Search Cars

Otomotif

Cara Toyota Innova Community Tertib Berlalu-lintas dan Mengisi Kegiatannya

Toyota Kijang Innova merupakan generasi Kijang pertama yang dibangun berdasarkan platform sharing dari Toyota Hilux (pick up) dan Toyota Fortuner (SUV).

 

Toyota Kijang generasi kelima di Indonesia ini pertama kali meluncur pada 1 September 2004 dalam bentuk sosok MPV premium.

 

Sekalipun diproduksi menggunakan platform sharing, namun Toyota tetap mempertahankan DNA Kijang yang sudah mendarah daging. Kijang Innova tetaplah MPV yang menggunakan sasis ladder frame, sama seperti pendahulunya.

 

Di sisi lain, tuntutan mobil keluarga premium dan berperforma tinggi semakin meningkat. Untuk menjawab tantangan ini, Toyota melakukan regenerasi Toyota Kijang Innova, yang melahirkan Toyota All New Kijang Innova pada November 2015.

 

Tersebar hingga Dubai

Tumbuh kembang Toyota Kijang Innova di Indonesia juga turut disertai oleh berkembangnya Innova Community (IC).

 

IC sendiri didirikan pada 23 Juli 2006 atas dasar kekeluargaan dan hobi yang sama.

 

“Awal didirikannya IC ini bertujuan untuk menyatukan seluruh pengguna Toyota Kijang Innova di Indonesia dan luar Indonesia dalam suatu komunitas. Misi kami adalah giat mengadakan CSR dan mengadakan kegiatan bersama yang positif dan berguna untuk member, masyarakat sekitar, dan lingkungan,” kata Nugraha Reza, Innova Community.

 

Di usia yang ke-12, IC telah memiliki 2.900 member resmi, 2.500 member mailing list, 32.000 member Facebook, 800 followers Instagram, dan 3.000 followers di twitter yang tersebar di berbagai di seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Madura, Surabaya, Medan, Palembang Batam, Aceh, Palangkaraya, Banjarmasin, Makassar, Bali, Nusa Tenggara, Kupang hingga Sorong.

 

“Tidak hanya itu, kini member IC pun sudah tersebar sampai di Malaysia dengan 4.000 member, Singapura, Dubai, Australia, dan Amerika Serikat. Bahkan IC sudah menjadi bagian dari Innova Asean,” ujar Nugraha.

 

GATELL, Go Green, dan CSR

Sejak berdiri, kegiatan-kegiatan internal IC tiap chapter yang rutin diadakan seperti kopdar (kopi darat) sekaligus coaching clinic antar member dengan tujuan untuk tetap menjaga keakraban dan tali silaturahmi.

 

Tentu IC juga memiliki kegiatan unggulan. Sebut saja seluruh member rutin IC mengkampanyekan GATELL, gerakan tertib lalu lintas, yaitu dengan mentaati peraturan dan tidak menggunakan strobo, sirene, dan patwal saat berkonvoi serta memaksimalkan penggunaan radio komunikasi sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lain.

 

Ada pula Go Green berupa kegiatan menjaga lingkungan dan kelestarian alam dengan rutin melakukan penanaman pohon di Hari Bumi, tanam terumbu karang, penebaran benih ikan, pelepasan tukik (anak penyu), pembersihan sampah, dan lain-lain.

 

“Kami juga memiliki kegiatan CSR lain seperti Gerakan Baksos Literasi yang membantu pengadaan buku bacaan pendidikan, alat tulis, alat peraga pendidikan, mainan edukasi, dan saran pendukung untuk sekolah dan rumah baca di daerah tertinggal,” kata Nugraha.

 

Sementara untuk yang punya hobi balap dan otomotif, terdapat IC Racing Team yang merupakan wadah bagi member IC untuk lebih fokus ke kegiatan yang berhubungan dengan balap, drag race, hingga kontes mobil.

 

“We are not club. we are a family”

Untuk menjadi member IC calon member harus memiliki mobil Toyota Kijang Innova dari berbagai generasi. Detail pendaftaran dapat mengunjungi website IC www.innovacommunity.org.

 

“Biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000 untuk seumur hidup. Dengan menjadi member IC, ada banyak keuntungan yang didapat saat jadi member IC, salah satunya menambah keluarga. Sesuai moto IC, we are not club. We are a family,” kata Nugraha.

 

Ditambahkannya, member IC juga memiliki keuntungan dapat saling bertukar informasi dan diskon untuk merchant ekslusif IC. Tiap acara yang diadakan IC pun disupport oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

 

Di tahun 2018 ini, IC rencananya akan mengadakan Kopdar Akbar Jawa di Kota Malang dan Ekspedisi Literasi Jawa-Bali.

 

Selain itu, untuk mengenal lebih jauh tentang IC dan member IC dapat bergabung di media sosial.

Facebook: Innova Community

Instagram: @innovacommunity

Twitter : @innovacommunity

 

Yuk, jadi member Innova Community!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.