Crowd Free Night Berlaku, Bagaimana Waktu dan Aturannya?

By Amalia Kartika - September 7, 2021

Crowd free night bakal diberlakukan di 4 ruas jalan di Jakarta. Di mana saja, kapan waktu, dan bagaimana aturannya?

Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberlakukan crowd free night (CFN) di 4 ruas jalan di Jakarta. Hal itu bersamaan dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 13 September 2021.

Empat ruas jalan yang akan diterapkan crowd free night di antaranya Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin, kawasan SCBD, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Kemang Raya.

Baca juga: Cara Mendorong Mobil bila Akinya Mati Tiba-tiba di Jalan

Bagaimana mekanisme penerapan aturan tersebut dan kendaraan apa saja yang masih diperbolehkan lewat saat crowd free night? Berikut penjelasannya.

Waktu crowd free night

Crowd free night akan dilakukan saat akhir pekan yaitu pada Jumat malam, Sabtu, Minggu, dan juga saat hari libur nasional.

Waktu pemberlakuannya akan dibagi menjadi dua sesi, yaitu pukul 22.00 sampai 24.00 WIB, serta pukul 24.00 hingga 04.00 WIB.

Pada sesi pertama, polisi masih memperbolehkan kendaraan melintas di 4 ruas jalan tersebut. Namun, apabila ada komunitas geng motor yang melintas, berpotensi menimbulkan kerumuman, serta menggunakan knalpot bising, akan dilarang lewat.

Baca juga: Penyebab Setang Motor Goyang, Bisa Human Error atau Teknis

Lalu pada sesi kedua, polisi akan melakukan filterisasi ketat. Seluruh kendaraan dilarang melintasi kecuali untuk kendaraan darurat seperti ambulans, tamu hotel, serta warga yang tinggal di kawasan tersebut.

Bagi tamu hotel, dapat langsung menunjukkan bukti menginap di hotel yang ada di kawasan crowd free night dan petugas akan mempersilakan lewat.

Alasan crowd free night

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan alasan penerapan crowd free night di 4 jalan tersebut karena kawasan tersebut berpotensi melanggar aturan PPKM.

Beberapa waktu lalu, polisi sempat membubarkan kerumunan di salah satu kafe di kawasan Kemang yang melanggar protokol kesehatan. 

Baca juga: Perbedaan Kode Rest Area A, B, dan C, Mana yang Lebih Luas?

Selain itu, di kawasan Asia Afrika juga kerap dijadikan tempat balapan liar. Sedangkan Sudirman-Thamrin merupakan jalan protokol yang jadi ikon pelaksanaan PPKM level 3 di ibukota.

Maka dari itu, kawasan-kawasan tersebut diberlakukan crowd free night untuk menekan mobilitas masyarakat khususnya di akhir pekan.

Berita Terkait

Author