Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Poles Mobil di Rumah Tanpa Menggunakan Mesin

Tidak jarang para pemilik mobil rutin melakukan perawatan di salon mobil. Namun sebenarnya kamu bisa melakukannya di rumah, lho. Begini caranya.

poles mobilBodi mobil yang bersih dan kinclong adalah dambaan setiap pemilik mobil. Salah satu upaya untuk menjaga tampilan eksterior mobil adalah dengan melakukan poles mobil.

Tujuannya, untuk menghilangkan segala bentuk masalah pada cat seperti waterspot, baret halus, cat kusam, dan lain-lain, serta tentunya agar warna cat lebih terang dan mengkilap.

Poles mobil biasanya dilakukan dengan peralatan dan mesin khusus yang biasanya hanya dimiliki oleh bengkel atau salon mobil. Namun bukan berarti kamu tak bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa alat atau mesin khusus.

Sebelum mulai memoles bodi mobil kamu, pertama-tama pastikan kamu memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti soft buff pad, lap microfiber, compound, polish dan wax.

Jika kamu sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, lakukan pencucian seluruh bagian bodi mobil untuk menghilangkan debu dan kotoran yang masih menempel pada bodi mobil sebelum melakukan poles mobil.

Kemudian keringkan dengan lap microfiber atau chamois lembut untuk menghilangkan waterspot yang masih menempel pada bodi mobil.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Saat mulai mencuci dan melakukan body detailing, usahakan juga untuk melakukannya di tempat yang terhindar dari paparan debu dan sinar matahari.

Selanjutnya, kamu bisa masuk ke tahap pemolesan kedua yaitu melapisi bodi mobil dengan polish. Pengaplikasian polish biasanya lebih sedikit dibandingkan compound, cukup 1 tetes untuk 1 bagian kotak di panel mobil.

Tahap ketiga, untuk memproteksi bodi mobil yang telah dibersihkan dan dipoles aplikasikan juga wax. Oleskan wax secukupnya pada soft buff pad, kemudian usapkan sama seperti tahap sebelumnya ke seluruh bagian bodi mobil, usap dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Setelah itu, biarkan 3 sampai 5 menit agar cairan menyerap pada lapisan cat.

Terakhir, sama seperti tahap-tahap sebelumnya, lap juga seluruh bagian bodi mobil dengan lap microfiber bersih untuk mengangkat sisa wax.

Kamu dapat melakukan proses pemolesan yang sama pada bagian mobil lainnya. Dengan demikian, kamu hanya perlu mengulangi proses tersebut pada bagian samping, depan, dan belakang mobil.

Selain bagian-bagian utama mobil tersebut, poles juga bagian kaca mika lampu dan pelek mobil. Kamu juga dapat menggunakan obat penghilang jamur pada bagian kaca dan spion mobil.

Untuk membantu kamu membersihkan debu dan kotoran pada bagian celah-celah sempit, kamu dapat menggunakan alat lain seperti sikat gigi.

Baca juga: Biar Kekinian, Ini Bagian dari Mobil Tua yang Perlu Dimodifikasi

Lakukan pemeriksaan kembali pada setiap bagian mobil. Jika dirasa masih ada yang perlu dipoles maka segera poles. Jika sudah dirasa cukup, maka proses pemolesan mobil sudah selesai.

Waktu pemolesan amat sangat tergantung pada kekusaman dan detail pekerjaan. Semakin kusam mobil kamu maka proses pemolesan akan semakin lama.

Selain itu, semakin rapi dan detail pekerjaan kamu semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk memoles mobil.

Rangkuman tips poles mobil tanpa mesin

Meski kamu tidak memerlukan mesin poles untuk memoles mobil, memoles dengan tangan sebenarnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain membutuhkan lebih banyak tenaga, kamu juga memerlukan kesabaran saat mengerjakannya.

Untuk membantu kamu menyelesaikan pemolesan mobil dengan baik, berikut rangkuman tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Ketika mencuci dan melakukan proses detailing (perawatan) usahakan jangkau juga bagian yang terhindar dari sinar matahari dan paparan debu.
  2. Mulai perawatan ketika suhu mobil normal atau dingin. Hindarilah memulai perawatan ketika mobil baru saja digunakan atau mesin masih panas.
  3. Proses pemolesan menggunakan soft buff pad dan cairan compound. Cairan compound berguna untuk menghilangkan baret atau goresan halus, dengan cara menghaluskan, dan memulihkan permukaan cat yang kusam.
  4. Teknik yang tepat untuk pemolesan adalah dengan membubuhi soft buff dengan cairan compound dan mengusapkannya pada bagian mobil per panel. Setelah selesai, ulangi proses (teteskan cairan dan usapkan) pada bagian panel mobil yang lain.
  5. Tunggu proses tersebut selama sekitar 5 menit, kemudian bersihkan sisa (jika ada) dengan lap microfiber.
  6. Setelah selesai, kamu bisa melakukan polishing. Polishing berfungsi untuk membuat warna cat mobil kamu tetap mengkilap.
  7. Bagian akhir dari rangkaian proses pemolesan adalah waxing. Ini bermanfaat untuk melapisi atau memproteksi bodi mobil. Baik proses waxing dan polishing sama dengan proses pemolesan.
  8. Setelah semua proses dilakukan, bersihkan atau lap seluruh bagian mobil dengan lap microfiber. Proses pengelapan tersebut dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa cairan.

Meski bodi mobil kamu kini sudah mengkilap dan bersih, tetap jaga performa mobilmu juga, ya. Maka dari itu jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan pada mobil agar mobil tetap prima.

Jadi, jangan lupa kunjungi Seva.id, ya. Ada layanan Home Service yang siap bantu kamu merawat mobil kesayangan kamu dari rumah.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.