Coba Foto Mobil Anda dengan Tips Ini untuk Hasil yang Maksimal

By Ferdi Julias - Maret 15, 2018

Seni fotografi bukan sebatas landscape atau portrait saja, tetapi juga hobi termasuk otomotif. Fotografi otomotif merupakan suatu cabang fotografi yang memotret benda-benda yang berhubungan dengan otomotif, termasuk kegiatan otomotif dan bisnisnya.

Mobil misalnya, sering dijadikan objek karena sangat menarik bagi sebagian orang. Untuk memotretnya, Anda harus menggunakan teknik foto yang pas demi mendapatkan hasil yang maksimal dan menarik.

Lalu, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan foto yang menarik. Untuk itu, silakan simak beberapa trik foto mobil atau motor berikut ini yang mungkin dibutuhkan dalam fotografi otomotif.

1. Tentukan lokasi yang tepat

Lokasi cukup penting untuk menunjang foto Anda. Untuk itu, diperlukan hubungan yang pas antara mobil dengan background-nya., karena jenis kendaraan lebih baik sesuai dengan lokasi pemotretan.

 

Misalnya, mobil yang ingin Anda foto adalah Toyota Yaris. Mobil jenis ini biasanya cocok dengan lokasi yang bergaya urban dan anak muda. Lalu BMW Seri 5, yang cocok dengan suasana elegan seperti gedung-gedung bertingkat atau hotel mewah.

 

2. Tingkat pencahayaan

Setelah memilih lokasi, pastikan cahaya yang didapatkan mendukung Anda untuk melakukan pemotretan. Lebih baik, lakukan pemotretan pada saat situasi cerah, biasanya pada pagi atau sore hari.

 

Tetapi, jika Anda membawa flash atau sumber pencahayaan lainnya, memotret di malam hari tidak akan menjadi masalah dan akan menambah kesan glamor pada foto Anda.

 

3. Ambil dari berbagai angle

Selain lokasi dan tingkat pencahayaan yang pas, angle juga merupakan bagian penting dalam pemotretan. Ambilah foto dari berbagai sudut, misalnya mengambil dari sudut bawah atau low angle untuk menghasilkan gambar yang lebih stand out, atau mungkin dari sudut atas untuk mendapatkan hasil yang lebih fokus kepada mobil.

Anda juga dapat mengeksplor angle lain yang mungkin menjadi favorit atau selera Anda ketika sedang memotret.

 

4. Belokkan setir ke sisi kiri atau kanan

Trik ini berguna untuk memberikan ekspos yang lebih kepada pelek dan ban mobil. Selain itu, membelokkan setir akan memberi kesan kokoh kepada mobil. Belokkanlah setir ke sisi kiri atau kanan sesuai dengan selera Anda, dan atur radius putarnya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5. Foto interior mobil

Setelah puas mengeksplor ekterior mobil, saatnya Anda untuk masuk ke dalam. Interior mobil seperti setir, dashboard, LCD, AC, dan lain sebagainya juga merupakan objek yang sering diambil oleh para fotografer untuk mengenal lebih detail fitur-fitur mobil tersebut.

Jangan lupa untuk mencari backgroud yang pas ketika Anda sedang memotret di dalam mobil. Kaca depan atau belakang sebaiknya menghadap ke tempat yang enak dipandang dan akan membuat hasil foto Anda semakin menarik.

 

6. Beri perhatian kepada detail

Mobil bukan hanya menarik untuk difoto secara keseluruhan, tetapi juga kepada detailnya. Headlamp, lampu belakang, grill, lekukan-lekukan mobil dan sebagainya merupakan objek yang seksi ketika Anda mengambil detailnya. Cobalah untuk mengeksplor bagian-bagian tersebut yang mungkin bisa menambah koleksi foto-foto Anda.

 

Dari segala tips di atas, yang perlu diingat adalah fotografi adalah sebuah seni. Jadi, bagaimanapun tekniknya, foto yang dihasilkan pasti akan menjadi bagus karena seni tidak bisa dinilai hanya dengan teknik saja, tetapi juga selera.

Siap untuk bereksperimen dengan kamera Anda? Jangan khawatir dengan jenis kamera yang digunakan, yang paling penting adalah foto tersebut sesuai dengan keinginan Anda karena foto adalah selera masing-masing orang. Selamat mencoba! Cekrek!

Berita Terkait

Author