Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Mudah Mengganti Busi Mobil Sendiri di Rumah

Mengganti busi mobil sendiri di rumah ternyata bisa hemat lho. Caranya cukup mudah, selengkapnya simak di bawah ini.

mengganti busi mobil

Suku cadang yang satu ini memang kecil, tapi kalau sudah bermasalah akan berpengaruh besar pada kinerja mobil. Yap, busi yang terganggu kinerjanya dapat membuat konsumsi bahan bakar pada mobil menjadi lebih boros akibat pengapian yang kurang optimal pada ruang bakar.

Demi pengapian yang lebih sempurna, pemilik mobil disarankan untuk rajin mengecek busi. Kebersihan busi juga hal penting untuk menjaga performa mobil.

Biasanya, pada bagian ujung busi, terdapat tumpukan kerak yang menempel di elektroda. Kerak tersebut timbul karena bekas dari hasil pembakaran.

Sebaiknya, kamu ganti busi mobil jika kerak sudah mulai menumpuk. Jangan memaksa untuk membersihkan busi dengan sikat kawat karena dapat membuat busi tidak bekerja secara maksimal seperti sebelumnya.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah, Mudah dan Tidak Repot

Mengganti busi mobil juga harus sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Jika tidak, resikonya adalah akan terjadi kerusakan pada ECU karena resistensi busi yang tidak cocok.

Penggantian busi biasanya dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 kilometer.

Nah, sebenarnya mengganti busi mobil sendiri di rumah cukup mudah, selain itu kamu juga bisa hemat ongkos pengerjaan bila di bengkel. Begini caranya.

mengganti busi mobil

Lokasi busi

Sebelum kamu mengganti busi mobil sendiri di rumah ada baiknya mengetahui lebih dulu di mana posisi busi berada. Tiap mobil memiliki posisi busi yang berbeda-beda. Ada pula posisi busi yang tertutup degan rapih di balik cover mesin.

Untuk itu, coba baca dulu buku panduan mobil kamu. Secara umum, posisi busi berada di bagian atas, tepat di tengah blok mesin dan terhubung dengan kabel busi.

Baca juga: Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Aman dan Benar

Nah, jumlah busi tiap mesin mobil pun berbeda. Misalnya untuk Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia yang konfigurasi mesinnya empat silinder, maka businya juga ada empat buah.

mengganti busi mobil

Siapkan peralatan

Untuk mengganti busi mobil sendiri di rumah kamu perlu menyiapkan peralatan untuk membuka dan memasangnya kembali.

Busi memiliki kunci pasnya sendiri dan umumnya sudah disertakan pada toolkit standar bawaan mobil. Namun, bila belum punya dan ingin membeli, ada tiga jenis kunci busi.

Pertama model ratchet yang dilengkapi gagang dan lebil fleksibel karena bisa ditekuk sesuai dengan jalur posisi busi di dalam mesin.

Kedua adalah kunci busi model T. Kunci busi ini mirip model ratchet, hanya saja pada bagian kepala atau kunci pasnya tidak bisa dilepas pasang atau ditambah ekstensi.

Baca juga: Memperbaiki Alarm Mobil Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Terakhir adalah kunci busi model pipa yang umum disertakan pada toolkit standar bawaan mobil. Biasanya setelah dimasukan ke rumah busi, untuk memutar atau membukanya membutuhkan kunci tambahan ukuran 10 atau 14.

mengganti busi mobil

Melepas busi

Kamu harus memarkirkan mobil di tempat yang rata dan aktifkan rem tangan. Setelah itu, cari posisi busi. Bila sudah, cara mengganti busi mobil sendiri di rumah selanjutnya adalah melepas kabel busi.

Kamu cukup tarik kabel busi untuk membukanya, dengan sedikit tenaga ke arah luar. Ingat, untuk menarik, ada baiknya kamu pegang pada bagian kepalanya agar kabel tidak mudah putus.

Baca juga: Cara Merawat Radiator Mobil Agar Suhu Mesin Tetap Ideal

Selanjutnya, masukkan kunci pas busi ke dalam rumah busi. Lalu, kamu bisa melonggarkannya dengan memutar berlawanan arah jarum jam hingga busi terlepas.

mengganti busi mobil

Memasang busi baru

Jika semua busi sudah terlepas, sekarang saatnya memasang busi yang baru. Untuk pemasangan, sebaiknya masukkan busi baru ke dalam kunci pas lebih dahulu, baru dimasukan ke dalam rumah busi.

Nah, gunakan sedikit perasaan agar busi pas ada di tempatnya. Bila sudah, tinggal dikencangkan dengan memutar kunci pas busi searah jarum jam.

Saat mengencangkan busi, cukup sampai putarannya habis saja, tidak perlu tenaga berlebih. Sebab bila terlalu kencang bisa merusak ulir pada bagian kepala silinder.

Busi sudah terpasang semua dengan benar, jangan lupa untuk kembali memasang kabelnya di tempatnya masing-masing. Pastikan tidak tertukar.

Baca juga: Perawatan Mobil di Rumah yang Simple dan Bisa Dilakukan Sendiri

indikator check engine menyala

Kemudian, hidupkan mesin untuk memastikan pengapian yang dihasilkan busi sudah sesuai dengan kebutuhan mobil.

Sebagai informasi, mengganti busi mobil tidak bisa hanya satu saja, melainkan harus mengganti keseluruhannya. Begitu juga dengan kabel busi.

Mengganti hanya salah satu busi akan mengakibatkan kinerjanya pincang, karena busi baru tentu kinerjanya lebih baik daripada busi lama.

Mudah bukan cara mengganti busi mobil sendiri di rumah?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.