Cara Menghilangkan Pusing Setelah Mabuk Perjalanan

Pegal, capek, pusing sedikit gejala mabuk perjalanan, nah begini cara menghilangkannya yang aman bagi tubuh.

mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan bisa kamu alami, baik dengan kendaraan melalui darat, air, dan udara. Terlebih bila menempuh perjalanan jauh.

Umumnya bila menggunakan pesawat, mabuk perjalanan disebut jet lag atau mabuk pascaterbang. Tapi jet lag ini hanya terjadi akibat perjalanan jauh dengan berpindah zona waktu yang signifikan.

Hal ini karena perbedaan jam biologis tubuh atau disebut juga irama sirkadian. Misalnya zona waktu lokasi tujuan berbeda 12 jam dengan zona waktu asal.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Mabuk Darat Saat Perjalanan Jauh

Gejala mabuk perjalanan seperti pegal, capek, pusing, mual, bahkan hingga muntah. Banyak cara untuk mengatasi gejalanya, salah satunya adalah dengan beristirahat yang cukup.

Jika berbeda zona waktu hingga 12 jam dengan zona waktu awal, kamu bisa istirahat siang secukupnnya dan tidur di malam hari. Hal ini dilakukan secara bertahap, agar jam biologis tubuh beradaptasi dengan zona waktu yang baru.

pewangi mobil bisa bikin mabuk darat

Penyebab mabuk perjalanan

Salah satu faktor penyebab mabuk perjalanan adalah kondisi tubuh seseorang, misalnya sedang tidak fit, anak-anak 5-12 tahun, wanita yang sedang menstruasi, wanita hamil, dan orang lanjut usia.

Baca juga: Kenapa Pewangi Mobil Bisa Bikin Mabuk Darat?

Faktor lainnya adalah kondisi kendaraan seperti mobil limbung dan medan jalan yang dilalui. Jalan yang berliku dengan menanjak dan turunan curam seperti saat melewati pegunungan dapat menyebabkan gejala mabuk perjalanan.

Lalu, jika duduk di belakang potensi mabuk perjalanan bisa terjadi. Pasalnya, guncangan pada jok belakang dapat membuat mual, apalagi ketika melewati jalan yang tidak rata.

Faktor lain penyebabnya adalah terlalu banyak menggunakan smartphone terus menerus di perjalanan sehingga membuat kamu merasa pusing dan mual.

Baca juga: Mobil Limbung Bikin Mabuk Darat, Mitos atau Fakta?

Bila menggunakan kapal laut, mabuk perjalanan dapat terjadi karena goyangan yang disebabkan oleh gelombang, sehingga membuat kamu jadi pusing. Sedangkan bila menggunakan pesawat, dapat terjadi karena turbolensi dan perubahan zona waktu.

Menghilangkan mabuk perjalanan

Cara alami menghilangkan mabuk perjalanan adalah dengan menjaga kondisi badan sebelum dan sesudah menempuh perjalanan. Pertama dengan makan secukupnya agar perut terisi. Sebab ketika perut kosong, maka lambung akan memproduksi asam.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Limbung yang Berbahaya Bagi Pengemudi

Bila perjalanan jauh, kamu bisa menyiapkan makanan ringan. Namun hindari makanan ringan  yang dapat membuat asam lambung naik seperti makanan berminyak, pedas, minuman bersoda, produk susu, atau minuman asam.

Lalu kamu bisa menggunakan minyak angin. Tapi perhatikan aromanya agar tidak mengganggu penumpang lain bila kamu menggunakan transportasi umum.

Minyak angin juga bisa untuk menghangatkan badan. Selain di bagian pelipis, kamu bisa usapkan minyak angin di bagian perut dan pusar.

Setelah tiba di lokasi, ada baiknya kamu istirahat sejenak untuk menghilangkan efek mabuk perjalanan seperti capek dan pegal. Namun tidur adalah cara istirahat terbaik usai menempuh perjalanan jauh.

Baca juga: Perbedaan Fungsi Strut Bar dan Sway Bar Mobil, Jangan Tertukar

Terakhir, kamu bisa mengilangkan mabuk perjalanan dengan mengkonsumsi obat dengan kandungan Dimenhydrinate atau Meclizine yang sesuai dengan resep dokter.

Kamu bisa mengkonsumsi obat tersebut sekitar 30-60 menit sebelum perjalanan. Namun biasanya obat tersebut dapat menyebabkan kantuk.

Minum minuman hangat

Ada banyak minuman yang dapat membantu kamu, meringankan gejala mabuk perjalanan. Minuman yang paling sederhana adalah air atau teh manis hangat yang dapat memberikan rasa nyaman di dalam perut.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling September 2021 di Jakarta

Selain itu ada juga wedang jahe khasiatnya dapat membuat tubuh kembali bugar. Aroma jahe juga dapat membuat kamu rileks.

Sementara untuk meningkatkan imun dan membuang racun dalam tubuh, kamu dapat meminum susu murni atau air kelapa muda.

Restoran keluarga di jakarta pusat

Mencegah mabuk perjalanan

Untuk mencegah mabuk perjalanan, sebelum perjalanan jauh, baik menggunakan jalur darat, laut, dan udara, pastikan pola makan teratur dengan gizi seimbang, istirahat cukup, dan jaga kebersihan.

Baca juga: Perbedaan Kode Rest Area A, B, dan C, Mana yang Lebih Luas?

Lebih baik mencegah daripada mengobati, cara mencegah mabuk perjalanan adalah dengan selalu menjaga kondisi badan sebelum perjalanan.

Jadi jangan lupa untuk selalu jaga kondisi dan kesehatan tubuh. Ditambah, di masa sekarang ini, kamu juga harus mematuhi protokol kesehatan, apalagi bila menggunakan transportasi umum, ya.