady - September 16, 2021

Ada yang digantikan, ada pula yang stop diproduksi, apa saja? Berikut daftar mobil yang pamit di semester I 2021.

Mobil yang pamit atau tidak lagi diproduksi pasti punya alasan yang sudah dipertimbangkan. Salah satunya adalah digantikan oleh model yang lebih baru.

Selain itu, alasan mobil yang pamit juga didasari oleh faktor lain, seperti peminat, penjualan, model, dan sebagainya.

Seperti yang diketahui, konsumen selalu menuntuk pabrikan otomotif memberikan produk mobil terbaiknya, dari segi desain, performa, fitur, dan teknologi.

Baca juga: Perbedaan BMW Seri X di Indonesia, Lengkap dari X1 sampai X7

Untuk itu, mobil yang stop produksi bukan berarti tidak bagus, namun lebih kepada kebutuhan untuk menunjang tuntutan konsumen.

Lantas apa saja mobil yang pamit di semester I 2021 ini? Berikut daftarnya.

Isuzu Panther

Isuzu Panther

Mobil yang pamit urutan pertama adalah sang legenda Rajanya Diesel, Isuzu Panther.

Berita pamitnya Isuzu Panther dari Indonesia ini terjadi pada 10 Februari 2021 lalu. Hal tersebut langsung dikonfirmasi oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Baca juga: Toyota Kijang Kapsul atau Isuzu Panther, Mau Pilih Mana?

Pamitnya Isuzu Panther pamit cukup membuat kaget pecinta otomotif, khususnya pecinta mobil dengan jargon iklan “Cuma Rp 44 ribu Jakarta sampai Bali?”.

Padahal, tidak sedikit yang mengharapkan mobil ini diberikan penyegaran, dengan membenamkan desain, fitur serta teknologi terkini.

Isuzu Panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode Asian Utility Vehicle (AUV). Di Indonesia, Isuzu Panther mulai dikenalkan sejak tahun 1991.

Baca juga: Mobil Diesel Tangguh, Pilih Isuzu Panther atau Isuzu Mu-X?

Periode 1996-2000 adalah masa kejayaan Isuzu Panther, tepatnya Panther generasi kedua. Semenjak pandemi melanda Indonesia, PT IAMI menyatakan jika Isuzu Panther memang sudah tidak diproduksi lagi.

Isuzu Panther

Penjualan Isuzu Panther terakhir adalah pada tahun 2020. Total, selama Januari sampai Oktober 2020, Isuzu Panther terdistribusi sebanyak 287 unit.

Baca juga: Sang Legenda Undur Diri! Isuzu Panther Pamit

Berkat ketangguhan dan daya angkutnya yang besar, Isuzu Panther kerap dijadikan kendaraan usaha.

Tidak heran bila saat ini cukup jarang untuk menemukan Isuzu Panther bekas dengan kondisi interior, eksterior, dan mesin yang berkualitas di pasaran.

Harga bekas Isuzu Panther terbilang tetap terjaga dan stabil. Apalagi, mobil ini juga menjadi incaran kolektor karena desainnya yang vintage, khas era 90-an.

Baca juga: IAMI Pastikan Suku Cadang Isuzu Panther Tetap Tersedia

Meski telah pamit, penggunan Isuzu Panther tidak perlu khawatir karena pelayanan servis dan ketersediaan suku cadang Isuzu Panther tetap terjaga.

Saat ini, terdapat 45 bengkel mitra Isuzu yang tersebar di sejumlah wilayah tanah air.

Untuk itu, bagi kamu para pecinta Isuzu Panther, jangan khawatir. Suku cadang Isuzu Panther tetap disediakan oleh PT IAMI.

Toyota Racing Development (TRD)

Buka hanya mobil yang pamit, tapi juga ada perusahaan tuning internal untuk semua mobil Toyota dan Lexus.

Sebenarnya, TRD bukan pamit, namun di Indonesia keberadaannya digantikan oleh Toyota Gazoo Racing (TGR).

Baca juga: 5 Model Toyota GR Sport Resmi Meluncur di Indonesia

TGR adalah jawaban PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen, teknologi, tren yang beragam dan terus berkembang, serta sebagai bagian dari upaya menghadirkan ever-better cars yang menyenangkan untuk dikendarai di Indonesia dan memenuhi kebutuhan konsumen berjiwa sporty.

Hadirnya TGR melalui line-up mobil varian GR Sport, maka otomatis menggantikan deretan varian TRD yang sudah hadir di Indonesia lebih dulu.

Baca juga: Bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing di Indonesia

Konsumen tidak perlu khawatir untuk layanan aftersales produk-produk varian TRD, karena spare part dan aksesorisnya akan terus disediakan oleh PT TAM.

Bagi konsumen yang ingin upgrade mobilnya menjadi tampilan varian GR Sport, TAM juga menyediakan kebutuhan tersebut.

Baca juga: Resmi! Toyota Gazoo Racing Gantikan TRD di Indonesia

Hanya saja masih dalam jangka waktu yang belum ditentukan, sebab TAM saat ini sedang fokus untuk memproduksi mobil varian GR Sport.

Nantinya, TRD Indonesia juga akan berganti nama menjadi Toyota Customizing and Development (TCD) Indonesia.

Datangnya TGR ke Indonesia diklaim akan memberikan pilihan line-up yang lebih lengkap, dan pastinya dapat menunjang kebutuhan mobilitas konsumen sehari-hari.

Baca juga: Sejarah Mobil Kodok, Mesinnya Ada di Belakang

Selain itu, TTI atau atau Toyota Team Indonesia yang berpartisipasi di ajang balap juga sepenuhnya akan didukung oleh Toyota Gazoo Racing.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!