Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Merawat dan Menjual Mobil yang Jarang Dipakai Agar Menguntungkan

Ingin mobil yang jarang dipakai menguntungkan saat dijual? Mungkin tips di bawah ini bisa membantu Anda mewujudkannya.

menjual mobilHadirnya mobil baru membuat sebagian orang jarang menggunakan mobil lamanya untuk kegiatan sehari-hari. Akhirnya, mobil yang jarang dipakai itu akan dibiarkan begitu saja di dalam garasi. Oleh karena itu, tidak jarang ada pemilik mobil yang berniat untuk menjual mobil lamanya.

 

Namun, apakah mobil yang jarang atau tidak pernah digunakan lagi akan laku dan menguntungkan jika dijual?

 

Sebenarnya, harga mobil tidak hanya dipengaruhi oleh hal tersebut. Ada banyak faktor yang membuat harga jual mobil Anda tinggi. Memang, mobil yang jarang digunakan belum tentu bebas dari masalah.

 

Namun, bila masih mendapatkan perawatan yang cukup dan selalu melakukan pengecekan berkala di bengkel resmi, mobil akan mendapatkan harga yang sesuai ketika dijual, walaupun hanya menjadi penghuni tetap garasi.

 

Selain perawatan di bengkel resmi, Anda juga bisa melakukan perawatan mobil sendiri di rumah, agar kondisi mobil selalu terjaga. Caranya mudah, Anda hanya perlu melakukan hal-hal di bawah ini.

 

Perhatikan bagian mesin

Pertama, perhatikan bagian mesin, karena menjadi salah satu faktor penting penentu harga mobil. Apabila mesin bermasalah, maka harga jualnya otomatis turun, bahkan bisa berpengaruh terhadap peminat mobil Anda.

 

Baca juga: Jangan Sembarangan! Ini Cara Merawat Mesin Turbo

 

Atau, Anda bisa melakukan perawatan kecil sendiri di rumah, misalnya mengganti oli mesin, menguras air radiator, mengecek tegangan aki, dan lain sebagainya.

 

Namun, jika ingin melakukan pengecekan menyeluruh, misalnya pada bagian injeksi, gearbox, ruang bakar, dan lain-lain, Anda  membutuhkan tenaga profesional  untuk mengerjakannya. Untuk itu, selalu rawat mobil Anda secara berkala di bengkel resmi.

 

Pastikan surat-surat mobil lengkap

beli mobil off the roadSelain mesin, faktor penting lainnya adalah surat-surat mobil. STNK, BPKB, dan faktur pembelian menjadi hal wajib bila Anda menginginkan mobil dihargai tinggi oleh pembeli, karena semua spesifikasi mobil tertera di dalam surat-surat tersebut.

 

Baca juga: Cara Membayar PKB Online Melalui ATM, e-Samsat, dan SMS

 

Mulai dari nomor rangka, nomor mesin, sampai dengan catatan pajak ada di dalamnya. Oleh karena itu, surat-surat sekaligus menjadi legalitas dan bukti bahwa mobil yang ingin dijual bukan hasil pencurian atau barang gelap.

 

Lakukan perawatan interior dan eksterior

Kemudian, bersihkan seluruh interior dan eksterior, usahakan mobil Anda terlihat layaknya mobil baru. Jangan sampai terlihat ada goresan atau noda yang berpotensi menurunkan nilai estetika dan harga jual mobil Anda.

 

Untuk merawat bagian eksterior, hindari memarkirkan mobil di tempat terbuka, apalagi jika jarang digunakan, karena sinar matahari bisa mengurangi kadar warna cat mobil. Bukan hanya sinar matahari, tetapi juga embun malam.

 

Baca juga: Tips Jual Mobil Bekas dengan Cepat dan Pasti Laku

 

Lalu, gunakan wax untuk mempercerah warna dan menghilangkan goresan pada mobil. Sebenarnya, menggunakan wax boleh saja asalkan tidak berlebihan, karena penggunaan yang terlalu sering akan membuat cat mobil terkikis.

 

Apabila goresan atau noda susah untuk dihilangkan, lebih baik bawa mobil Anda ke bengkel perawatan body dan interior mobil untuk mempercantik tampilannya.

 

Jangan menutup mobil dengan sarung mobil

kandaraan saat mudikBanyak yang salah kaprah soal ini. Jangan mengira jika menutup mobil dengan sarung mobil akan membuat cat mobil lebih awet. Justru, hal tersebut malah tidak disarankan, kenapa?

 

Baca juga: Ingin Mobil Mengkilap dan Kinclong? Cobain Cara Ini

 

Jika ditutup pada malam hari atau saat hujan, permukaan mobil akan menjadi lembab dan membuatnya berjamur. Sedangkan apabila keadaan panas, debu di permukaan mobil akan menempel karena tidak terkena angin dan susah untuk dihilangkan. Jadi, lebih baik parkir mobil Anda di dalam garasi.

 

Warna mobil bisa jadi penentu harga

mengendarai city carSelain, merek, tipe, dan performa mesin, warna masuk ke dalam daftar pertimbangan pembeli. Pemilihan warna tersebut bukan hanya soal selera, tetapi juga harga jual kembali.

 

Pasalnya, warna menjadi salah satu penentu harga mobil jika bicara soal resale value, khususnya pada segmen medium-low.

 

Warna mobil yang paling diminati adalah hitam dan putih. Namun, biasanya warna ini paling sering dicari untuk jenis mobil sedan, Sport Utility Vehicle (SUV), dan Multi Purpose Vehicle (MPV). Sedangkan pada tipe lainnya, ada warna lain yang sering diburu oleh peminat mobil bekas.

 

Untuk itu, selalu rawat kendaraan Anda walaupun jarang digunakan ya. Karena, mobil yang jarang dipakai juga berpotensi mengalami kerusakan, entah gangguan kelistrikan, mesin, dan sebagainya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.