Cara Mudah Menuju Venue Asian Games 2018

Asian Games 2018 cukup menyedot perhatian masyakarat tanah air dan menjadi perbincangan hangat saat ini, mulai dari para atlet yang bertanding, hasil pertandingan, sampai dengan cara menuju venue Asian Games 2018.

 

Namun, adanya kebijakan ganjil genap untuk mobil-mobil pribadi membuat sebagian masyarakat bingung untuk menuju ke venue Asian Games 2018. Padahal, pemerintah telah menyediakan beragam fasilitas yang memudahkan mereka untuk mengatasi hal tersebut.

 

Fasilitas-fasilitas tersebut dapat Anda simak di bawah ini yang mungkin dapat menjadi solusi bagi Anda untuk menonton langsung dan mendukung Indonesia di Asian Games 2018.

 

Baca juga: Ingin Nonton Asian Games 2018? Cek Daftar Venue Ini

 

Transjakarta

PT Transjakarta mendorong masyarakat untuk menggunakan angkutan umum untuk menuju venue Asian Games 2018. Salah satu caranya adalah dengan menambah jumlah bus Transjakarta selama event olahraga empat tahunan ini berlangsung.

 

Sebelumnya, bus Transjakarta yang beroperasi adalah 1.600 unit. Saat ini, PT Transjakarta mengerahkan sebanyak 1.750 unit bus bagi masyarakat agar misi untuk menggunakan angkutan umum tercapai.

 

Lalu, setiap akhir pekan selama gelaran Asian Games 2018, PT Transjakarta menyediakan layanan bus Transjakarta gratis bagi masyarakat. Untuk menikmati fasilitas tersebut, masyarakat harus memiliki kartu uang elektronik sebagai formalitas tap in saat masuk ke halte Transjakarta.

 

Bukan itu saja, Transjakarta juga menyediakan 20 armada gratis yang akan mengelilingi venue Gelora Bung Karno (GBK) selama Asian Games 2018. Jadi, para pendukung yang ingin berpindah venue tidak perlu berjalan terlalu jauh.

 

Kereta

Selain dengan Transjakarta, masyarakat juga dapat menggunakan kereta untuk mencapai venue Asian Games 2018. PT KAI memberikan potongan harga 10 persen untuk pembelian tiket semua jurusan bagi masyarakat yang berpergian menggunakan kereta. Diskon tersebut diberikan untuk masyarakat yang melakukan pembelian di boothstand PT KAI di Jl. Expo Kemayoran, Jakarta.

 

Namun, pembelian tersebut harus sesuai dengan identitas calon penumpang yang akan melakukan perjalanan. Jika tidak sesuai, maka tiket dinyatakan tidak berlaku.

 

PT KAI juga menyediakan Kartu Multi Trip (KMT) edisi  terbatas bertema Asian Games 2018. Kartu ini bisa didapatkan di stasiun-stasiun dan sudah tersedia sejak Jumat (17/8) sebanyak 15.000 buah.

 

Ada tiga desain kartu berbeda sesuai dengan maskot Asian Games 2018, yaitu Atung, Kaka, dan Bhin Bhin. PT KAI juga menyulap beberapa rangkaian kereta bertema pahlawan olahraga Indonesia sebagai bentuk dukungan untuk memeriahkan Asian Games 2018.

 

Berjalan kaki

Bagi sebagian orang, berjalan kaki merupakan hal yang menyenangkan karena dapat lebih detail memahami keadaan yang terjadi di jalan. Namun, infrastruktur yang kurang memadai sering kali menjadi penghambat mereka untuk melakukannya.

 

Tapi sekarang tidak lagi, infrastruktur bagi pejalan kaki sudah selesai dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta dan sangat layak digunakan. Selain besar, pedestrian yang dibangun juga ramah bagi tunanetra karena terdapat garis penunjuk jalan yang berwarna kuning.

 

Nah, bagi Anda yang hobi berjalan kaki dan tinggal di sekitaran GBK, silakan saja menggunakan fasilitas ini untuk pergi ke venue Asian Games 2018.

 

Kendaraan pribadi

Aturan ganjil-genap saat ini memang diterapkan setiap hari. Tetapi, bukan berarti kendaraan pribadi tidak diperbolehkan untuk menuju ke venue Asian Games 2018.

 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerjasama dengan sejumlah pengelola gedung telah menyiapkan 93 kantong parkir di sekitar Gelora Bung Karno selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

 

Jadi, bagi Anda yang memegang tiket Asian Games 2018, akan mendapat fasilitas parkir khusus di gedung-gedung tersebut.

 

Lokasi kantong parkir Asian Games 2018 terletak di sejumlah titik, yaitu di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Asia Afrika, Jalan Gatot Soebroto, dan Jalan Pattimura. Tarif yang ditetapkan pada kantong-kantong parkir tersebut bersifat flat, yaitu sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

 

Selain kantong parkir, Anda dapat menggunakan aplikasi CariParkir untuk mendapatkan tempat parkir kendaraan Anda ketika ingin menonton Asian Games 2018. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mencari lokasi parkir terdekat dari venue Asian Games 2018 yang terdapat pada fitur lokasi parkir.

booking parkir onlineJika ingin memanfaatkan fasilitas kendaraan umum, CariParkir juga memiliki mitra yang tersebar di Jabodetabek dan tentunya dekat dengan stasiun kereta dan halte Transjakarta. Jadi, Anda dapat memarkirkan kendaraan di mitra CariParkir dan lanjut menggunakan transportasi umum ke GBK.

 

Download CariParkir:

 

 

 

Sejalan

Anda juga menggunakan aplikasi berbasis ride sharing, yaitu Sejalan. Aplikasi ini dapat menjadi solusi dan alternatif bagi Anda untuk mencapai venue Asian Games 2018 jika tidak ingin membawa kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum.

 

Anda dapat mencari Kapten Sejalan yang searah dengan tujuan Anda di aplikasi Sejalan, lalu Kapten Sejalan akan menjemput Anda sesuai dengan titik penjemputan yang ditentukan.

 

Dengan menggunakan Sejalan, Anda juga terhindar dari kebijakan ganjil genap yang saat ini diterapkan setiap hari, pada pukul 06.00 – 21.00 WIB.

 

Download Sejalan:

 

 

Bagaimana, sangat mudah bukan? Yuk kita ramaikan Asian Games 2018 ini, dukung olahragawan kita!