Cara Setting Audio Mobil, Bikin Suaranya Makin Yahud

Modifikasi mobil tidak lepas dari sektor hiburan. Supaya makin yahud, begini cara setting audio mobil yang benar.

Toyota Corolla Cross

Cara setting audio mobil itu gampang-gampang susah. Apalagi buat yang sudah dimofikasi, setting-an audio tentunya harus pas agar suara yang dikeluarkan enak didengar.

Aliran modifikasi audio beragam, tidak hanya sekedar mengganti head unit, menambah speaker, power, dan subwoofer.

Misalnya aliran modifikasi audio Sound Quality (SQ), yaitu yang mengutamakan kualitas suara dari audio, sesuai dengan namanya, sound quality.

Detail, kedalaman, hingga semua frekuensi suara harus terdengar jelas dan jernih.

Baca juga: Aliran Modifikasi Audio Mobil yang Nendang di Kuping

Lalu ada aliran modifikasi audio Sound Quality Loud (SQL) yang mementingkan pengaturan speaker dan subwoofer.

Untuk itu, mobil harus dipasangi speaker dan subwoofer dalam jumlah yang banyak di hampir seluruh bagian kabin hingga bagasi.

Terakhir, Sound Pressure Level (SPL). Berbeda dengan kedua aliran di atas, modifikasi ini menonjolkan suara bass yang besar dan kencang.

Subwoofer yang digunakan tidak sebanyak SQL, namun memiliki fungsi lebih spesifik untuk mendukung kencangnya dentuman bass.

Tiap aliran modifikasi itu memiliki cara setting audio yang berbeda-beda.

Tidak hanya berdasarkan pendengaran dan perasaan, mengatur audio mobil yang sudah dimodifikasi bisa didukung oleh software agar suaranya lebih nendang dan presisi tiap layer-nya.

Baca juga: Modifikasi Audio, Apa Bedanya Speaker dan Tweeter?

Lantas, bagaimana cara setting audio mobil yang masih standar atau bawaan pabrik agar suaranya lebih maksimal?

Atur volume

Sebelum setting audio mobil dengan head unit dan speaker bawaan pabrik, ada baiknya kamu atur dulu volume-nya sesuai dengan kenyamanan telinga dan keadaan jalan.

Misalnya, bila lebih sering dengar audio saat macet, tentu setting-an volume akan berbeda saat mobil berjalan di keadaan lancar, misalnya di tol.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Power Audio Mobil yang Bagus?

Sesuaikan volume dengan situasi jalan. Hal ini menjadi acuan untuk mengambil rata-rata besarnya volume suara untuk mengatur audio mobil di kondisi jalan lainnya.

Mulai dari 0

Dengarkan suara yang dihasilkan speaker atau subwoofer dari posisi kamu, misalnya di jok pengemudi, jok penumpang, atau tempat biasa kamu duduk saat naik mobil.

Setelah itu, posisikan semua pengaturan audio yang disediakan ke 0.

Biasanya, pengaturan head unit bawaan pabrik ada di menu. Pilihan pengaturan audio terdiri dari bass, mid, treble balance, fader, dan sebagainya.

Seimbangkan suara

Cara setting audio mobil selanjutnya adalah mengatur keseimbangan suara pada pilihan balance.

Baca juga: Berbagai Asumsi Kaca Film yang Sering Terdengar, Ini Faktanya

Ketika duduk di jok pengemudi, kamu akan merasa suara dari speaker sebelah kanan otomatis lebih keras ketimbang yang di sebelah kiri karena lebih dekat dengan kuping.

Pada pilihan balance kamu bisa menyeimbangkan suara audio. Balance bisa digeser antara satu hingga dua step sesuai dengan kebutuhan.

Mengatur fader

Sama seperti balance, namun fader berfungsi untuk mengatur keseimbangan keluaran suara, antara speaker yang ada di depan dan belakang.

Bass, mid, treble

Setelah mendapatkan keluaran suara yang seimbang dari pengaturan balance dan fader, selanjutnya adalah memainkan bass, mid, dan treble.

Baca juga: Tips Kredit Mobil dengan Gaji UMR dan Tetap Bisa Nabung

Upayakan agar ketiganya juga seimbang. Bass adalah suara rendah, mid atau middle suara sedang, dan treble adalah suara tinggi.

Cara mengatur audio mobil biasanya dimulai dari treble, lalu mid, baru terakhir bass. Dengarkan dengan seksama untuk mendapatkan keseimbangan suara yang dihasilkan speaker.

Jika keluaran suara sudah seimbang, audio mobil makin enak didengarkan dan nyaman di telinga.

Tidak bisa dipaksakan, urusan suara memang kembali ke telinga masing masing pemilik mobil.

Baca juga: Catatan Sejarah BMW Seri 3 dari Generasi Jadul Sampai Kini

Ada yang suka bass kencang, ada juga yang suka dengan suara seimbang. Bagaimana, mudah bukan cara setting audio mobil sendiri? Selamat mencoba!