Search Cars

Travel & Lifestyle

Cara Menyulap Botol Plastik Bekas Jadi Berguna, Bisa untuk Smartphone

Yuk, manfaatkan botol plastik bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat. Berikut cara dan rekomendasinya.

botol plastik bekas

Botol plastik bekas biasanya berasal dari produk minuman atau produk lainnya. Saat sudah habis terpakai, rata-rata konsumen langsung membuangnya karena sudah tidak terpakai.

Padahal, ada cara lain untuk memanfaatkan botol plastik bekas yang kamu miliki dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna.

Seperti yang sudah diketahui, banyak negara yang sudah meminimalisir penggunaan plastik karena disinyalir bisa merusak lingkungan.

Maka dari itu, untuk mendukung kelestarian lingkungan, lebih baik jangan buang botol plastik bekas setelah digunakan.

Baca juga: Bumbu Dapur Bisa Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil?

Pasalnya, kamu bisa mempercantik botol plastik bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bagaimana caranya? Kamu bisa ikuti tips mengubah botol plastik bekas menjadi bermanfaat di bawah ini.

Taman vertikal dari botol plastik bekas

Membuat taman tidak selalu harus menapak tanah rata, kamu juga bisa membuatnya vertikal menempel di dinding dengan memanfaatkan botol plastik bekas.

Cara ini juga bisa menjadi solusi jika kamu memiliki lahan yang terbatas. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan beberapa buah botol plastik bekas yang sudah kamu sesuaikan dengan luas dinding yang tersedia.

Baca juga: Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil yang Tepat dan Tidak Merusak

Kemudian, rangkailah botol-botol tersebut secara teratur dengan tirai besi kemudian disusun ke bawah secara zigzag agar tidak monoton.

Selanjutnya, isi setiap botol tersebut dengan tanah dan kamu bisa mulai menanam beragam tanaman sesuai keinginanmu.

Pot tanaman

Punya pot lucu dan cantik tidak harus mahal, kamu bisa menciptakannya dengan memanfaatkan botol plastik bekas.

Selain ekonomis, dengan memanfaatkan botol plastik bekas kamu bisa membuatnya sesuai selera kamu sehingga terkesan lebih personal.

Baca juga: Cara Mengatasi Kabin Bau Apek Pada Mobil yang Jarang Dipakai

Misalnya, menyulapnya menjadi pot berbentuk kucing atau kelinci yang sangat menggemaskan dengan menggunakan cat lukis, atau melukiskan nama kamu pada sisinya.

Penahan charger handphone

Rasanya kesal sekali jika ingin mengisi daya handphone namun letak colokan terlalu tinggi dan tak ada meja atau apapun yang berdiri di bawahnya.

Oleh karena itu, penahan charger handphone bisa menjadi solusinya. Jangan kawatir, kamu tak perlu membelinya, cukup memanfaatkan botol plastik bekas.

Caranya, kamu hanya perlu membuat pola pada sisi botol sesuai keinginan, kemudian potong pola tersebut, lalu lubangi bagian atasnya dengan menyesuaikan besar-kecil ukuran charger yang akan kamu gunakan.

Hiasan dinding

Bosan dengan suasana ruangan yang gitu-gitu aja? Ingin menghiasnya tapi tidak ada ide? Tenang, kamu bisa memanfaatkan tutup botol untuk dikreasikan menjadi hiasan dinding.

Baca juga: Cara Menjaga Kualitas Udara di Kabin Mobil agar Tetap Bersih

Pertama, tentunya kamu perlu mengumpulkan tutup botol aneka warna, kemudian berkaryalah untuk menciptakan mozaik dan lukisan yang menarik yang sesuai dengan seleramu.

Lampu hias

Tidak hanya hiasan dinding, botol plastik bekas juga bisa dijadikan item dekorasi lain, yakni lampu hias atau chandelier.

Barang yang kamu perlukan adalah botol plastik bekas berwarna transparan agar lebih cantik dan bervariasi.

Kamu juga bisa membuat lukisan di sisi-sisinya. Hasilnya tidak kalah mewah dengan lampu-lampu yang beredar di pasaran, lho.

Aksesoris

Nah, kalau ide yang satu ini bisa bikin kamu tampil cantik. Kamu bisa memanfaatkan botol plastik bekas untuk disulap menjadi aksesoris, misalnya adalah menjadi bros.

Cara membuat bros dari botol plastik adalah dengan membentuk bagian bawah botol menjadi bunga cantik kemudian tambahkan peniti bros yang siap menjadi pendukung penampilanmu.

Kamu juga bisa meyulapnya menjadi bandana cantik dengan menggunakan beberapa bagian botol berwarna-warni.

Baca juga: Anti Ribet, Cara Ganti Filter Udara Mobil Sendiri di Rumah

Setelah itu, guntinglah menyerupai bunga dan susunlah dengan rapi. Berikan efek mewah dengan menambahkan manik-manik atau mutiara pada bagian tengah bunga. 

Selain bandana dan bros, kamu bisa menyulap botol plastik menjadi kalung yang cantik.

Caranya dengan mengguntingnya menjadi potongan-potongan kelopak bunga, lalu menyusunnya hingga terlihat seperti sebuah bunga dan merekatkannya pada tali atau kalung rantai.

Tempat aksesoris

Setelah menciptakan aksesoris, tentunya kamu akan membutuhkan tempat untuk menyimpannya, bukan?

Lagi-lagi, kamu bisa memanfaatkan botol plastik bekas sebagai tempat aksesoris. Caranya cukup menggunakan bagian bawah botol plastik bekas berwarna transparan.

Apabila ingin mempercantiknya, kamu bisa menambahkan manik-manik pada setiap sisi-sisinya.

Selain mengasah kreativitas, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dan tentunya mengurangi sampah plastik. Jadi, sudah ada rencana mau membuat kreasi apa dengan botol plastik bekas?

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.