Cara Mudah Mengurus SIKM DKI Jakarta untuk Bepergian

By Adlina Nufikha - May 29, 2020

SIKM diperlukan untuk kamu yang ingin bepergian keluar-masuk ke ibukota. Sudah tahu cara mengurusnya? Simak cara di sini!

Sejumlah kota di Indonesia, termasuk ibukota DKI Jakarta saat ini sedang dan masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Apalgi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020, dimana peraturan tersebut mengatur bahwa setiap orang yang ingin bepergian haruslah memiliki Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM.

Baca juga: Mau Bepergian saat Pandemi? Simak dan Siapkan Syarat Ini

Perlu diketahui bahwa SIKM ini wajib dimiliki oleh setiap orang yang bepergian, terutama bagi mereka yang berada di luar Kota Jakarta dan ingin memasuki wilayah ibukota. SKIM sendiri dapat kamu urus secara online atau daring melalui website. Berikut cara mudahnya!

Jenis SIKM

Sebelum mengurus SIKM, kamu perlu mengetahui bahwa ada dua jenis SIKM. Pertama adalah SIKM Perjalanan Berulang yang diperuntukan untuk kamu yang memiliki lokasi kerja di DKI Jakarta namun tinggal di luar daerah Jabodetabek. Kedua adalah SIKM Perjalanan Sekali untuk mereka yang tinggal di luar Jabodetabek dan harus melakukan perjalanan dinas ke DKI Jakarta.

Baca juga: Aturan Baru untuk Kamu yang Mau Terbang via Bandara Soetta

Selain diperuntukan untuk perjalanan dinas, SIKM Perjalanan Sekali juga diperbolehkan bagi mereka yang berada dalam kondisi tertentu seperti pasien gawat darurat, sakit keras, mengunjungi kerabat meninggal, dan kebutuhan mendesak lainnya. 

Ada hal yang perlu kamu ketahui juga, tidak semua orang diperbolehkan untuk mengajukan SIKM DKI Jakarta. Sebab, hanya mereka yang bekerja di 11 sektor industri khusus yang sudah ditentukan dan tetap beroperasi selama PSBB berlangsung. 

Sektor industri yang diperbolehkan antara lain:

  1. Kesehatan
  2. Keuangan
  3. Industri strategis
  4. Pangan
  5. Logistik
  6. Energi
  7. Perhotelan
  8. Konstruksi
  9. Komunikasi dan TI
  10. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari
  11. Objek vital

Selain dari 11 sektor industri yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa pengecualian yang berlaku antara lain:

  1. Pimpinan lembaga tinggi negara
  2. Korps perwakilan negara asing atau organisasi internasional
  3. Tentara dan polisi
  4. Petugas jalan tol
  5. Petugas COVID-19 dan tenaga medis
  6. Pemadam kebakaran
  7. Petugas ambulans dan mobil jenazah
  8. Pengemudi mobil barang tanpa penumpang
  9. Pengemudi mobil alat kesehatan
  10. Pasien gawat darurat disertai pendamping

Sebagai tambahan, bagi yang tinggal dan memiliki KTP daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (bodetabek), kamu tidak perlu mengurus SIKM untuk bisa masuk ke wilayah ibukota.

Berita Terkait

Author