Contoh Desain CV yang Bagus untuk Para Pencari Kerja

By Amalia Kartika - September 8, 2021

Desain CV yang bagus dan menarik perhatian HRD perusahaan seperti apa sih? Lihat beberapa contohnya di sini!

Saat melamar kerja di perusahaan, pelamar perlu memberikan Curriculum Vitae (CV) yang menarik. Untuk itu, diperlukan desain CV yang bagus agar menarik perhatian perusahaan.

CV adalah lembaran yang berisi data pribadi, pengalaman dan pencapaian kerja, tingkat pendidikan, kemampuan, keterampilan, dan sebagainya. Desain CV yang bagus juga menambah peluang kamu dipanggil dan bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Melalui CV, rekruter perusahaan dapat melihat kompetensi yang dimiliki oleh seorang pelamar kerja. Bisa dikatakan, CV itu adalah kesan pertama yang ditunjukkan pelamar kerja ke perusahaan.

Baca juga: 5 Trik Mencari Kerja di Jakarta, Ayo Wujudkan Mimpimu!

Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang pelamar kerja untuk menunjukkan impresi yang baik ke perusahaan yang dilamar melalui CV bagus dengan desain yang menarik.

Lantas, desain CV yang bagus dan menarik itu seperti apa? Berikut beberapa contohnya beserta penjelasannya.

CV berwarna biru dengan deskripsi ringkas

Penggunaan warna biru cukup umum diaplikasikan pada desain CV. Ada alasannya kenapa warna tersebut digunakan.

Warna biru merepresentasikan tanggung jawab dan kecerdasan. Selain itu, biru juga menunjukkan profesionalisme dan kepercayaan.

Baca juga: Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Besar untuk Fresh Graduate, Mau?

Tak heran jika warna biru banyak digunakan pada logo perusahaan baik di Indonesia maupun perusahaan global. Contohnya seperti Astra, LinkedIn, IBM, dan sebagainya.

Lalu untuk isinya, sebaiknya cantumkan informasi secara ringkas namun tetap mampu memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami bagi orang lain yang membaca CV.

Konsep hitam putih yang simpel tapi tetap profesional

Jika bingung memilih warna untuk desain CV yang bagus, kamu bisa menggunakan warna hitam putih dan abu-abu. Pemilihan warna ini memberikan kesan minimalis tetapi tetap terlihat profesional.

Fotonya pun juga bisa menggunakan foto hitam putih, tetapi pastikan posisi wajahmu menghadap depan agar terlihat jelas. 

CV dengan tambahan elemen gambar yang relevan

Kamu juga bisa menambahkan sedikit elemen gambar atau icon pada desain CV. Pastikan gambar sesuai dengan pekerjaan serta kemampuan kamu.

Desain CV seperti ini cocok bagi kamu yang akan melamar di bidang kreatif seperti desainer grafis dan biasanya jenis CV yang digunakan adalah creative CV.

Penggabungan warna terang dan gelap

Supaya CV terlihat sedikit mencolok tanpa terlalu berlebihan, kamu bisa menggunakan paduan warna terang dan gelap seperti yang terlihat pada desain CV ini.

Warna terang bisa kamu aplikasikan untuk memberikan highlight di bagian sub judul dan untuk warna gelapnya bisa dijadikan warna untuk teks isi.

Berita Terkait

Author