Cek! Ini Fitur-fitur Menyenangkan yang Ada di Mobil BMW

By Hafizh Fauzan - August 28, 2017

Implementasi tagline ‘Sheer Driving Pleasure’ pada varian-varian BMW terbukti memberikan kesan tersendiri yang unik dan identik. Lewat perpaduan sentuhan kemewahan premium dan kedinamisan berkendara, BMW terus mengajak para penggunanya merasakan pengalaman berkendara impresif di setiap waktu.

Bicara soal kedinamisan berkendara, pabrikan asal Jerman ini telah merancang beragam fitur-fitur yang bertugas menunjang sisi kemudahan sekaligus keasyikan berkendara kala Anda mengemudikan BMW.

Lalu, fitur-fitur apa saja sebenarnya yang mampu menunjang kesenangan berkendara dengan BMW? Yuk kita ulas lebih jauh fitur yang membuat Anda makin asyik dan mudah mengemudikan BMW.

• Driving Experience Control
Fitur Driving Experience Control memudahkan Anda memilih mode berkendara BMW yang tepat dengan kondisi perjalanan maupun mood Anda. Fitur yang dioperasikan melalui tombol di dekat tuas transmisi ini mampu mengatur beragam konfigurasi mobil, mulai dari performa mesin, feedback setir, hingga pengaturan suspensi mobil.

Fitur Driving Experience Control terbagi dalam pilihan ‘ECO PRO’, ‘COMFORT’, ‘SPORT’, serta ‘SPORT +’ yang tersedia khusus di varian BMW M dan BMW M Sport. Adapun pilihan mode terbaru ‘ADAPTIVE’ tersedia di BMW 7 Series dan BMW 5 Series, dimana mode ini secara otomatis memprediksi sekaligus menyesuaikan konfigurasi mobil dengan gaya berkendara Anda.

• Cruise Control with Braking Function
Mayoritas varian BMW terkini di Indonesia sudah dilengkapi fitur Cruise Control with Braking Function. Fitur inilah yang bertugas mengatur kecepatan mobil secara otomatis hingga kecepatan maksimum 210 km/jam, tanpa Anda harus menginjak pedal gas sepanjang fitur digunakan.

Anda bisa menggunakan fitur ini dengan menekan tombol cruise control yang memiliki logo speedometer di area setir bagian kiri. Adapun pengaturan kecepatan melalui “colekan” pada rocker switch bertandakan ‘+’ dan ‘-‘, serta bisa dibatasi melalui tombol ‘LIM’ yang berfungsi sebagai speed limiter.

• Dynamic Braking Lights
Fitur Dynamic Braking Lights mampu meningkatkan keselamatan Anda dan pengendara lain saat berkendara. Pasalnya, fitur ini akan menampilkan dua level lampu rem yang berbeda untuk menandakan bahwa Anda sedang melakukan pengereman normal maupun pengereman mendadak.

Level pertama pada Dynamic Braking Light terlihat dari aktifnya lampu rem, di mana hal ini menandakan mobil mengalami pengereman normal. Apabila mobil melakukan pengereman mendadak, maka lampu rem akan menyala lebih terang dan berkedip beberapa kali untuk menandakan mobil berhenti mendadak. Alhasil pengemudi belakang bisa lebih cepat mengantisipasi dan melakukan manuver menghindari

• Park Distance Control
Menggunakan sensor radar ultrasonik yang bisa disematkan di beberapa area bemper, fitur Park Distance Control sanggup mendeteksi secara otomatis keberadaan objek penghalang terdekat, batasan area parkir, serta jarak antara mobil Anda dengan mobil lain saat parkir paralel.

Fitur ini aktif melalui dua cara, yakni saat tuas transmisi berada di posisi ‘R’ atau dengan menekan tombol khusus terletak di sebelah tombol Electronic Parking Brake. Nantinya sistem iDrive akan menampilkan grafis atau visual kamera belakang secara real-time dengan tambahan grafis radar yang berubah warna hijau, kuning, dan merah untuk menandakan seberapa dekat mobil BMW dan objek terdekat.

• Parking Assistant / Remote Control Parking
Jika Anda ingin merasakan sensasi semi-autonomous, BMW kini bisa mewujudkan keinginan Anda melalui fitur Parking Assistant. Fitur terbaru di The All-New BMW 5 Series ini memungkinkan mobil melakukan parkir paralel secara otomatis, tanpa Anda melakukan manuver kemudi, memindahkan tuas transmisi, serta menginjak pedal gas atau rem.

Selain fitur Parking Assistant, BMW sejatinya sudah merancang fitur semi autonomous lain berupa Remote Control Parking. Tersedia di BMW 7 Series, khususnya BMW 740Li, fitur ini berfungsi sebagai “asisten” dalam memarkirkan mobil tanpa perlu Anda berada di dalam mobil. Anda hanya perlu menggunakan BMW Display Key untuk menggerakkan mobil secara otomatis sekaligus mengawasi mobil dari halangan di luar kendaraan.

Jangan lupa mencoba fitur-fitur tersebut di mobil BMW kesayangan Anda agar mengendarainya makin fun to drive.

Berita Terkait

Author