Cara Mudah Menghasilkan Foto Kece Menggunakan Kamera Smartphone

08 August 2019

Bagaimana membuat hasil foto yang bagus dengan menggunakan kamera smartphone? Gampang banget, yuk simak di bawah ini.

Cara Mudah Menghasilkan Foto Kece Menggunakan Kamera SmartphoneMemotret untuk mengabadikan gambar adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat sekarang ini. Bahkan, beberapa orang rela untuk selalu menenteng smarphone-nya agar tidak kehilangan moment saat di jalan.

 

Memang, smartphone zaman now sudah memiliki kualitas yang cukup untuk menangkap suatu objek dan mengolahnya menjadi gambar yang baik. Apalagi smartphone sudah langsung terhubung dengan sosial media, proses “pamer” hasil foto jadi lebih mudah.

 

Nah, agar hasil jepretan kamu lebih oke, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memotret. Untuk lebih lengkapnya, simak di bawah ini.

 

Pastikan baterai cukup

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memotret dengan smartphone adalah memastikan baterainya cukup untuk digunakan. Jangan sampai smartphone kamu kehabisan baterai sebelum mendapatkan objek yang diinginkan.

 

Baca juga: Coba Foto Mobil Anda dengan Tips Ini untuk Hasil yang Maksimal

 

Mungkin, smartphone kamu dapat terselamatkan apabila membawa powerbank. Tetapi kalau tidak, kamu harus mencari colokan terlebih dulu dan menunggu sampai baterai kamu cukup untuk digunakan memotret. Bisa-bisa kamu sudah kehilangan moment duluan.

 

Lensa kamera harus bersih

Tips yang kedua adalah memastikan lensa kamera smartphone kamu bersih dari debu atau kotoran. Ini mungkin terdengar sepele, namun sangat berpengaruh terhadap hasil foto kamu nantinya.

 

Lensa yang kotor berpotensi menghasilkan titik hitam pada foto yang mengganggu objek dan keindahan foto tersebut. Lalu, foto kamu juga bisa terlihat lebih buram karena fokus kamera terganggu oleh kotoran di lensa.

 

Untuk itu, selalu perhatikan kebersihan lensa kamera smartphone kamu. Caranya mudah, cukup bersihkan dengan kain halus agar permukaan lensa tidak tergores.

 

Kenali karakter kamera smartphone

Selanjutnya adalah mengenal karakter dari kamera smartphone. Seperti yang sudah diketahui, kamera smartphone memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya dan memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing.

 

Baca juga: Spot Foto Anti-Mainstream di Jakarta yang Sangat Instagramable

 

Ada kamera smartphone yang unggul saat pengambilan gambar yang cepat, unggul di spot yang kurang cahaya, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengutak-atik berbagai fitur yang ada di kamera smartphone kamu.

 

Oleh karena itu, sebelum memotret, kenali dulu karakter kamera smartphone kamu supaya gambar yang dihasilkan memiliki kualitas baik dan sesuai dengan selera kamu.

 

Utamakan pencahayaan

Tips keempat adalah selalu mengutamakan pencahayaan. Memotret bukan hanya karena bagusnya kualitas dari kamera smartphone, tetapi juga pencahayaan. Bahkan, cahaya menjadi pengaruh yang paling penting saat mengambil gambar.

 

Pencahayaan yang cukup tentunya akan membuat gambar kamu jadi lebih terang dan terlihat detailnya. Selain itu, cahaya yang bagus juga menentukan kualitas gambar serta fokus dari kamera smartphone.

 

Kadang, fokus kamera smartphone akan terganggu jika kekurangan cahaya sehingga membuat objek yang ingin dijepret menjadi blur.

 

Pencahayaan yang bagus biasanya terjadi pada pukul 06.00 – 09.00 WIB, atau pukul 15.00 – 17.30 WIB (golden hours). Bila ingin mendapatkan cahaya yang baik, sebaiknya memoretlah pada jam-jam tersebut.

 

Jangan gunakan fitur zoom

Setiap smartphone pasti memiliki fitur zoom di kameranya. Namun, usahakan jangan menggunakan fitur tersebut saat memotret. Fitur zoom memang membuat objek semakin dekat, namun kualitas foto yang dihasilkan kadang menurun.

 

Untuk menghindari hal itu, lebih baik tentukan spot yang tepat untuk mengambil gambar terlebih dulu. Perhatikan jarak, angle, framing, dan lain-lain supaya hasil jepretan smartphone sesuai dengan selera kamu. Kualitas gambar yang baik akan mempermudah kamu saat mengeditnya nanti.

 

Baca juga: Lokasi Foto Prewedding Kece di Jakarta

 

Apabila tips di atas sudah dilakukan, sekarang saatnya kamu memotret sepuasnya dengan smartphone kamu. Bukan cuma foto hunting aja, kamu juga bisa gunakan tips di atas untuk memotret segala yang terjadi di kantor.

 

Termasuk memotret keseruan yang terjadi saat event Sejalan Ngelirik Kantor Kamu. Kegiatan ini adalah kerjasama antara Delta FM dan Sejalan, yang akan mengunjungi beberapa kantor untuk melakukan keseruan disana.

sejalan office to office

Ada 3 kantor terpilih yang akan dikunjungi oleh Delta FM dan Sejalan, yaitu Kompas Gramedia dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Sedangkan 1 kantor lagi, yaitu Sentrajaya, Sejalan melakukan open booth untuk memperkenalkan aplikasi berbasis ride sharing ini.

 

Untuk lebih lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

 

Kompas Gramedia – Office to Office (7 Agustus 2019, pukul 12.00 WIB)

Jl. Palmerah Barat No.Kompas Gramedia, Jl. Palmerah Barat No.22-26, RT.1/RW.2, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

 

KEMENDAG – Office to Office (13 Agustus 2019, pukul 12.00 WIB)

Direktorat Sarana Distribusi Dan Logistik Gedung 2 Lantai 6 Jl. MI. Ridwan No.5 Gambir Jakarta Pusat

 

SENTRAYA – Open Booth (9 Agustus 2019)

Jl. Iskandarsyah Raya No.1A, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

 

Jadi jangan lupa, catat tanggalnya dan ikuti keseruannya. Ada games berhadiah juga loh.

SHARE